Melati Tedja Berkeinginan Membangun Masyarakat Inklusif untuk Semua

Dok: Instagram Puteri Indonesia 2024

Melati Tedja adalah Duta Pendidikan dan Kebudayaan Puteri Indonesia 2024. Dia mengajak publik untuk mengubah pandangan terhadap kelompok disabilitas dengan menganggap mereka sebagai bagian yang istimewa dari masyarakat. Pada acara “The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” di Jakarta, Melati menekankan pentingnya perlakuan yang setara terhadap individu dengan disabilitas meskipun memiliki keterbatasan fisik.

Menurut Melati, setiap individu memiliki hak untuk dihormati dan disetarakan. Dia berharap masyarakat tidak memandang latar belakang atau kondisi fisik mereka. Ia menyuarakan perlunya masyarakat untuk merangkul kelompok disabilitas. Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan yang sama dalam pendidikan dan kesempatan kerja, yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.

Melati juga memberikan dorongan kepada para penyandang disabilitas untuk tetap percaya diri dan menyadari keistimewaan yang dimiliki. Menurutnya, perbedaan adalah hal yang membuat setiap individu unik. Keterbatasan jasmani tidak boleh menjadi penghalang untuk mengejar impian dalam hidup.

Sebagai bagian dari tanggung jawab bersama, Melati mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi para penyandang disabilitas. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat merasa dihargai. sehingga mereka memiliki ruang untuk berkembang tanpa batasan yang tidak perlu.

Melalui sikap inklusif akan terciptanya dukungan yang diberikan oleh masyarakat. Melati optimis bahwa Indonesia dapat menjadi tempat yang lebih baik. Tempat yang cocok bagi semua individu, termasuk mereka yang hidup dengan disabilitas.

Populer video

Berita lainnya