Travel

Tempat yang Dapat Dikunjungi di Kota Tua Jakarta

Pada abad ke-16, Belanda mendirikan basis di sini yang menjadi pusat perdagangan di wilayah tersebut. Karena posisinya yang strategis dan aksesnya terhadap sumber daya alam, kota ini dengan cepat menjadi pusat penting di seluruh kepulauan Indonesia.

Satu abad yang lalu, tepatnya pada awal tahun 1900-an, Jakarta hanya berpenduduk sekitar 150.000 jiwa. Sejak saat itu, jumlahnya telah berkembang hingga mencapai 28 juta jiwa di wilayah perkotaan. Sejarah asal usul kolonial kecil itu hampir hilang dalam gelombang pembangunan yang melanda kota.

Sayangnya, tidak semua bangunan dilindungi sebagaimana mestinya, namun berjalan-jalan di jalanan dan alun-alun memberikan kesan pemukiman Eropa yang mengawali perjalanan Jakarta menjadi salah satu kota terbesar di dunia.

MUSEUM SEJARAH JAKARTA

Terletak di bekas Balai Kota Batavia, Museum Sejarah Jakarta memamerkan pameran tentang kota dan lokasinya dari zaman prasejarah hingga masa penjajahan hingga kemerdekaan negara. Bangunan ini dibangun pada tahun 1710 dan merupakan contoh bangunan umum megah di daerah tersebut. Pameran disajikan dengan sangat kasar dan kunjungan ke Kota Tua hanya untuk melihat museum mungkin tidak dibenarkan.

MUSEUM WAYANG

Di sisi lain alun-alun tempat Museum Sejarah Jakarta berada, terdapat Museum Wayang yang didedikasikan untuk pedalangan Jawa. Museum ini memiliki berbagai macam pameran dari masa yang berbeda dan memberikan pameran yang bagus tentang evolusi wayang lokal. Tanda-tanda yang menjelaskan barang-barang tersebut tidak berstandar tinggi. Ada juga pertunjukan sesekali yang menggunakan alat musik tradisional seperti gamelan.

MUSEUM SENI HALUS DAN KERAMIK

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di dalam Gedung Pengadilan lama yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1870. Pengadilan lama tersebut membentuk salah satu sisi alun-alun utama Kota Tua dan merupakan salah satu bangunan arsitektur paling mengesankan di daerah tersebut. Museum ini menyimpan keramik tradisional yang memamerkan berbagai desain di seluruh nusantara. Ada juga karya seni dari abad ke-19 dan ke-20 serta karya keramik yang lebih modern.

MUSEUM LAUT

Berjarak 10 menit berjalan kaki dari alun-alun utama Kota Tua terdapat Museum Maritim, yang terletak di dalam bekas gudang Perusahaan Hindia Timur Belanda. Laut sangat penting bagi negara yang terdiri dari ribuan pulau – untuk transportasi sipil, militer, dan komersial. Museum ini menampilkan beberapa contoh sejarah selama berabad-abad.

MUSEUM BANK INDONESIA

Meskipun topiknya mungkin terdengar agak kering – perbankan – ini sebenarnya adalah salah satu museum paling menarik di wilayah tersebut. Museum Bank Indonesia mengambil pendekatan multimedia modern dan interaktif dalam menceritakan kisah perbankan di Indonesia. Ini mencakup sejarah yang relevan dan menekankan pada produksi uang kertas.

KAFE BATAVIA

Setelah semua museum dan jalan-jalan di Kota Tua, tempat paling otentik untuk beristirahat adalah Batavia Café. Letaknya di alun-alun utama dengan pemandangan ke Balai Kota lama. Bangunan ini dibangun pada tahun 1850 dengan gaya kolonial dan interiornya dirancang dengan mempertimbangkan sejarah tersebut. Restoran ini telah berdiri selama sekitar 20 tahun tetapi mencoba meniru suasana kota Batavia di Belanda.

Zoomy Nur

Recent Posts

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

29 mins ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

58 mins ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

1 hour ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

1 hour ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

2 hours ago

Mengajarkan Meditasi pada Anak, Manfaat dan Cara yang Efektif

Meditasi bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat positif bagi perkembangan…

2 hours ago