Piala Presiden 2024 Resmi Dimulai, Turnamen Dibuka di Stadion Si Jalak Harupat

Pict by Instagram

Pada Jumat (19/7) sore, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara pembukaan turnamen Piala Presiden 2024. Acara berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Presiden Jokowi dan Menpora menyaksikan pertandingan pembuka antara Persib Bandung, juara bertahan, melawan PSM Makassar.

Turut hadir dalam acara tersebut Ibu Negara Iriana serta pejabat pemerintah lainnya, termasuk Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Piala Presiden adalah turnamen pramusim yang membantu klub-klub mempersiapkan Liga 1 musim 2024/2025.

Menurut Jokowi, semakin banyak kompetisi di berbagai level—dari liga profesional hingga amatir—akan memperbaiki kualitas tim. “Makin banyak kompetisi, makin baik. Semua ini mendukung perkembangan sepak bola nasional,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi berharap turnamen yang dimulai pada 2015 ini dapat diteruskan oleh Presiden berikutnya, Prabowo Subianto. Piala Presiden 2024 diikuti oleh delapan tim Liga 1 yang terbagi dalam dua grup. Grup A terdiri dari Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, dan Persis Solo, bertanding di Stadion Si Jalak Harupat. Sementara Grup B meliputi Bali United, Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United, bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Turnamen ini memperebutkan hadiah Rp5 miliar dan berlangsung dari 19 Juli hingga final pada 4 Agustus. Laga pembuka dimenangkan oleh Persib Bandung dengan skor 2-0. Ciro Alves mencetak gol pertama pada menit ke-14, sedangkan gol kedua merupakan gol bunuh diri Nermin Haljeta dari PSM Makassar pada menit ke-41.

Upacara pembukaan Piala Presiden diwarnai dengan tarian kolosal Nusantara serta pertandingan hiburan antara tim 63 anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) melawan enam legenda Persib Bandung. Jumlah 63 anak melambangkan usia Presiden Jokowi, sedangkan enam pemain legenda menggambarkan edisi keenam Piala Presiden.

Populer video

Berita lainnya