Tips Puasa Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Puasa
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah diketahui banyak orang bahwasannya puasa memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Puasa juga diklaim dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal. Bahkan, puasa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, mencegah penuaan dini, dan menjaga kesehatan mental.

Selama berpuasa, pola tidur dan makan bisa berubah. Nah, agar tubuh tetap sehat selama puasa, Anda perlu beradaptasi dengan pola-pola baru tersebut dan melakukan perubahan gaya hidup. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa tips puasa sehat yang bisa Anda terapkan.

Jangan lewatkan makan sahur

Makan sahur adalah kunci agar Anda tetap berenergi sampai waktu berbuka puasa. Pastikan dalam menu makan sahur terdapat protein dan karbohidrat kompleks, yang bisa berasal dari telur, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum, dan oatmeal.

Lengkapi juga menu makanan dengan lemak sehat dari alpukat, ikan salmon, atau minyak zaitun, serta minum susu rendah lemak. Agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi, konsumsilah makanan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, stroberi, dan blewah.

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup

Kurang minum saat berbuka dan sahur bisa membuatmu jadi mudah lemas, bad mood, sakit kepala, migrain, hingga sembelit ketika berpuasa. Rata-rata orang dewasa disarankan minum 2–3 liter atau lebih kurang 8 gelas air putih setiap hari. Minumlah air putih di waktu sahur dan berbuka, dan sebisa mungkin hindari jenis minuman yang dapat memicu dehidrasi, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

Buka puasa dengan makanan bernutrisi

Makan tiga kurma adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai berbuka puasa. Kurma merupakan sumber serat yang mudah dicerna dan dapat membantu mengembalikan energi. Setelah berbuka, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral.

Makan dengan porsi yang tepat

Makan dalam jumlah yang berlebihan justru dapat menyebabkan perut kembung, kelelahan, bahkan memicu kenaikan berat badan. Jadi, sebaiknya makanlah dalam porsi normalmu saja.

Rutin olahraga

Meski berpuasa, Anda tetap dianjurkan rutin berolahraga agar tubuh tetap fit dan berenergi. Pilih jenis olahraga dengan intensitas rendah atau sedang, misalnya jalan kaki, yoga, atau bersepeda santai. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap sore hari. Hindari berolahraga di siang hari karena bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Buat jadwal tidur dengan baik

Sebisa mungkin tidur dan bangun di waktu yang sama. Di waktu malam, tidurlah tidak kurang dari 4 jam. Selain itu, sempatkan juga waktu untuk tidur siang maksimal selama 20 menit.

Populer video

Berita lainnya