Sam Carling, Anggota Parlemen Termuda yang Menggebrak Dunia Politik Inggris

Pict by Instagram

Sam Carling, seorang anggota parlemen Inggris termuda kelahiran 2002, menolak untuk menjadikan usianya sebagai fokus utama perbincangan. Pada hari Minggu, 7 Juli 2024, BBC melaporkan bahwa Carling dijuluki sebagai ‘bayi parlemen’. Dia akan menduduki kursi di House of Commons, lembaga perwakilan di Inggris yang bertugas mengesahkan undang-undang.

Carling, yang berasal dari Partai Buruh, berhasil memenangkan pemilihan daerah North West Cambridgeshire dengan tipis. Ia adalah lulusan Universitas Cambridge dan mengalahkan calon veteran dari Partai Konservatif, Shailesh Vara. Carling menyebut kemenangannya sebagai “gempa politik” dan berharap lebih banyak anak muda terlibat dalam jabatan publik.

“Kehadiran mereka akan membuat mereka merasa terwakili, baik di parlemen maupun di dewan lokal. Ini akan membantu mengatasi sikap apatis,” ujarnya.

Sebagai mantan anggota Dewan Kota Cambridge, Carling mengungkapkan bahwa banyak pemilih terkejut dengan langkah politiknya. “Mereka mengatakan ini bagus, kami butuh lebih banyak orang muda,” katanya. “Ada banyak pelecehan yang ditujukan kepada generasi muda di dunia maya, namun secara tatap muka, orang-orang pada umumnya senang mengetahuinya.”

Meski demikian, Carling tidak ingin usia mudanya menjadi fokus utama pembicaraan. Dia menegaskan bahwa anak muda tidak berbeda dengan orang yang lebih tua. “Saya ingin kita menjauh dari pola pikir aneh terhadap usia orang yang lebih muda. Sejauh yang saya tahu, kita sama saja dengan orang lain. Saya hanya ingin melanjutkan pekerjaan,” tuturnya.

Carling peduli dengan politik karena melihat keterkaitan antara kemerosotan sosial-ekonomi dengan keputusan yang dibuat di Westminster, wilayah parlemen di Inggris. Dia tumbuh di kawasan terpencil di timur laut Inggris yang disebutnya sebagai kawasan tertinggal.

“Saya melihat banyak hal menjadi lebih buruk di sekitar saya. Saya khawatir dengan penutupan toko-toko di jalan-jalan raya setempat yang dulunya merupakan pusat pertumbuhan dan sekarang menjadi lahan kosong,” katanya.

Sebelum Carling, ‘bayi DPR’ dipegang oleh Keir Mather, seorang lulusan Universitas Oxford dan sesama anggota parlemen dari Partai Buruh, yang memenangkan pemilihan sela Selby dan Ainsty pada tahun 2023.

Dengan tekad dan semangatnya, Sam Carling bertekad untuk membawa perubahan nyata di dunia politik Inggris, mewakili suara generasi muda dan mendorong lebih banyak anak muda untuk aktif dalam pemerintahan. Keberhasilannya di usia muda menunjukkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pembangunan negara.

Populer video

Berita lainnya