Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 setelah Kalahkan Thailand

(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU

Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024 usai menundukkan Thailand 1-0 dalam laga final di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Senin (29/7). Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Jens Raven.

Sejak menit awal, Indonesia langsung tampil menekan. Thailand mulai mampu mengembangkan permainan pada menit ketujuh. Pada menit ke-15, Thailand mengancam gawang Indonesia melalui tembakan keras Thanawut Phochai, namun bola membentur tiang gawang.

Pada menit ke-17, giliran Indonesia yang memberikan ancaman. Umpan cut back Arlyansyah Abdulmanan kepada Muhammad Kafiatur berhasil dipotong bek Thailand, menghasilkan sepak pojok. Melalui sepak pojok ini, Jens Raven berhasil mencetak gol pada menit ke-18, memanfaatkan sundulan Kadek Arel setelah menyambut sepak pojok Muhammad Kafiatur.

Pada menit ke-37, Thailand hampir menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Piyawat Petra yang mengenai tiang gawang Indonesia. Ikram Alghifari, kiper Indonesia, sudah mati langkah. Thailand kembali mengancam pada menit ke-43 melalui tembakan Thanawut Phochai, tetapi berhasil ditangkap oleh Ikram Algiffari.

Pada menit ke-44, Indonesia mendapatkan tendangan bebas setelah M Riski Afrisal dilanggar Siradanai Phosri di depan kotak penalti Thailand. Tendangan bebas dieksekusi oleh Toni Firmansyah, namun berhasil ditangkap oleh kiper Thailand. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Di awal babak kedua, Indonesia kembali tampil menyerang namun sering membuat kesalahan di depan kotak penalti Thailand. Thailand mencoba bermain tenang dalam membangun serangan, namun tidak memberikan ancaman berarti di awal babak kedua.

Memasuki menit ke-60 hingga 70, Thailand mulai menguasai permainan, sementara Indonesia lebih banyak menyerang melalui serangan balik. Pada menit ke-80, bek Thailand Singha Marasa mencoba tembakan dari luar kotak penalti, namun bola melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit ke-86, tembakan gelandang Thailand Paripan Wongsa mengarah tepat ke pelukan kiper Indonesia Ikram Algiffari. Pada menit ke-90+2, wasit membuat keputusan kontroversial setelah pemain Thailand Jhetsaphat Kuanantanom membanting bola usai dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap Arlyansyah, namun tidak mendapatkan kartu kuning.

Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Indonesia. Dengan kemenangan ini, Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024. Prestasi ini merupakan gelar kedua Indonesia di Piala AFF U-19 setelah sebelumnya meraih gelar pada edisi 2013 di bawah asuhan Indra Sjafri.

Populer video

Berita lainnya