Update

Ketahui Manfaat dan Cara Melakukan Self-Compassion

Celebrithink.com – Self-compassion adalah istilah yang menggambarkan kemampuan untuk menerima diri apa adanya, dan mencintai diri sendiri. Dengan menerima ketidaksempurnaan, seseorang dapat menjalani hidup lebih tenang tanpa harus menghakimi diri sendiri atas kegagalan yang belum tentu akibat kesalahan sendiri.

Sebagai bentuk kasih sayang terhadap diri sendiri, self-compassion dapat memberikan beragam manfaat. Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Diri menjadi lebih tenang  

Penelitian menunjukkan, self-compassion dapat membuat seseorang terhindar dari stres berkepanjangan, depresi serta gangguan kecemasan. Dengan menyuarakan kata-kata baik dalam diri dan mendukung diri sendiri, Anda bisa menjadi lebih tenang dan lebih bersemangat untuk memperbaiki kesalahan dan kegagalan yang terjadi.

Pikiran menjadi lebih positif

Memperlakukan diri sendiri dengan penuh cinta bisa membuat tubuh lebih tenang dan pikiran lebih positif. Dalam kondisi ini, Anda akan lebih mudah fokus pada solusi ketimbang masalah atau kegagalan yang dihadapi.

Lebih menikmati hidup

Selain menjadi lebih tenang, self-compassion juga bisa membuat Anda merasa lebih banyak waktu untuk menikmati hidup. Hal ini karena Anda tidak membuang-buang waktu untuk mengkritik dan menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah terjadi.

Lantas bagaimana cara untuk melakukan Self-compassion? Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

1. Baik hati pada diri sendiri

Anda bisa mengawalinya dengan belajar melakukan hal-hal baik pada diri sendiri. Anda bisa mencoba me time atau meluangkan waktu sendiriseperti jalan-jalan atau melakukan perawatan di salon.

2. Journaling

Anda bisa menuangkan semua perasaan yang sedang dirasakan ke dalam sebuah jurnal. Kenali emosi yang sedang muncul, seperti marah, cemas, sedih, atau terkejut. Bila Anda merasa nyaman, Anda dapat menulis detail kejadian yang mengganggu pikiran. Tuangkan  perasaan terhadap momen tersebut. Utarakan pula apa yang Anda harapkan dan apa yang bisa kamu kendalikan agar merasa lebih lega.

3. Meditasi

Anda bisa mencoba meditasi sebagai langkah untuk mewujudkan self-compassion. Cara ini umumnya meliputi teknik pernapasan dan bisikan kalimat baik, atau afirmasi positif terhadap diri sendiri.

4. Self-talk

Self talk atau berbicara dengan diri sendiri, baik dalam hati atau di depan cermin, juga bisa meningkatkan rasa penerimaan dan kasih sayang terhadap diri sendiri.

Perlu diingat, belajar mencintai diri sendiri memang tidak mudah dan membutuhkan waktu hingga akhirnya terbiasa. Sekecil apa pun langkah yang dijalani, semua tetap bermakna dan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap diri sendiri.

Tov

Recent Posts

Pentingnya Search Engine Optimization Tools dalam Pemasaran

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web…

18 mins ago

Pemanasan Sebelum Olahraga, Penting Banget Buat Tubuh Kita

Bro, sebelum kita mulai olahraga, penting banget nih buat ngelakuin pemanasan dulu. Nggak cuma buat…

21 mins ago

Inspirasi Padupadan Outfit dengan Cardigan untuk Cewek

Cardigan adalah salah satu item fashion yang serbaguna dan dapat digunakan untuk memperbarui tampilan dengan…

31 mins ago

Catat Ya, Ini Teknologi yang Digunakan untuk Meningkatkan Penjualan dan Membantu Pemasaran

Teknologi telah menjadi tulang punggung bagi strategi penjualan dan pemasaran modern. Dengan memanfaatkan berbagai alat…

50 mins ago

Makin Populer Inovasi Pemasaran dengan Augmented Reality dan Virtual Reality

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang semakin populer dan memiliki potensi…

1 hour ago

Daun Sirih Punya Manfaat untuk Kesehatan, Ini Manfaat dan Cara Konsumsinya

Daun sirih (Piper betle L.) merupakan tanaman merambat yang populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.…

2 hours ago