Ada 9 Tipe Kecerdasan yang Berbeda, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Tidak ada cara yang benar untuk menjadi cerdas; itu semua masalah variasi. Pernahkah Anda mengikuti ceramah atau menonton ceramah dan benar-benar tersesat? Apakah Anda bertanya-tanya apakah Anda memiliki kecerdasan? Baiklah, jangan berkecil hati, karena setiap orang mempunyai kecerdasan tertentu, dan meskipun kecerdasan itu mungkin bukan kecerdasan yang bisa memberi Anda nilai tinggi, kecerdasan itu tetap berharga dan menakjubkan.

Anda tidak bodoh – tidak ada orang yang bodoh. Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh Howard Gardner, PhD., Profesor Pendidikan di Universitas Harvard. Apa yang dianggap ilmuwan lain hanyalah soft skill (keterampilan manusia), Gardner sadari sebenarnya adalah jenis kecerdasan.

Berikut ini jenis-jenis kecerdasan. Mana yang paling menggambarkan tipe kepribadianmu? Berikut adalah 9 jenis kecerdasan yang berbeda.

1. Kecerdasan naturalis atau cerdas alam

Orang dengan kecerdasan naturalis memiliki kepekaan dan apresiasi terhadap alam. Mereka sering kali hebat dalam memelihara dan menumbuhkan sesuatu (ibu jari hijau) serta memiliki kemampuan untuk merawat dan berinteraksi dengan hewan. Mereka suka memelihara hewan peliharaan, belajar tentang alam, dan suka berkemah, mendaki, berjalan kaki, dan memanjat. Mereka juga memiliki kesadaran akan perubahan cuaca.

2. Kecerdasan musikal atau cerdas suara

Jika Anda cerdas secara musikal, Anda menyukai musik, menghargai ritme dan komposisi, dan diberkahi dengan kemampuan mengarang, menyanyi dan/atau memainkan alat musik, dapat dengan mudah menghafal lagu, membedakan berbagai suara, dapat langsung mengetahui kapan sebuah nada berbunyi. tidak tepat, dan hampir selalu ada lagu yang terlintas di kepala Anda.

3. Kecerdasan logis-matematis atau cerdas angka/penalaran

Jika ini adalah jenis kecerdasan Anda, Anda mempunyai kemampuan untuk berpikir secara konseptual dan abstrak serta memiliki kapasitas untuk membedakan pola-pola logis dan numerik. Pada era ini banyak yang tertarik pada kecerdasan logis yang tertarik pada pola, kategori, hubungan, pada soal aritmatika, permainan strategi, dan eksperimen.

4. Kecerdasan eksistensial atau kehidupan cerdas

Orang dengan kecerdasan eksistensial selalu memikirkan pertanyaan mendalam tentang keberadaan manusia, dan mereka terus-menerus memikirkan tentang makna hidup, mengapa kita mati, dan bagaimana kita sampai di sini.

5. Kecerdasan interpersonal atau orang pintar

Individu dengan kecerdasan seperti ini mampu mendeteksi dan merespons (dengan cara yang tepat) suasana hati, motivasi, dan keinginan orang lain. Jika ini adalah tipe kecerdasan yang Anda miliki, berarti Anda adalah pemimpin di antara rekan-rekan Anda, hebat dalam berkomunikasi, dan memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai sudut pandang.

6. Kecerdasan kinestetik jasmani atau kecerdasan tubuh

Jelasnya, orang-orang dengan kecerdasan seperti ini menyukai gerakan, baik itu olahraga, tarian, atau aktivitas apa pun. Mereka mempunyai kebutuhan untuk aktif. Mereka belajar sambil melakukan, terkoordinasi dengan baik dengan keterampilan motorik yang luar biasa, memiliki banyak energi fisik, dan senang memikirkan cara kerja.

7. Kecerdasan linguistik atau cerdas kata

Apakah kamu menyukai kata-kata? Anda mungkin memiliki kecerdasan seperti ini jika Anda senang membaca, menulis, dan belajar bahasa. Orang yang diberkati dengan kecerdasan linguistik pandai mengajar dan menjelaskan sesuatu kepada orang lain, dengan cara yang mudah dipahami. Mereka akan melihat kesalahan tata bahasa, memiliki kosa kata yang banyak, mampu mengingat kutipan dan ucapan terkenal, menyukai permainan kata-kata (meskipun itu membuat mereka terkejut), dan menghargai koleksi buku mereka.

8. Kecerdasan intrapersonal atau cerdas diri

Orang dengan kecerdasan intrapersonal mahir melihat ke dalam dan mencari tahu perasaan, motivasi, dan tujuan mereka sendiri. Mereka sadar diri, perfeksionis, mandiri, intuitif, introvert, dan belajar serta bekerja paling baik saat sendirian.

9. Kecerdasan spasial atau kecerdasan gambar

Jika Anda memiliki kecerdasan seperti ini, Anda memiliki kemampuan berpikir dalam gambar dan gambar serta memvisualisasikan secara akurat dan abstrak. Dengan kata lain, Anda bisa berpikir dalam tiga dimensi. Orang dengan kecerdasan seperti ini sering kali terpesona dengan labirin atau teka-teki gambar dan menghabiskan sebagian besar waktu luangnya dengan menggambar atau melamun