Lifestyle

Tips Menjaga Stamina di Tengah Aktivitas yang Padat

Celebrithink.com – Memiliki aktivitas padat menuntut anda untuk menjaga stamina. Jika tidak, tubuh akan mudah lelah sehingga produktivitas menjadi menurun. Buruknya lagi, jika padatnya aktivitas tidak dibarengi dengan stamina tinggi, beresiko tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat tak perlu khawatir. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini tips yang perlu anda lakukan guna menjaga stamina, sehingga segala aktivitas bisa sepenuhnya terlaksana.

Menjaga pola makan sehat

Terkadang orang bisa lupa makan ketika menjalani aktivitas yang padat. Meskipun makan, yang dikonsumsi pun relatif tidak sehat seperti junk food. Nah, pola makan seperti itu yang membuat tubuh anda cepat drop. Walhasil, aktivitas yang seharusnya anda jalani pun menjadi terganggu.

Jika anda ingin memiliki stamina yang bugar agar semua aktivitas bisa terlaksana, sebaiknya hindari perilaku tersebut. Sempatkan diri anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Olahraga

Menjalani aktivitas yang padat tak boleh menjadikan anda malas berolahraga. Seperti halnya menjaga pola makan, berolahraga juga penting untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit metabolik.

Setidaknya, usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Jika tidak ada waktu untuk berolahraga di luar rumah, pelajarilah gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari di tempat kerja.

Tidur yang cukup

Saking padatnya aktivitas, tak sedikit orang yang mengorbankan waktu tidurnya. Alih-alih pekerjaan cepat selesai, perilaku tersebut justru menyebabkan stamina dan konsentrasi menurun, yang justru mengganggu produktivitas anda.

Pada saat tidur, tubuh melakukan proses regenerasi. Itulah sebebanya jika waktu tidur anda kurang, proses tersebut tidak berlangsung secara optimal sehingga fungsi organ tubuh juga tidak akan maksimal. Akibatnya, anda tidak akan memiliki cukup stamina untuk menjalani aktivitas yang padat.

Maka dari itu, sepadat apa pun aktivitas, berusahalah agar bisa tidur selama 6–8 jam setiap hari. Agar kualitas tidur benar-benar optimal, atur suasana kamar agar jauh dari cahaya (gelap) dan terasa sejuk.

Tov

Recent Posts

Ini Panduan Praktis Membuat Tahu Sendiri dengan Mudah

Siapa yang bisa menolak kenikmatan sepotong tahu yang lembut dan kenyal? Tahu, makanan serbaguna yang…

7 mins ago

Ini Penjelasan Fenomena Aurora yang Sering Terjadi di Negara Tertentu

Fenomena Aurora, juga dikenal sebagai Aurora Borealis di belahan utara dan Aurora Australis di belahan…

14 mins ago

Ini Resep Nugget Tempe yang Wajib Kamu Coba

Siapa bilang nugget harus selalu dari daging? Nugget tempe adalah pilihan yang lezat dan sehat…

37 mins ago

Mau Nyobain Es Semangka India? Ini Dia Deskripsinya

Siapa yang nggak suka es semangka? Tapi, pernah denger belum tentang es semangka ala India?…

46 mins ago

Tips Berwisata ke Singapura, Maksimalkan Pengalaman Liburanmu

Singapura, kota negara yang megah dan futuristik, menyajikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi para…

56 mins ago

Rekomendasi Wisata ke Singapura, Jelajahi Keajaiban Kota Modern yang Memukau

Singapura, sebuah pulau negara yang kecil namun menakjubkan, merupakan destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa…

59 mins ago