Lifestyle

Simak Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Otak

Celebrithink.com – Otak manusia memiliki kemampuan yang dahsyat dan dapat menyimpan milyaran data. Pasalnya, otak memiliki mekanisme untuk dapat beradaptasi dan terus berubah walaupun usia sudah semakin tua. Kemampuan ini dinamakan dengan neuroplastisitas.

Namun seiring bertambahnya usia dan risiko penyakit, kemampuan daya ingat otak juga dapat melemah. Kondisi ini berpotensi menghambat pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Nah, melansir laman halodoc, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak.

Konsumsi makanan sehat

Layaknya tubuh yang butuh asupan nutrisi agar tetap sehat dan berenergi, otak pun juga membutuhkan nutrisi tertentu yang dapat menunjang kemampuan kerjanya. Berikut adalah jenis makanan yang terkenal memiliki manfaat untuk otak:

  • Buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran berwarna menyala seperti apel, pir, anggur, tomat, brokoli, dan ubi jalar merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dari kerusakan sel.
  • Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna, sarden, halibut, dan ikan kembung bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja otak. Selain dari ikan, asupan asam lemak omega 3 juga bisa kamu peroleh melalui suplemen minyak ikan atau konsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, dan rumput laut.
  • Teh hijau. Memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan kuat, teh hijau terbukti memberikan banyak manfaat untuk otak. Meminum teh hijau secara rutin meningkatkan memori yang dapat disimpan di dalam otak, meningkatkan kesadaran mental dan memperlambat proses penuaan.

Olahraga otak

Agar semakin tajam, otak butuh diasah dengan berbagai latihan. Semakin Anda melakukan aktivitas yang melibatkan penggunaan otak, maka akan semakin cepat memproses dan mengingat suatu informasi. Sejumlah permainan dapat menjadi olahraga yang baik untuk otak yaitu seperti puzzle, teka-teki silang, qubic, catur, dan permainan strategi. Selain itu, rajin membaca buku, belajar bahasa, dan menari tango juga efektif untuk melatih otak.

Olahraga fisik

Olahraga fisik ternyata juga berpengaruh terhadap ketajaman otak. Berolahraga secara teratur akan memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk suplai darah dan oksigen yang menuju ke otak. Sehingga, kemampuan otak untuk mengingat dan berkonsentrasi akan menjadi lebih baik.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan untuk menjaga daya ingat dan fokus seseorang. Agar kesehatan otak tetap terjaga, kamu perlu memenuhi kebutuhan tubuhmu untuk tidur minimal 7.5-9 jam setiap harinya.

Buat aktivitas lebih terorganisir

Tanda-tanda daya ingat sudah menurun adalah sering lupa dimana Anda menaruh barang, lupa membawa sesuatu, lupa tanggal ulang tahun pasangan, dan lain-lain. Guna meminimalisir kejadian-kejadian tersebut, ada baiknya Anda mulai mengorganisir setiap aktivitas.

Biasakanlah menaruh barang di tempatnya, sehingga mudah mencarinya. Anda juga bisa menuliskan jadwal-jadwal penting di sebuah agenda, atau kalender yang terdapat dalam gadget yang dapat membantu kamu untuk mengingat.

Meditasi

Melakukan aktivitas seperti meditasi dapat mempengaruhi kesehatan secara positif dalam banyak hal. Sebab, meditasi dapat menenangkan pikiran, dan terbukti dapat mengurangi stres, rasa sakit, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan memori otak. Menariknya lagi, meditasi juga dapat meningkatkan gray matter pada otak yang seiring bertambahnya usia akan menurun.

Tov

Recent Posts

Inara Rusli Ingin Fokus pada Usaha dan Urus Anak, Tidak Terburu-buru Mencari Pasangan Baru

Setelah bercerai dari Virgoun, Inara Rusli menegaskan bahwa saat ini fokusnya adalah membangun usaha dan…

3 hours ago

Timnas Indonesia Melaju ke Babak Semifinal Piala Asia 2024, Vicky Nitinegoro Takjub dengan Peningkatan Kualitas

Vicky Nitinegoro, yang sebelumnya mengalami krisis kepercayaan terhadap sepak bola Indonesia, mengungkapkan kekagumannya terhadap peningkatan…

5 hours ago

Kebiasaan Kecil yang Membuat Orang Lain Menghargaimu Lebih

Celebrithink.com - Pernahkah kamu merasa diabaikan atau bahkan diejek oleh orang lain? Mungkin sudah waktunya…

6 hours ago

Fitur CCU dan Y-Connect pada Motor Yamaha Terbaru, Ini Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mengatasi Masalah Daya Aki

Motor Yamaha terbaru dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti CCU (Communication Control Unit) dan Y-Connect yang…

9 hours ago

3 Makanan Penyebab Jerawat yang Sering Terabaikan

Celebrithink.com - Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali membuat resah, ternyata bisa dipengaruhi oleh apa…

10 hours ago

Catat, Ini 5 Sayuran untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indra yang penting untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya dengan mengonsumsi multivitamin…

10 hours ago