8 Kegunaan Fantastis Files By Google App untuk Pengguna Android

pic by: canva.com

Files by Google dengan cepat menjadi aplikasi penting bagi pengguna Android. Dalam beberapa tahun terakhir, ia menambahkan banyak opsi berguna yang menjadikannya lebih dari sekadar alat pembersihan sederhana atau pengelola file. Gratis untuk diunduh dan dengan antarmuka yang sederhana dan ramah, Files by Google menghemat instalasi beberapa alat terpisah. Di sini kami mengungkapkan fitur terbaiknya dan menjelaskan cara menggunakannya.

1. Hapus File Sampah

File dan aplikasi yang tidak diinginkan dan tidak digunakan tidak hanya menghabiskan penyimpanan yang berharga tetapi juga dapat memperlambat ponsel Android anda. Files by Google memungkinkan anda menghapus sampah ini dengan cepat, untuk membersihkan dan mempercepat perangkat Anda.

2. Temukan File Lebih Cepat

Saat Anda mengunduh, mengambil, atau membuat file di ponsel Android, tidak selalu jelas di mana file tersebut disimpan. Files by Google memudahkan navigasi folder di perangkat anda untuk menemukan item yang anda inginkan. Ketuk tombol Telusuri di bagian bawah layar untuk menjelajahi file di perangkat anda berdasarkan kategori, termasuk Unduhan, Gambar, Video, Audio, dan Dokumen. Pilih item dalam kategori untuk membukanya, menghapusnya, atau membagikannya menggunakan aplikasi lain di ponsel anda.

3. Lihat File Tersembunyi di Android

Files by Google juga memungkinkan anda menelusuri file tersembunyi di ponsel Android anda, seperti cadangan aplikasi. Ketuk tombol menu tiga baris di sudut kiri atas, pilih Pengaturan, dan aktifkan Tampilkan file tersembunyi. Kembali ke layar Telusuri, pilih Penyimpanan internal dan anda akan dapat melihat file dan folder yang sebelumnya tidak terlihat.

4. Enkripsi File Pribadi Anda di Android

Jika Anda menyimpan foto pribadi atau dokumen sensitif di ponsel, anda tidak ingin foto tersebut muncul di Files by Google. Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan fitur Folder Aman aplikasi untuk mengamankan file-file ini dari pengintai. Folder Aman memungkinkan anda membuat folder terenkripsi dan dilindungi PIN. Ini terkunci secara otomatis saat anda keluar, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses dokumen, gambar, video, dan file lain yang tersimpan di dalamnya.

5. Berbagi File Antar Perangkat Android

Salah satu fitur Files by Google yang paling berguna adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima file besar secara instan, tanpa menggunakan data seluler. Opsi berbagi peer-to-peer (P2P) ini juga mengenkripsi file anda saat transit untuk menjaga kerahasiaan kontennya. Untuk berbagi file, anda dan penerima harus menginstal Files by Google di ponsel Android anda. Kemudian cukup ketuk tombol Bagikan di sudut kanan bawah aplikasi dan pilih Kirim. anda dapat terhubung ke Wi-Fi atau menggunakan Bluetooth.

6. Memutar File Media

Selain membuat file video dan audio anda mudah diakses, dijelajahi, dan ditemukan, Files by Google memiliki pemutar media bawaan. Artinya anda dapat menonton dan mendengarkannya tanpa perlu membuka aplikasi terpisah. Cukup buka kategori Video pada layar Telusuri dan ketuk klip untuk memutarnya. Anda dapat memilih untuk hanya melihat video yang diambil dengan kamera anda, atau semua klip yang disimpan di ponsel anda. Ketuk menu tiga titik untuk menyesuaikan kecepatan pemutaran.

7. Ekstrak File ZIP

Meskipun kecil kemungkinannya anda memiliki file ZIP di ponsel Android dibandingkan di PC, Anda mungkin akan dikirimi arsip terkompresi melalui email atau mendownloadnya dari web. Untungnya, hal tersebut tidak menimbulkan masalah bagi Files by Google. Untuk membuka file ZIP di aplikasi (hanya format .zip yang didukung), cari file tersebut melalui layar Telusuri. Kemungkinan besar berada di kategori Unduhan atau Dokumen dan lainnya. Pilih file dan pilih Ekstrak.

8. Cadangkan File Anda

Baik anda ingin membuat salinan file secara online atau mengosongkan ruang di ponsel dengan memindahkannya secara online, Files by Google membuat pencadangan menjadi sangat mudah. Cukup pilih item, ketuk menu tiga titik, dan pilih Cadangkan ke Google Drive. Jika anda memasang OneDrive, Dropbox, atau aplikasi penyimpanan cloud lainnya, anda dapat mencadangkan ke layanan tersebut.

Populer video

Berita lainnya