Diferensiasi Dalam Kelas, Bagaimana Memulai?

pic by: canva.com

Berikut ini adalah cara-cara untuk memulai sebuah diferensiasi dalam sebuah kelas. Nah, diferensiasi dapat dilakukan dengan tiga cara utama, yakni:

  • Anda dapat menyesuaikan konten (apa yang anda ajarkan kepada siswa)
  • Anda dapat menyesuaikan prosesnya (cara anda mengajar siswa)
  • Anda dapat menyesuaikan produk (apa yang siswa lakukan, serahkan, atau buat)

Bagaimana cara menyesuaikan kontennya?

Hal ini mungkin melibatkan kelompok siswa yang berbeda yang mengerjakan keterampilan yang berbeda. Untuk siswa tingkat bawah, anda mungkin harus melihat ke belakang dan mengajarkan keterampilan dasar yang mereka lewatkan atau tidak kuasai sebelumnya.

Bagi siswa yang berprestasi, anda dapat memberi mereka kebebasan untuk mencoba sendiri hal-hal yang lebih sulit, atau mengeksplorasi suatu topik lebih jauh dari apa yang anda ajarkan di kelas. Manfaatkan teknologi untuk membantu siswa anda yang berprestasi memperdalam pemahaman mereka melalui penelitian.

Cara lain untuk menyesuaikan konten meliputi:

Kelompok membaca, Memberikan pertanyaan tantangan/pertanyaan bonus, Mulailah Dengan Diferensiasi, Sematkan Untuk Nanti, dan Bagaimana anda bisa menyesuaikan prosesnya?

Diferensiasi berdasarkan proses melibatkan penggunaan metode yang berbeda untuk mengajar. Anda dapat menempatkan siswa yang unggul secara berpasangan untuk pembelajaran kolaboratif tetapi gunakan instruksi langsung dengan siswa tingkat rendah.

Menjadikan siswa tingkat tinggi sebagai “pelatih” dalam kelompok dengan peran kepemimpinan

Cara cepat untuk membedakan berdasarkan proses adalah dengan mengelompokkan siswa tingkat tinggi dengan siswa tingkat rendah. Jadi siswa tingkat tinggi sekarang mengambil peran pembinaan/pengajaran. Sedangkan siswa tingkat rendah mendapat bantuan ekstra dari teman sebayanya. Ini adalah strategi yang bagus dan sebagian besar siswa senang mendapat kesempatan membantu teman-temannya.

Taksonomi Bloom sebagai Panduan

Benjamin Bloom menciptakan piramida untuk mengklasifikasikan pemikiran dalam berbagai tingkatan. Yang lebih sederhana adalah pengetahuan dan pemahaman jenis tugas dan pertanyaan. Tugas berpikir tingkat tinggi melibatkan siswa dalam mencipta dan mengevaluasi. Anda dapat menggunakan bagan seperti di bawah ini dari teachingthink untuk memilih tugas yang berbeda untuk siswa anda.

Cara lain untuk menyesuaikan proses meliputi: Menggabungkan teknologi dengan permainan, pencarian web, dan penelitian, Pembelajaran berbasis proyek, Bagaimana cara menyesuaikan produk?

Saat menyesuaikan produk, Anda mengajarkan konten yang sama kepada seluruh kelas dengan cara yang sama namun memberikan tugas yang sedikit berbeda kepada siswa yang bervariasi berdasarkan kemampuan mereka.

Gunakan Penyorot!

Cara paling sederhana untuk menyesuaikan produk adalah dengan memberikan LEBIH BANYAK pekerjaan kepada siswa berprestasi dan kepada siswa tingkat rendah LEBIH KURANG pekerjaan. Gunakan stabilo Anda untuk menyorot hanya beberapa masalah atau pertanyaan pada lembar kerja untuk siswa tingkat rendah.

Pelajaran Berjenjang

Daripada memberi siswa berprestasi lebih banyak jenis pertanyaan yang sama, berikan mereka pertanyaan yang lebih menantang dengan menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Anda juga dapat meningkatkan keterampilannya. Meskipun kelas mungkin melakukan penjumlahan dua digit, mungkin siswa tingkat tinggi siap untuk melanjutkan ke penjumlahan tiga digit dan dapat mencoba beberapa soal seperti itu.

Papan Pilihan

papan hoice mencakup berbagai tugas/tugas yang berbeda dan membiarkan siswa memilih mana yang akan diselesaikan. Anda dapat memberikan papan pilihan yang sama kepada setiap orang atau Anda dapat membuat papan pilihan terpisah untuk setiap tingkat siswa.

Populer video

Berita lainnya