Diet Cepat yang Aman? Simak Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Program Diet Gagal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Diet cepat menurunkan berat badan memang kurang direkomendasikan. Pasalnya, pola diet ini sulit diterapkan dalam jangka waktu panjang. Jika diet ini berhasil sekalipun, Anda lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan, bahkan kenaikan berat badan yang cepat setelah diet ini berhenti dilakukan.

Namun jika Anda tetap ingin mencoba diet cepat untuk menurunkan berat badan, setidaknya perhatikan beberapa hal agar diet yang dijalani tetap aman bagi kesehatan tubuh. Anda harus tahu bahwa ada rekomendasi penurunan berat badan yang dilakukan selama menjalani diet, yaitu 0,5–1 kg dalam seminggu. Melansir laman alodokter, Anda dapat melakukan diet dengan cara ini agar tetap aman.

Kurangi porsi makan

Salah satu hal yang disarankan saat menjalani diet ketat adalah mengurangi porsi makan. Bila Anda masih bingung berapa banyak jumlah makanan yang harus dikurangi, Anda cukup kurangi porsi makan menjadi setengah dari porsi makan yang biasa dikonsumsi. Saat mengurangi porsi makan ini, Anda dianjurkan untuk mengurangi jenis makanan yang mengandung karbohidrat atau gula, lemak jenuh, dan garam.

Hindari konsumsi karbohidrat olahan

Selain mengurangi konsumsi karbohidrat, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan sumber karbohidrat dari biji-bijian utuh, misalnya gandum, yang lebih tinggi serat dan mengandung banyak vitamin serta mineral.

Tambahkan makanan rendah kalori

Jika setengah porsi makan tidak membuat Anda merasa kenyang, cara untuk mengatasi adalah dengan menambah makanan yang rendah kalori ke dalam piring makan atau menjadikannya sebagai camilan sehat. Salah satu makanan rendah kalori yang dianjurkan adalah sayur dan buah. Kedua jenis makanan ini mengandung tinggi serat sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Rutin olahraga

Saat menjalani diet cepat yang aman, bukan hanya pola makan saja yang harus diubah, tetapi juga pola hidup. Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya guna membakar lemak di tubuh. Selain berolahraga secara rutin, Anda juga bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti menggunakan tangga dibandingkan menggunakan eskalator.

Banyak minum air putih

Konsumsi air putih sebelum makan bisa mengurangi keinginan makan secara berlebih, sehingga turut berperan dalam menurunkan berat badan.