Xaviera Putri, Bintang Muda yang Bersinar di Clash of Champions

Dok: Instagram @xavieraputrii

Nama Xaviera Putri tengah ramai diperbincangkan di media sosial Indonesia berkat partisipasinya dalam acara Clash of Champions (COC), yang diadakan oleh platform belajar online, Ruangguru. Sebagai peserta tambahan dalam episode kedua, Xaviera bergabung dengan tim dari perguruan tinggi luar negeri, mewakili kampusnya, Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Kecerdasannya dalam menjawab berbagai soal sulit telah memukau penonton.

Profil Singkat Xaviera Putri

Xaviera Putri Ardianingsih, lebih dikenal sebagai Xaviera, adalah mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di KAIST. Lahir pada 25 Agustus 2001 di Jakarta, Viera mengambil double major di jurusan Computer Science dan Business Technology Management. Selain berkuliah, ia juga aktif sebagai penulis dan kreator konten di media sosial.

Di usia 23 tahun, Xaviera telah menulis buku berjudul “Kimchi Confessions” yang menceritakan pengalamannya menempuh pendidikan di Korea sejak SMA. Sebagai kreator konten, kanal YouTube-nya memiliki lebih dari 250 ribu pelanggan, akun TikToknya diikuti lebih dari 930 ribu orang, dan Instagramnya memiliki lebih dari 1,5 juta pengikut.

Perjalanan Pendidikan dan Prestasi

Xaviera telah menempuh pendidikan di Korea sejak SMA, berkat beasiswa penuh dari pemerintah Korea untuk belajar di Korea Science Academy of KAIST. Ia meraih penghargaan KSA of KAIST Scholarship Awardee pada periode 2017-2019 dan lulus dengan Academic Honors, sebuah penghargaan yang hanya diberikan kepada lulusan terbaik. Melanjutkan pendidikan di KAIST, ia kembali mendapatkan beasiswa penuh sebagai KAIST Scholarship Awardee untuk periode 2020-2024.

Prestasi Xaviera tidak berhenti di situ. Ia meraih Juara Pertama dalam DCAMP Global Startup Match 2022, sebuah inkubator startup terbesar di Korea Selatan. Selain itu, ia juga memenangkan SAP University Alliance Challenge 2022 dan International Debate: PIONEERS 2017 yang diadakan oleh KAIST. Xaviera juga berhasil mempublikasikan penelitian di jurnal nasional Korea.

Hubungan Keluarga

Xaviera Putri merupakan adik dari Sabrina Anggraini, istri Belva Devara yang merupakan CEO Ruangguru. Ini menjadikan Xaviera sebagai adik ipar dari Belva Devara, memperkuat ikatan keluarga yang berprestasi dan berpengaruh dalam dunia pendidikan dan teknologi di Indonesia.

Kepopuleran Xaviera di Clash of Champions dan prestasinya yang luar biasa membuatnya menjadi sosok inspiratif bagi banyak orang. Saksikan perjalanan Xaviera dan prestasinya lebih lanjut dalam acara Clash of Champions hanya di Ruangguru.

Populer video

Berita lainnya