Ini List Kuliner Wajib saat Jalan ke Solo

Ini beberapa list kuliner wajib saat jelajahi kuliner legendaris Kota Solo yang wajib kamu coba! Kota Solo memang surganya para pecinta kuliner, dengan beragam hidangan khas yang telah melegenda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Salah satu yang rekomen adalah kompyang Solo yang dijajakan di Pasar Gede. Sekilas bentuknya seperti roti bun burger tapi secara tekstur mirip dengan roti bagel. Unik kan? Nah ini beberapa kuliner legendaris di Solo.

Kuliner Legendaris Kota Solo:

  • Nasi Liwet Bu Wongso Lemu: Salah satu kuliner malam legendaris di Solo. Nasi hangat yang dimasak dengan santan, dipadukan dengan sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan areh santan. Rasanya yang gurih dan autentik membuat warung ini selalu ramai pengunjung.
  • Timlo Sastro: Kuliner legendaris sejak 1952. Perpaduan unik antara sosis solo, daging ayam suwir, telur pindang, hati, dan ampela yang disiram dengan kuah bening sejenis sop atau soto. Rasanya yang segar dan kaya akan rempah menjadikannya favorit banyak orang.  
  • Soto Gading: Salah satu kuliner langganan Presiden Jokowi. Soto berkuah bening dengan isian soun, suwiran daging ayam, dan taburan bawang merah goreng. Rasanya yang sederhana namun kaya akan rempah membuat soto ini sangat menggugah selera.
  • Sate Kere: Sate yang terbuat dari daging jeroan seperti babat, paru, dan usus. Meskipun namanya “kere” (miskin), namun rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Disajikan dengan bumbu kacang yang gurih.
  • Es Krim Tentrem: Es krim homemade yang sudah ada sejak 1952. Menawarkan berbagai macam rasa dengan cita rasa yang khas dan menyegarkan.
  • Cabuk Rambak: Potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen dan disajikan dengan kerupuk rambak. Makanan khas Solo yang unik dan lezat.
  • Kompyang Solo: Kompyang adalah makanan ringan khas Solo yang memiliki bentuk mirip burger namun memiliki cita rasa yang berbeda. Kuliner ini sering disebut sebagai “burger Jawa” karena bentuknya yang unik dan bahan-bahan yang digunakan.

Populer video

Berita lainnya