11 Ide Hobi Keren untuk Membuat Hidup Kamu Lebih Menarik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hobi baru. Jika Anda merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari, tidak ada kata terlambat untuk mengubahnya. Pergi bekerja, pulang ke rumah, makan malam, mandi, mungkin pergi ke gym atau berlari cepat ke toko kelontong, dan tidur bisa menjadi hal yang membosankan seiring berjalannya waktu.

Menambahkan hobi baru yang menggairahkan anda bisa mengeluarkan anda dari kebosanan yang sudah terlalu lama anda alami. Podcast kencan dan hubungan, “Mostly Balanced,” melalui Instagram membagikan 11 hobi keren yang akan mengembalikan semangat ke dalam kehidupan sehari-hari anda.

Berikut 11 hobi keren yang bisa membuat hidup Anda lebih menarik:

1. Tenis

Olahraga ini tidak hanya merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama beberapa teman dan berkompetisi dalam pertandingan persahabatan, tetapi juga baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

2. Pelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru bukan hanya sekedar hiburan yang konstruktif, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang akan membantu anda di dunia nyata. Membuka pikiran Anda terhadap bahasa baru akan meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan komunikasi anda, membuka pintu menuju lebih banyak peluang karier, dan memungkinkan peningkatan pengalaman perjalanan ke luar negeri.

3. Menggambar atau melukis

Hal hebat tentang seni adalah Anda tidak harus menjadi Picasso untuk mengambil kuas atau krayon. Menggambar dan melukis bukan sekedar hobi yang bisa menyibukkan anda berjam-jam. Ini juga mengurangi tingkat stres dengan memungkinkan anda fokus pada momen saat ini sambil mengekspresikan diri dengan bebas. Menggambar dan melukis dapat mendorong kewaspadaan dan perhatian terfokus saat individu membenamkan diri dalam proses kreatif, sehingga menimbulkan rasa tenang dan konsentrasi.

4. Memasak atau memanggang

Hobi populer ini tidak hanya akan memuaskan selera anda tetapi juga akan memberikan sesuatu yang dinanti-nantikan oleh teman dan keluarga anda ketika mereka datang untuk makan malam. Memasak dan membuat kue memberikan peluang kreativitas dan ekspresi diri, memungkinkan anda bereksperimen dengan rasa, bahan, dan presentasi untuk menciptakan hidangan dan makanan panggang yang unik. Meskipun masakan Anda tidak selalu sesuai harapan, selalu ada ruang untuk perbaikan!

5. Mendaki gunung, berjalan kaki, atau berlari

Aktivitas fisik ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental anda dengan mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Meluangkan waktu hanya 30 menit dalam sehari untuk melakukan pendakian singkat, berjalan kaki, atau jogging dapat membuat Anda merasa seperti orang yang benar-benar berbeda. Meskipun hiking dan lari secara luas dianggap sebagai bentuk olahraga yang efektif, jalan kaki sederhana juga bisa menyehatkan.

6. Pelajari alat musik

Jika Anda seorang penggemar musik, ambil langkah lebih jauh daripada hanya mendengarkan musik, pelajari semua mekanisme yang ada dalam lagu favorit Anda dan biasakan diri Anda dengan instrumen di baliknya. Mempelajari cara memainkan alat musik meningkatkan kepercayaan diri, dan keterampilan koordinasi, serta meningkatkan kesabaran dan daya ingat.

7. Panjat tebing

Bahkan jika anda tidak menganggap diri anda seorang pemanjat tebing profesional, beberapa pusat kebugaran umum memiliki dinding batu untuk dipelajari orang. Panjat tebing menawarkan latihan seluruh tubuh, melibatkan beberapa kelompok otot secara bersamaan, termasuk lengan, kaki, inti, dan punggung, memberikan latihan kardiovaskular dan kekuatan yang sangat baik. Panjat tebing juga memungkinkan anda menghilangkan stres, dan meningkatkan fleksibilitas anda, dan jika anda memilih untuk melakukannya di luar ruangan, rasakan keindahan pemandangan alam dan terhubung dengan alam.

8. Puisi, penulisan lagu, atau penulisan kreatif

Meskipun ketiga hiburan ini berbeda dalam caranya masing-masing, semuanya membangkitkan pemikiran kreatif dan memungkinkan ekspresi artistik. Menulis puisi, lagu, atau karya kreatif lainnya memberikan jalan keluar untuk mengekspresikan emosi, pikiran, dan pengalaman yang kompleks dalam bentuk yang ringkas dan berdampak.

 Memungkinkan individu memproses dan mengartikulasikan perasaan mereka dengan lebih efektif. Kegiatan kreatif ini juga dapat bertindak sebagai bentuk relaksasi, membantu individu melepas lelah, mengurangi ketegangan, dan mengurangi kecemasan dengan menyalurkan pikiran dan emosi ke dalam ekspresi artistik.

9. Berkebun (indoor atau outdoor) atau merangkai bunga

Bunga dan tanaman melakukan lebih dari sekedar menarik perhatian. Tindakan berkebun dan menanam adalah terapi dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan, menurut Mayo Clinic. Ketika seseorang terbiasa merangkai bunga dan berkebun, hal itu memberinya rutinitas dan memberi mereka struktur. Berkebun juga dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik seseorang, terutama jika mereka menanam berbagai buah dan sayuran yang dapat dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari.

10. Sukarelawan

Tidak ada kata terlambat untuk terlibat dalam tujuan tertentu yang anda sukai, baik itu membantu di tempat penampungan hewan atau membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan di bank makanan. Menjadi sukarelawan memungkinkan anda untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan dampak positif pada komunitas Anda atau dunia pada umumnya. Ini juga bermanfaat bagi kesejahteraan Anda lebih dari yang mungkin Anda ketahui.

11. Merajut atau merenda

Aktivitas ini tidak hanya memungkinkan Anda menjahit sweter, topi, atau selimut baru, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Menurut Henry Ford Health, merajut dan merenda memperkuat otak kita melalui pengulangan. Ini membantu membangun jalur saraf yang dapat membantu memori dan mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Merajut dan merenda juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki gejala depresi, dan mengurangi nyeri kronis.