Mengapa Surat Tulisan Tangan Begitu Istimewa? Dan 5 Alasan untuk Membawanya Kembali

pic by: canva.com

Di era digital di mana segala sesuatu ada di ujung jari Anda, Anda mungkin mengira surat tulisan tangan akan terlupakan. Tapi tidak, gaya komunikasi nostalgia ini berhasil masuk ke dalam hati kita dan bertahan erat. Jadi, siapkah Anda mempelajari mengapa surat tulisan tangan menjadi istimewa di zaman modern ini. Sentuhan pribadi yang ditawarkannya adalah sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh orang-orang. Di sini kita akan melihat secara mendalam mengapa surat tulisan tangan itu istimewa, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengirim dan penerima. Jadi di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa surat tulisan tangan lebih baik daripada pesan teks atau email…

1. Hubungan Pribadi. Anda tidak akan menemukan hubungan pribadi apa pun dalam pesan elektronik yang suka dikirim semua orang saat ini. Namun, ketika seseorang meluangkan waktu untuk menulis surat kepada anda, anda dapat melihat kepribadiannya terlihat melalui setiap goresan pena. Hal ini menghidupkan kata-kata yang tidak dapat dilakukan oleh email dan SMS.

2. Ekspresi Emosional. Ada banyak cara untuk mengetik “Aku cinta kamu” sebelum menjadi berulang-ulang. Tindakan menuliskan sesuatu memungkinkan kita mengekspresikan diri kita pada tingkat yang lebih dalam daripada yang bisa dicapai oleh pesan elektronik mana pun. Dari memilih kertas hingga menyempurnakan tulisan tangan, selalu ada lapisan lain yang ditambahkan hingga emosi digambarkan dengan autentik.

3. Waktu dan Perhatian. Kesabaran bukan sesuatu yang dimiliki kebanyakan orang lagi, namun menulis surat dengan tangan memerlukan banyak kesabaran. Berbeda dengan mengirim email atau SMS yang memerlukan waktu beberapa detik, menuliskan pena di atas kertas akan memaksa kita memperlambat langkah dan memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kita katakan sebelum mengucapkannya — yang biasanya menghasilkan pesan yang lebih menyentuh hati.

4. Kenang-kenangan Berwujud. Benda fisik akan selalu mengalahkan benda digital apa pun dalam hal nostalgia dan kenangan. Meskipun rata-rata pengguna iPhone kesulitan untuk tidak kehabisan ruang penyimpanan setelah mengambil terlalu banyak foto, membuang atau menghapus surat tulisan tangan sentimental bukanlah suatu pilihan.

5. Kaitannya dengan aturan-aturan Teknologi. Tradisi selama ini; terutama bagi generasi muda yang pada hakikatnya terlahir dengan smartphone di tangan. Beberapa orang menyukai surat tulisan tangan karena menawarkan kesan tradisi dan warisan yang hilang di dunia digital. Mereka bahkan membuat kita mengingat kembali masa-masa ketika penulisan pesan masih merupakan sebuah bentuk seni.

Apa Manfaat Surat Tulisan Tangan, Anda Bertanya? Manfaat psikologis ini menunjukkan mengapa surat tulisan tangan lebih baik untuk Anda…

1. Peningkatan Kesejahteraan Emosional. Penelitian menunjukkan bahwa menulis dan menerima surat tulisan tangan dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional bagi kedua pihak yang terlibat. Menulis menawarkan cara terapeutik kepada orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka, sementara menerima tulisan dapat mengisi mereka dengan kegembiraan, rasa syukur, kenyamanan, dan emosi hangat lainnya.

2. Peningkatan Memori dan Fungsi Kognitif. Penelitian menemukan bahwa menulis dengan tangan merangsang proses kognitif seperti retensi memori dan fungsi kognitif. Tindakan fisik membentuk huruf dan kata melibatkan berbagai wilayah otak dibandingkan dengan mengetik, sehingga meningkatkan daya ingat dan fleksibilitas kognitif secara keseluruhan.

3. Memperkuat Hubungan. Ada sesuatu dalam pesan tulisan tangan yang dapat membentuk hubungan lebih baik daripada pesan elektronik mana pun. Baik itu surat cinta atau sekadar pesan permintaan maaf, sentuhan pribadi yang mereka berikan memupuk kepercayaan di antara dua orang — yang mengarah pada ikatan yang lebih kuat.

4. Mendorong Kreativitas. Ekspresi artistik mulai memudar seiring dengan kemajuan teknologi. Namun penulisan surat melakukan yang terbaik untuk tidak membiarkannya mati sepenuhnya. Dengan setiap halaman berwarna mendorong kreativitas dan imajinasi baik pengirim, penerima, atau siapapun yang melihatnya.

5. Rasa Syukur dan Apresiasi. Saat ini semua orang nampaknya begitu berhak dan tidak menghargai; tapi hal itu hilang begitu saja setelah seseorang menerima pesan menyentuh hati yang ditulis dengan tangan. Mengetahui seseorang berupaya memastikan Anda merasa dihargai akan menanamkan rasa syukur yang tidak dapat dicapai oleh perangkat elektronik apa pun — dengan cara ini hubungan antarpribadi diperdalam pada tingkat yang lebih tinggi.

Populer video

Berita lainnya