Hindari Postur Tubuh Ini Guna Mencegah Risiko Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Posisi Duduk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Postur tubuh yang buruk tak hanya memengaruhi penampilan, namun juga berpotensi memicu masalah kesehatan. Nyatanya, postur berdiri dan duduk yang salah seringkali dipraktikan. Lantas, apa saja postur tubuh yang sebaiknya dihindari? Melansir laman hellosehat, Berikut penjelasan mengenai postur yang kurang tepat serta risiko kesehatan yang ditimbulkannya.

Berdiri membungkuk

Sebagian orang memiliki kebiasaan berjalan atau berdiri dengan sedikit membungkuk. Tanpa disadari, kebiasaan ini disebabkan karena terlalu sering melihat gadget saat berdiri atau berjalan. Tak hanya membuat penampilan tampak tidak percaya diri, berdiri membungkuk juga berisiko menyebabkan sakit punggung dan pinggang dalam jangka panjang.

Duduk membungkuk

Kebiasaan duduk membungkuk juga berpotensi meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Seseorang cenderung duduk membungkuk karena posisi kursi dan bangku yang kurang sesuai, atau posisi objek yang dilihat terlalu rendah.

Orang dengan kondisi tersebut, bisa berulang kali mengalami gejala heartburn jika postur duduknya membungkuk terutama setelah makan. Ini karena duduk yang salah bisa memberikan tekanan pada perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, postur tubuh yang buruk saat duduk di atas toilet juga bisa memicu sembelit.

Sering bersandar

Meski bisa membuat nyaman, duduk bersandar juga berpotensi membawa akibat buruk pada kesehatan Anda dalam jangka panjang. Posisi bersandar, terlebih pada permukaan yang terlalu landai, bisa memaksa otot tubuh Anda untuk menegang. Akibatnya, punggung akan terasa lebih sering nyeri, apalagi jika Anda melakukannya secara berulang dalam jangka waktu yang lama.

Duduk terlalu lama

Keluhan nyeri punggung atau nyeri leher sangat umum terjadi. Apalagi pada orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam, mengangkat atau memikul barang berkali-kali. Munculnya penyakit tersebut merupakan akibat dari postur tubuh yang kurang tepat saat duduk, mengambil, atau mengangkat benda.

Postur tubuh yang tidak sesuai ini menimbulkan stres dan tekanan berlebihan pada otot-otot tubuh, sehingga nantinya Anda akan mengalami nyeri terutama pada punggung maupun leher.

Terlalu condong ke depan

Salah satu faktor risiko dari kelainan tulang belakang adalah memiliki postur tubuh yang buruk? Itu artinya, penyakit ini bisa saja dialami di kemudian hari akibat postur tubuh yang kurang sesuai. Ini karena postur tubuh tersebut mengarahkan tulang Anda ke arah yang tidak seharusnya, sehingga bisa membuat tulang terlalu condong ke depan atau membentuk huruf S. Kondisi ini Anda kenal dengan sebutan kifosis dan skoliosis.