Update

Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Celebrithink.com – Penting untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan serangan virus, bakteri, jamur, hingga parasit masuk ke dalam tubuh. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Kira-kira apa saja makanan sehat tersebut? Melansir laman halodoc, berikut uraiannya.

Buah citrus

Vitamin C diketahui dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga diperkirakan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang menjadi kunci tubuh dalam melawan infeksi. Karenanya, pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah-buahan citrus. Mulai dari jeruk bali, jeruk nipis, hingga lemon.

Bayam

Beberapa sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah bayam yang memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, vitamin C dan vitamin E. Perlu diketahui bahwa vitamin C dan E dapat membantu menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Menariknya, kandungan flavonoid pada bayam juga dapat membantu mencegah pilek. Namun, pastikan untuk memasaknya tidak terlalu lama, agar kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, yaitu sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit ubi. Beta karoten sendiri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin ini dapat membantu membuat kulit tetap sehat, bahkan dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet berlebih.

Bawang putih

Sebuah tinjauan ilmiah yang dipublikasikan pada tahun 2014 menunjukkan, mengonsumsi suplemen bawang putih yang mengandung allicin mengurangi risiko terkena flu. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menentukan apakah bawang putih dapat membantu mencegah pilek atau tidak.

Paprika merah

Paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C (127 miligram) dibandingkan jeruk Florida yang memiliki 45 miligram vitamin C. Selain itu, paprika merah juga mengandung zat beta karoten yang tinggi. Karenanya, makanan ini dapat menjadi salah satu peningkat daya tahan tubuh yang perlu dikonsumsi. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Tov

Recent Posts

Siomay Ayam, Resep Lezat dan Sederhana untuk Hidangan Siomay yang Memikat

Siomay, hidangan khas Tiongkok yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut,…

31 mins ago

Sajian Dimsum yang Menggoda, Resep Mudah dan Lezat untuk Membuat Hidangan Ini di Dapurmu

Siapa yang bisa menolak kelezatan sajian dimsum? Dengan beragam variasi rasa dan tekstur, dimsum telah…

57 mins ago

Coto Makassar untuk Sarapan, Lezatnya Gurihnya Hidangan Tradisional dari Tanah Sulawesi

Coto Makassar, sebuah hidangan khas dari Sulawesi Selatan, tidak hanya menggugah selera, tetapi juga merangkul…

2 hours ago

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar, Kisah Kesuksesan Pasangan Terbaik di Silet Award dan Obsesi Award

Pada malam yang penuh gemerlap di Silet Award dan Obsesi Award, sorotan tak terelakkan jatuh…

11 hours ago

Ini Pilihan Lauk yang Cocok Dimakan Bersama Tiwul, Menambah Kenikmatan Hidangan Tradisional

Tiwul, nasi yang terbuat dari singkong, adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa, khususnya daerah…

13 hours ago

Sop Saudara Resep Tradisional yang Menghangatkan Jiwa dan Perut

Sop Saudara adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang tak hanya lezat, tetapi juga mampu…

13 hours ago