Lifestyle

Mengenal Gejala Moon Face dan Penyebabnya

Celebrithink.com – Moon face merupakan suatu kondisi penyakit yang dianggap mirip pipi chubby, sehingga wajah terlihat lebih bulat. Dalam istilah medis, moon face dikenal dengan sebutan moon facies. Ketika memiliki moon face, bentuk wajah akan berubah secara bertahap dan menjadi bulat sepenuhnya.

Meski dapat mengubah bentuk wajah, kondisi ini biasanya tidak menyebabkan gejala tambahan dan tidak terlalu berbahaya. Pemicunya pun beragama. Bisa karena obesitas, reaksi alergi, selulitis dan lain sebagainya. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya moon face.

Penggunaan Obat Steroid

Penggunaan obat steroid prednison menjadi salah satu penyebab moon face yang umum. Prednison diresepkan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Obat ini akan diberikan jika pernah menjalani transplantasi organ atau telah didiagnosis lupus, kanker, asma, radang sendi, anemia, dan sebagainya.

Obat prednison dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan moon face. Hal ini dikarenakan penggunaan prednison jangka panjang memengaruhi kelenjar adrenal dan produksi hormon tubuh.

Obat prednison bukan satu-satunya steroid yang dapat menyebabkan moon face. Beberapa obat lainnya seperti deksametason, kortison, dan metilprednisolon juga bisa memicu moon face.

Sindrom Cushing

Sindrom Cushing terjadi saat tubuh memproduksi atau menerima terlalu banyak hormon kortisol. Kondisi ini terjadi karena penggunaan obat steroid yang berkepanjangan. Gejala sindrom Cushing dapat meliputi moon face, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan tekanan darah tinggi.

Hipotiroidisme

Ketika seseorang menderita hipotiroidisme, tiroidnya tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan. Hipotiroidisme memiliki beberapa penyebab, di antaranya gangguan autoimun, terapi radiasi untuk kanker, dan pengangkatan kelenjar tiroid. Gejala hipotiroidisme dapat meliputi moon face, berat badan bertambah, depresi, dan nyeri sendi.

Tov

Recent Posts

Supri FX Sajikan Kisah Cinta dengan Sang Istri dalam Lagu Tetap Dalam Pelukanku

Selain sukses dalam mengorbitkan bakat-bakat baru melaluiDidi Music Records, Supri FX juga mengeksplorasi…

31 mins ago

Ini Pentingnya Kualitas Tidur, Jadi Kunci untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Kualitas tidur yang baik adalah salah satu elemen utama dari gaya hidup sehat. Tidur yang…

2 hours ago

Kacamata Keren untuk Aktivitas Outdoor, Pilihan Terbaik untuk Melindungi Mata dan Tampil Stylish

Aktivitas outdoor tidak hanya menyenangkan tapi juga memerlukan perlindungan mata yang tepat. Ketika kamu berada…

3 hours ago

7 Menu Snack yang Cocok Dihidangkan di Coffee Shop

Coffee shop bukan hanya tempat untuk menikmati secangkir kopi yang lezat, tetapi juga tempat yang…

3 hours ago

Makanan Kreatif untuk Anak, Resep Lezat yang Membuat Mereka Tertarik pada Nutrisi

Mengajak anak-anak untuk menyukai makanan sehat seringkali bisa menjadi tantangan. Namun, dengan sedikit kreativitas dalam…

4 hours ago

Sajian Lezat dan Sehat, Resep Ayam Brokoli Saus Tiram yang Mudah dan Nikmat

Siapa yang bisa menolak kelezatan hidangan ayam yang gurih dengan sentuhan brokoli segar dan saus…

5 hours ago