Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 70, Syarat dan Proses yang Harus Kamu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Web Kartu Prakerja

Banyak orang bertanya-tanya kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70 akan dibuka. Program Kartu Prakerja adalah inisiatif beasiswa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang sudah bekerja, dan buruh yang ingin meningkatkan keterampilan atau kompetensinya. Jadi, kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70 akan dimulai? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Lydia Maria Kusnadi, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, menyampaikan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja masih dibuka setiap dua minggu sekali. Kamu yang berminat mengikuti program ini diharapkan selalu memantau informasi resmi melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja di @prakerja.go.id. “Tunggu saja ya info selanjutnya. Seperti biasa akan ada update di IG resmi Prakerja,” ujar Lydia pada Jumat, 14 Juni 2024. Sebagai catatan, pendaftaran terakhir untuk gelombang 69 dibuka pada Rabu, 5 Juni 2024.

Menurut laman resmi Kartu Prakerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti program ini. Berikut adalah syarat-syaratnya:

  1. Warga negara Indonesia berusia antara 18 hingga 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), aparatur negara, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), kepala dan perangkat desa, direksi/komisaris/dewan pengawas badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik desa (BUMD).
  5. Maksimal dua nomor induk kependudukan (NIK) dalam satu kartu keluarga (KK) dapat menjadi penerima Kartu Prakerja.

Jika kamu sudah memenuhi syarat tersebut, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 70:

  1. Kunjungi laman www.prakerja.go.id.
  2. Pilih “Daftar Sekarang”.
  3. Masukkan email dan password baru.
  4. Ketikkan NIK, nomor KK, dan tanggal lahir.
  5. Klik “Lanjut: Isi data diri” dan pastikan semua data yang diisi sudah benar.
  6. Lakukan verifikasi e-KTP.
  7. Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai memverifikasi e-KTP.
  8. Jawab beberapa pertanyaan terkait Kartu Prakerja.
  9. Verifikasi nomor ponsel dengan memasukkan enam digit kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  10. Selesaikan proses pendaftaran.

Jika pendaftaran untuk gelombang 70 sudah dibuka, klik “Gabung Gelombang”. Kemudian, lanjutkan dengan memilih “Gabung” dan isi kolom persetujuan. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70 pun selesai. Jika kamu dinyatakan lolos, pemberitahuan akan dikirim melalui email dan SMS.

Peserta Kartu Prakerja gelombang 70 akan menerima insentif sebesar Rp 4.200.000. Rincian insentif ini adalah sebagai berikut:

  • Saldo bantuan pelatihan: Rp 3.500.000.
  • Insentif biaya mencari kerja: Rp 600.000.
  • Insentif pengisian survei evaluasi: Rp 100.000, yang diberikan dua kali dengan rincian Rp 50.000 per pengisian survei.

Itulah informasi terbaru mengenai pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70, lengkap dengan syarat dan cara daftarnya. Jangan lupa untuk selalu memantau akun resmi Kartu Prakerja agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya.