Edukasi

Psikologi dan Pemulihan Trauma Masa Kecil

Masa kecil anda telah membentuk anda lebih dari yang anda sadari. Bahwa sebagian besar dari kita mengambil jurusan psikologi karena kita mencoba mencari tahu masalah kita sendiri. Jujur saja, mereka tidak salah. Sungguh mengejutkan betapa banyak teman sekelas saya yang mengaku mengalami trauma masa kecil. Dan meskipun mengatasi dan memahami trauma kita adalah hal yang bagus.

Tiga Cara Memulai Penyembuhan Dari Trauma Masa Kecil:

1. Prioritaskan kesejahteraan fisik Anda

Emerald Isle Health and Recovery menulis, “Buatlah jadwal untuk diri anda sendiri yang memungkinkan anda cukup tidur, makan sehat, dan sering berolahraga.” Dan hindari perilaku berbahaya seperti minum alkohol atau merokok. Sekarang, anda mungkin bertanya-tanya mengapa mengutamakan kebutuhan fisik adalah masalah besar. Namun, ini penting untuk perjalanan penyembuhan anda. Merawat tubuh anda memungkinkannya memiliki energi yang diperlukan untuk mengatasi trauma anda. Selain itu, perlu anda pahami bahwa penyembuhan trauma membutuhkan banyak energi dari kita. Jadi, tubuh anda membutuhkan semua nutrisi dan tidur yang didapat.

2. Menerapkan praktik-praktik positif

Orang yang pernah mengalami trauma masa lalu, sering kali beralih ke perilaku berbahaya untuk mengatasinya. Itulah sebabnya menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan menambahkan praktik yang lebih sehat ke dalam rutinitas anda adalah kuncinya. Jika anda mengalami kecanduan yang tidak sehat, selalu cari bantuan profesional. Selain itu, buat jurnal pemikiran anda untuk membantu anda memproses emosi. Jika perlu, bicarakan pengalaman anda dengan teman tepercaya atau orang terkasih. Dan biasakan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang minimal seminggu sekali.

3. Beri diri Anda rasa syukur

Jujur saja, memulai perjalanan penyembuhan anda tidak akan mudah dan memerlukan waktu. Bahkan dengan kebiasaan sehat anda, dibutuhkan upaya serius agar anda bisa merasa “normal” kembali. Jadi, berikan diri Anda rasa syukur untuk mengatasi trauma anda pada waktu  sendiri. Jangan terburu-buru dan pahami bahwa trauma ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih. Tentu, ketertarikan anda pada psikologi mungkin dimulai dengan cara yang salah, tetapi itu bukan hal yang buruk! Memahami apa yang anda lakukan adalah awal yang baik untuk penyembuhan. Namun, untuk menyembuhkan dan menjadi diri terbaik, dibutuhkan waktu, perubahan, dan konseling profesional. Namun, begitu anda mulai memprioritaskan penyembuhan, perlahan-lahan anda akan mulai melihat lebih banyak perubahan positif dalam hidup anda.

Zoomy Nur

Recent Posts

Zodiak yang Cocok Berpasangan dengan Cancer

Cancer, yang dilambangkan dengan kepiting, dikenal sebagai salah satu zodiak yang paling emosional, intuitif, dan…

1 hour ago

Suka Menaruh Tanaman di Kamar? Ternyata Ada Fungsinya Lho

Menempatkan tanaman hias di dalam kamar tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat…

1 hour ago

7 Langkah Ampuh untuk menjadi Pendengar yang Terbaik

Tidak ada orang yang terlahir untuk mengetahui cara berkomunikasi dengan baik. Anda bisa terus menjadi…

2 hours ago

Aktivitas Weekend yang Cocok Dilakukan Bersama Si Cancer

Cancer dikenal sebagai zodiak yang penuh perhatian, emosional, dan menyukai kenyamanan. Mereka cenderung menikmati waktu…

2 hours ago

Aneka Jeroan Sapi, Kenikmatan Tersembunyi yang Patut Kamu Coba

Jeroan sapi seringkali diabaikan dan dianggap sebagai bagian yang kurang menarik dari sapi. Padahal, jeroan…

2 hours ago

6 Jenis Latihan Olahraga Ringan untuk Wanita

6 Latihan ringan untuk wanita, Ideal untuk pemula, dan baik untuk anda yang baru saja…

2 hours ago