Menentukan Tujuan pada 10 Tahun Mendatang dan Menjalani Hidup Terbaikmu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Mengapa anda membutuhkan tujuan jangka Panjang, Sekitar setahun yang lalu saya membuat kesadaran penting. Hidup yang cukup bagus. Nyaman dan rutin. Kata kuncinya di sini adalah rutinitas. Kita menjalani hari-hari dengan autopilot.

Di mana saya ingin berada dalam 10 tahun? Apakah rutinitas harian saya akan membawa saya ke sana? Saya bahagia sekarang, tapi apa konsekuensi jangka panjang dari kehidupan saya sehari-hari yang terus berjalan tanpa perubahan apa pun? Apakah anda terkadang menanyakan hal ini pada diri sendiri? Karena jika anda berpuas diri dan sekadar menjalankan aktivitas sehari-hari, anda patut takut. Sangat takut! Terlepas dari betapa nyamannya hidup saat ini.

Jika anda tidak tahu ke mana arah hidup anda, rutinitas harian anda mungkin tidak akan membawa anda kemana-mana. Lebih buruk lagi, kebiasaan sehari-hari anda bisa membuat anda dan keluarga terjerumus ke dalam jurang finansial. Pada titik ini, anda benar-benar tidak tahu bagaimana masa depan anda.

Namun bagaimana jika anda meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan seperti apa kehidupan anda di masa depan. Di mana anda melihat diri anda dalam 10 tahun? Bermimpilah yang besar dan pikirkan dengan sungguh-sungguh tentang seperti apa hidup anda di masa depan.

Haruskah anda pensiun dalam 10 tahun? Apakah anda melihat diri anda masih bekerja tetapi berada di jalur untuk pensiun pada usia tertentu dan sementara itu bepergian selama hari libur? Sekarang tanyakan pada diri anda, apakah anda berada di jalur yang benar untuk mewujudkan hal ini?

Apakah anda punya tujuan atau hanya mimpi?

Jika anda tidak memiliki tujuan hari ini, yang menguraikan jalan yang jelas menuju masa depan, tujuan anda hanyalah mimpi. Mimpi yang mungkin tidak menjadi kenyataan karena anda tidak siap.

Jika anda tidak memiliki garis besar tentang apa yang seharusnya menjadi tujuan hidup anda dalam 10 tahun ke depan dan anda tidak mengikuti jalan apa pun untuk mencapainya, anda seharusnya merasa tidak tenang. Hidup mungkin terasa nyaman saat ini, tetapi jika anda tidak berada di jalur yang benar, masa depan anda mungkin tidak senyaman yang anda kira.

Apa solusinya? Bagaimana anda tahu jika anda berada di jalan yang benar? anda perlu mengetahui apa tujuan Anda dalam 10 tahun dan sementara itu tujuan anda yang lain akan terfokus untuk membawa anda ke tempat yang anda inginkan. Dengan memandang ke depan pada kehidupan yang anda inginkan, Anda dapat memastikan bahwa kehidupan Anda sehari-hari diarahkan pada jalur yang benar untuk membawa anda ke sana.

Dengan melihat ke depan pada kehidupan yang anda inginkan, anda dapat memastikan bahwa kehidupan anda sehari-hari mengikuti jalur yang akan membawa anda ke sana.

Tiga Langkah untuk Merencanakan Tujuan 10 Tahun anda

Merencanakan semua tujuan anda untuk 10 tahun ke depan tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Ada 3 langkah utama:

Langkah 1: Apa yang ingin Anda capai 10 tahun dari sekarang

Langkah 2: Apa yang perlu Anda capai 5 tahun dari sekarang

Langkah 3: Apa yang perlu Anda capai 1 tahun dari sekarang