Habib Husein Jafar Sambut Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal

Pict by Instagram

Pada 5 September 2024, sejumlah pemuka agama Islam menghadiri pertemuan lintas agama dengan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Salah satu tokoh Islam yang hadir adalah Habib Husein bin Ja’far Al Hadar, yang akrab disapa Habib Husein Jafar. Dalam unggahan di Instagram, Habib Husein membagikan undangan bertuliskan “Pertemuan Tokoh Agama (Interreligious Meeting) bersama Paus Fransiskus.” Unggahannya disertai dengan kata, “Yok.”

Menariknya, dalam stories Instagram, Habib Husein terlihat menggunakan ojek online (ojol) saat menuju Masjid Istiqlal. Mengenakan gamis putih dan kartu undangan di lehernya, penulis buku Seni Merayu Tuhan ini tampak santai dengan transportasi sederhana.

Sekitar pukul 09.05 WIB, Habib Husein turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di pintu utama Masjid Istiqlal. Paus disambut dengan pengawalan ketat, namun tetap memberikan senyuman dan lambaian tangan kepada tamu undangan. Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia sebelumnya mendapat sambutan positif dari masyarakat, termasuk dari umat Katolik. Habib Husein Jafar, meskipun seorang ulama Islam, juga menyambut hangat kedatangan pemimpin Gereja Katolik ini.

Habib Husein dikenal sebagai ulama yang terbuka dan menjunjung tinggi nilai toleransi. Ia bahkan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Paus melalui Instagramnya, dengan pesan, “Welcome to Indonesia, Pope,” pada 4 September 2024. Melalui sikapnya, Habib Husein Jafar menunjukkan dukungan terhadap kerukunan antaragama di Indonesia.

Populer video

Berita lainnya