Cara Mengendalikan Hidup Kamu, Ini Pelajaran Kepemimpinan dalam Islam

pic by: canva.com

Bagaimana kita bisa memikul tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan tidak menyibukkan diri dengan tugas-tugas duniawi yang harus diemban sehari-hari. Hidup adalah apa yang kita buat dan menjalani hidup sendiri adalah jalan menuju kebahagiaan sejati dalam Islam. Menyerahkan hidup anda kepada orang lain tidak akan menghasilkan buah yang ingin anda lihat dalam hidup.

Jadi bagaimana anda menjalani hidup dalam Islam? Generasi awal umat Islam, mereka adalah pemimpin yang menentukan nasibnya sendiri. Mereka adalah orang-orang yang mengambil alih kehidupan. Jadi jawabannya terletak pada Bagaimana para Muttaqun (Muslim terhebat sebagaimana Allah gambarkan), para pemimpin itu, yang terbaik dari yang terbaik, bagaimana mereka menjadi pemimpin dunia.

Jawabannya adalah menjadi pemimpin di rumah, di kehidupan berkeluarga, di kehidupan sosial, di tempat kerja, dan di kehidupan bermasyarakat. Setiap muslim telah diberi tanggung jawab oleh Allah, dan yang paling penting adalah mengambil kepemimpinan dalam hidup anda sendiri.

Dalam artikel singkat ini kami akan berbagi dengan anda dua cara agar anda dapat mengendalikan hidup anda sendiri dan menjadi pemimpin dalam hidup anda, insya Allah. Jangan meremehkan kedua cara ini, karena keduanya akan mengubah hidup Anda sepenuhnya dan memberi Anda kebebasan, kekuatan, dan kendali atas nasib anda sendiri, insya Allah.

Jadi, bagi anda dan saya telah diciptakan untuk melakukan hal ini. Dan untuk memenuhi kewajiban ini pertama-tama kita harus mengendalikan hidup kita sendiri sebelum kita dapat mempengaruhi orang lain.

Dua cara agar anda dapat mengendalikan hidup anda sendiri adalah:

  • Jaga Tanggung Jawab Anda:

Jadi para ‘muttaqun’, mereka punya strategi sederhana. Strateginya adalah mengurus tanggung jawab masing-masing. Begitu Anda menyadari tanggung jawab anda sendiri, baik anda sebagai orang tua, insinyur, atau tukang pos, atau apa pun keahlian anda, Nabi Allah (damai dan berkah besertanya) akan memberi tahu kita tentang hal ini.

Apapun tanggung jawab yang kita miliki, kita berusaha untuk menjadi yang terbaik yang kita bisa dalam hal ini, dan inilah cara kita mengendalikan hidup kita. Karena begitu anda menyelesaikan tanggung jawab anda, Anda bisa mengurus orang lain di sekitar anda.

  • Buat Keputusan Anda:

Untuk menjalankan tanggung jawab anda, anda harus menjadi orang yang membuat keputusan. Anda harus menjadi orang yang membuat pilihan. Anda tidak membiarkan orang lain menentukan pilihan anda, dan orang lain mengambil keputusan anda, karena ketika anda melakukan itu, orang lain memimpin hidup anda dan Anda tidak memimpin hidup anda sendiri.

Sudah menjadi takdir anda untuk menjadi pemimpin bagi diri anda sendiri, dan dengan menjadi pemimpin bagi diri anda sendiri, Insya Allah Anda akan memberikan pengaruh yang besar terhadap orang-orang di sekitar anda.

Populer video

Berita lainnya