Lifestyle

Selain Tambah Wawasan, Membaca Juga Bermanfaat untuk Kesehatan, lho

Celebrithink.com – Sejak dini kita dianjurkan selalu membaca untuk menambah wawasan. Nyatanya, membaca tidak hanya memberi asupan kepada otak secara kognitif, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, lho. Lantas apa saja manfaat membaca bagi kesehatan? Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Meningkatkan fungsi otak

Melalui pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), para peneliti menemukan, membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak. Dengan semakin sering membaca, sirkuit tersebut akan semakin kuat dan kompleks. Hal ini akan memengaruhi fungsi otak yang lain juga, seperti fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri.

Meningkatkan empati

Menurut penelitian, mereka yang gemar membaca buku, khususnya fiksi, memiliki kemampuan berempati lebih tinggi. Mereka akan lebih mampu memahami perasaan dan emosi orang lain. Hal ini membantu dalam hubungan interpersonal dan bersosialisasi. Dalam penelitian lain, pembaca fiksi jangka panjang cenderung memiliki teori cara berpikir yang berkembang lebih baik.

Melatih daya ingat dan konsentrasi

Ketika membaca, Anda akan memproses kata-kata yang dibaca dan membantu mengingat pengetahuan. Para ahli mengatakan, membaca secara rutin dan teratur akan membantu otak melatih proses mental yang berkontribusi pada fungsi memori. Proses ini membutuhkan upaya mental dan sejumlah konsentrasi.

Mengurangi stres

Sebuah penelitian dalam Journal of College Teaching and Learning menjelaskan, kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, frekuensi detak jantung, dan stres. Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif seperti yoga dan menyaksikan humor.

Meningkatkan kualitas tidur

Mereka yang menjadikan membaca buku sebagai salah satu bagian dari rutinitas sebelum tidur cenderung memiliki kualitas tidur lebih baik dan terhindar dari masalah tidur seperti insomnia. Untuk hasil yang optimal, Anda disarankan membaca buku atau tulisan yang dicetak ketimbang melalui layar gawai. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan perangkat tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tertidur.

Meningkatkan harapan hidup

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rutin membaca buku selama 30 menit per hari punya penurunan angka mortalitas (kematian akibat berbagai penyakit) setidaknya 20 persen, dibandingkan mereka yang tidak terbiasa membaca buku. Sebuah penelitian mengatakan, mereka yang rutin membaca buku cenderung hidup dua tahun lebih lama, dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali ataupun membaca majalah, koran, dan media lainnya.

Mengurangi gejala depresi

Depresi akan membuat seseorang merasa terisolasi dan terasing dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membaca buku, perasaan ini dapat berkurang. Buku fiksi maupun non-fiksi yang bersifat self-help dapat membantu mengurangi gejala depresi pada penderitanya.

Tov

Recent Posts

Timnas Indonesia Melaju ke Babak Semifinal Piala Asia 2024, Vicky Nitinegoro Takjub dengan Peningkatan Kualitas

Vicky Nitinegoro, yang sebelumnya mengalami krisis kepercayaan terhadap sepak bola Indonesia, mengungkapkan kekagumannya terhadap peningkatan…

1 hour ago

Kebiasaan Kecil yang Membuat Orang Lain Menghargaimu Lebih

Celebrithink.com - Pernahkah kamu merasa diabaikan atau bahkan diejek oleh orang lain? Mungkin sudah waktunya…

2 hours ago

Fitur CCU dan Y-Connect pada Motor Yamaha Terbaru, Ini Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mengatasi Masalah Daya Aki

Motor Yamaha terbaru dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti CCU (Communication Control Unit) dan Y-Connect yang…

5 hours ago

3 Makanan Penyebab Jerawat yang Sering Terabaikan

Celebrithink.com - Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali membuat resah, ternyata bisa dipengaruhi oleh apa…

7 hours ago

Catat, Ini 5 Sayuran untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indra yang penting untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya dengan mengonsumsi multivitamin…

7 hours ago

Ini 4 Obat Alami untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, kamu juga bisa memanfaatkan…

7 hours ago