Tempat Wisata Situs Bersejarah yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

pic by: canva.com

Ibu kota Indonesia, Jakarta, adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi karena sejarahnya yang panjang, budaya yang beragam, keindahan alam yang menawan, dan pembangunan yang tiada henti. Beberapa situs bersejarah yang dapat dikunjungi di Jakarta adalah

Monumen Nasional (Monas)

Bangunan ikonik Jakarta ini tidak hanya berfungsi sebagai dek observasi yang megah dengan pemandangan kota yang tak terbatas, tetapi juga sebagai museum yang menggambarkan sejarah bangsa. Menjulang setinggi 115 meter (377 kaki), bangunan ini juga megah untuk dilihat dari luar, dengan lapisan emas berbentuk api di atasnya.

Kota Tua Jakarta

Jakarta pertama kali didirikan sebagai ibu kota oleh penjajah Belanda, dan kawasan yang sekarang disebut Kota Tua ini dulunya merupakan kantor pusat Perusahaan Hindia Timur Belanda. Kawasan ini memiliki beberapa bangunan tua bergaya Eropa yang masih berdiri hingga kini. Wisatawan dapat menjelajahi tempat ini dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda yang dihias dengan menawan.

Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Pertama kali dibangun oleh penjajah Belanda sebagai balai kota, bangunan ini dibuka kembali sebagai museum pada tahun 1974, memamerkan peninggalan bersejarah yang ditemukan di Jakarta. Arsitektur neoklasiknya terinspirasi oleh Istana Dam di Amsterdam. Museum Fatahillah terletak di dalam Kota Tua Jakarta yang menawan.

Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia sama menariknya dari luar maupun dari dalam. Bangunan berarsitektur Eropa ini menyimpan koleksi arkeologi bersejarah dan kuno dari seluruh negeri. Bangunan ini pertama kali dibangun oleh Belanda selama era kolonial dan telah dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan.

Dunia Fantasi & Taman Impian Jaya Ancol

Salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia, Dunia Fantasi memiliki sesuatu untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga pemberani. Terletak di kawasan yang sama, Taman Impian Jaya Ancol memiliki garis pantai kota yang menakjubkan, SeaWorld, dan berbagai pertunjukan binatang.

Museum Wayang

Didedikasikan untuk wayang tradisional Jawa, museum ini memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh negeri. Wisatawan dapat mempelajari dan mengamati seni yang hilang di negara ini yang sudah ada sejak lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Bangunan itu sendiri memiliki nilai sejarah yang penting, dibangun oleh Belanda pada tahun 1640 sebagai gereja sebelum dihancurkan oleh gempa bumi, dialihfungsikan sebagai pusat penelitian, kemudian dibuka kembali sebagai museum.

Planetarium dan Observatorium Jakarta

Fasilitas ini merupakan planetarium tertua di Indonesia, yang diprakarsai pada awal tahun 1960-an oleh Presiden pertama negara ini, Soekarno. Meskipun demikian, planetarium tersebut telah mengalami renovasi besar dan peningkatan teknologi, sehingga menjadikannya tempat yang sah untuk mempelajari dan mengamati benda-benda angkasa.

Taman Mini Indonesia Indah

Secara harfiah diterjemahkan sebagai “Taman Miniatur Indonesia yang Indah”, kompleks yang luas ini merangkum budaya Indonesia yang luas dan beragam dalam koleksi dan penggambaran rumah tradisional, pakaian, artefak, dan tradisi. Tempat ini juga memiliki kereta gantung, museum, dan bioskop yang memutar film dokumenter tentang negara tersebut.

Toko Merah

Sebuah bangunan ikonik di dekat Museum Fatahillah, Toko Merah adalah salah satu bangunan tertua di kota ini, yang menarik perhatian wisatawan dengan warna merahnya yang cerah. Bangunan ini memiliki sejarah panjang yang melibatkan kepemilikan oleh gubernur Belanda yang paling berpengaruh dan warga Tionghoa setempat, yang menjadikan bangunan ini memiliki gaya Eropa-Tiongkok yang unik. Bangunan ini dianggap mistis dan bahkan dihantui oleh beberapa penduduk setempat, yang menambah daya tarik bangunan ini.

Populer video

Berita lainnya