Update

3 Makanan Penyebab Jerawat yang Sering Terabaikan

Celebrithink.com – Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali membuat resah, ternyata bisa dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa beberapa makanan yang sering tidak disadari dapat menjadi penyebab jerawat yang muncul. Berikut ini adalah 3 makanan yang perlu diwaspadai:

Produk Olahan Susu

Sebuah studi pada orang dewasa muda menemukan bahwa konsumsi rutin susu dan produk olahannya dapat meningkatkan risiko jerawat hingga empat kali lipat. Susu sapi, khususnya, mengandung asam amino yang merangsang produksi Insulin-like Growth Factor 1 (IGF-1), yang dikaitkan dengan timbulnya jerawat.

Meskipun belum ada penelitian yang pasti mengonfirmasi hubungan langsung antara produk susu dan jerawat, tetapi tetap perlu diwaspadai.

Cokelat

Isu tentang cokelat sebagai penyebab jerawat telah lama beredar sejak tahun 1920-an. Meskipun memang ada kaitannya, namun hal ini sangat tergantung pada individu yang mengonsumsinya.

Salah satu alasan terkuat adalah kandungan gula dalam cokelat batangan atau kue cokelat yang lebih tinggi daripada cokelat asli. Sebaiknya, untuk mengurangi risiko jerawat, disarankan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan gula dan karbohidrat yang lebih rendah.

Makanan Berkarbohidrat Olahan

Konsumsi berlebihan makanan karbohidrat olahan seperti roti, sereal, soda, dan gula-gula dapat meningkatkan risiko jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi gula atau lemak dapat meningkatkan risiko terkena jerawat hingga 54 persen.

Minuman manis juga dikaitkan dengan risiko 18 persen terkena jerawat. Karbohidrat olahan akan diserap cepat oleh tubuh, menyebabkan lonjakan gula darah yang pada akhirnya dapat memengaruhi kadar insulin, meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dengan memahami dampak makanan terhadap kesehatan kulit, diharapkan dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat. Namun, penting juga untuk diingat bahwa setiap individu memiliki toleransi yang berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga konsultasi dengan ahli gizi atau dokter kulit dapat membantu menemukan solusi terbaik bagi kulit yang sehat dan bebas jerawat.

Tov

Recent Posts

Nih Alasan Kita Harus Salin Menghargai Perbedaan Pendapat

Kamu pernah nggak, pas lagi diskusi sama temen, tiba-tiba muncul pendapat yang beda sama kamu?…

8 hours ago

Buat yang Overthinking di Malam Hari, Nih Penjelasan Kenapa Ada Bayangan

Lo pernah nggak, pas lagi jalan di jalanan yang rimbun pohon, tiba-tiba ada bayangan yang…

9 hours ago

Mengenal Garam Himalaya, Ini Manfaat dan Penggunaannya

Garam Himalaya, atau Himalayan Pink Salt, telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam beberapa tahun…

9 hours ago

Roti Sisir Temulawak, Sentuhan Khas dari Bumi Nusantara untuk Pencinta Roti

Apakah kamu mencari cara baru untuk menyajikan roti yang segar dengan tambahan khas Indonesia? Roti…

9 hours ago

Ini Peran Vital UMKM dalam Membangun Perekonomian Indonesia

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran vital dalam perekonomian nasional. UMKM…

10 hours ago

Urban Legend, Antara Mitos dan Kisah Mistis

Urban legend telah lama menjadi bagian dari warisan budaya manusia. Dari cerita seram hingga kisah-kisah…

10 hours ago