PSSI Pastikan Matthew Baker Tetap di Timnas U-16 Meski Dipanggil Australia

Pict by Instagram

PSSI menegaskan bahwa Matthew Baker tetap menjadi bagian Timnas U-16 Indonesia meski dipanggil Timnas Australia U-17. Pernyataan ini disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, pada Rabu (31/7/2024). Menurut Arya, Matthew akan bergabung dalam pemusatan latihan Timnas U-16 yang akan digelar di Bali pada Agustus mendatang. Keluarga Matthew telah menyatakan komitmennya untuk tetap bersama Timnas U-16 Indonesia.

“Tadi PSSI sudah berbicara dengan keluarganya. Mereka komitmen tetap bersama kita (Timnas U-16 Indonesia),” ujar Arya. Matthew Baker masuk dalam daftar 24 pemain yang dipanggil pelatih Brad Maloney untuk memperkuat Timnas Australia U-17. Australia akan melakoni tiga laga uji coba melawan Kepulauan Solomon pada 15 dan 18 Agustus serta melawan Vanuatu pada 21 Agustus.

Ketiga pertandingan ini adalah bagian dari PacificAus Sports Football Tour. Tur ini juga merupakan persiapan Timnas Australia U-17 menjelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. PSSI merespons panggilan Australia terhadap Matthew dengan segera berkomunikasi dengan keluarga pemain tersebut. Mereka memastikan bahwa komitmen keluarga tetap berada pada Timnas U-16 Indonesia. Indonesia juga akan berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Indonesia dan Australia sama-sama tergabung di Grup G, bersama tuan rumah Kuwait dan Kepulauan Mariana Utara.

Kualifikasi tersebut akan digelar pada 23 hingga 27 Oktober mendatang. PSSI berharap Matthew Baker dapat memberikan kontribusi maksimal bagi Timnas U-16 Indonesia dalam persiapan dan pelaksanaan kualifikasi tersebut. Komitmen ini menunjukkan betapa pentingnya peran Matthew bagi Timnas U-16 Indonesia, meski ada tawaran dari Australia. Hal ini menjadi bukti keseriusan PSSI dalam mempertahankan bakat-bakat muda Indonesia.

Populer video

Berita lainnya