celebrithink

Jika Kamu Menjawab ‘Ya’ untuk 10 Pertanyaan Ini, Saatnya Berhenti dari Pekerjaan Kamu

Jika lingkungan kerja anda toxic atau memengaruhi kesehatan mental anda, mungkin inilah saatnya untuk berhenti. Setiap pekerjaan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, terkadang, dampak negatifnya tampaknya jauh lebih besar daripada dampak positifnya. Jika anda merasa hampir tidak dapat berfungsi karena pekerjaan anda, mungkin inilah saatnya untuk beralih ke sesuatu yang baru.

10 pertanyaan ini dapat membantu anda menentukan apakah sudah waktunya untuk pindah dari pekerjaan anda saat ini:

1. Apakah keseimbangan kehidupan kerja kurang?

Keseimbangan kehidupan kerja adalah bagian penting dari pekerjaan apa pun. Anda ingin memastikan bahwa anda memiliki pemisahan antara pekerjaan dan hidup pribadi anda sehingga anda dapat merasa puas dan menikmati waktu anda. Menurut pelatih karier Ashley Whillans, “Pekerjaan yang terus-menerus masuk ke dalam kehidupan pribadi kita dapat meningkatkan stres dan melemahkan kebahagiaan kita.”

2. Apakah menurut anda atasan anda tidak dapat dipercaya?

Ada banyak alasan mengapa anda merasa tidak bisa mempercayai atasan anda. Forbes mencantumkan beberapa di antaranya, antara lain mengeluh terhadap rekan kerja dan selalu menyalahkan orang lain. Jika anda tidak dapat memercayai atasan anda, berarti anda tidak memiliki siapa pun yang dapat anda mintai bantuan di tempat kerja ketika sangat dibutuhkan.

3. Apakah Anda kelelahan dan mengalami burnout?

Setiap orang kadang-kadang merasa sedikit lelah, tetapi jika perasaan ini menguasai hidup anda, mungkin inilah saatnya untuk meninjau kembali situasi kerja anda. Merasa lelah sampai-sampai anda tidak punya energi untuk hal lain dalam hidup anda adalah tanda bahaya besar.

4. Apakah lingkungan kerja toxic dan dipenuhi gaslighting?

Lingkungan kerja yang toxic sungguh tidak tertahankan. Healthline mengatakan bahwa hal ini dapat mencakup apa saja mulai dari intimidasi dan kritik hingga atasan yang “membuat anda gagal”. Bekerja di lingkungan yang toxic dapat memengaruhi harga diri anda dan membuat anda mempertanyakan nilai diri anda.

Gaslighting adalah tingkat mengerikan lainnya. Jika Anda mengalami manipulasi psikologis yang membuat anda mempertanyakan apa yang nyata, ada kemungkinan anda perlu mencari pekerjaan baru.

5. Apakah pencapaian anda tidak diakui sementara kesalahan anda semakin besar?

Menerima kritik yang membangun atau diam-diam mengoreksi ketika ada masalah adalah satu hal. Mengkritik atas setiap kesalahan adalah sesuatu yang sangat berbeda, sementara pencapaian anda diabaikan. Healthline menyebut “kritik nonkonstruktif” ini sebagai tanda toksisitas.

6. Apakah anda selalu melewatkan promosi atau kenaikan gaji?

Pernahkah anda memberikan segalanya kepada perusahaan selama bertahun-tahun dan tidak melihat imbalan apa pun darinya? Mungkin ini saatnya untuk mencari sesuatu yang lain. Pelatih karir J.T. O’Donnell menjawab pertanyaan ini di TikTok dengan mengatakan, “Jika tidak ada peluang anda dipromosikan, anda harus pergi ke tempat lain.”

7. Apakah anda dibayar rendah dan tidak mampu membiayai hidup anda?

Harga-harga terus meroket dan banyak orang merasa kesulitan untuk membeli barang-barang yang sebelumnya mampu mereka beli. Namun, Jika anda kesulitan memenuhi kebutuhan dasar dan gaji anda tidak sebanding dengan pekerjaan yang anda lakukan, mungkin inilah saatnya untuk move on.

8. Apakah kesehatan mental dan fisik anda terkena dampak besar?

Jelas sekali, ada hubungan besar antara pekerjaan dan kesehatan mental anda. Pekerjaan dapat menyebabkan stres kronis, kelelahan, dan depresi. Hal-hal itu tidak hanya terjadi pada emosi Anda. Stres dapat mempengaruhi hampir setiap aspek kesehatan fisik Anda.

9. Apakah atasan dan rekan kerja anda tidak menghormati dan mendengarkan anda saat anda bicara?

Jika anda tidak menerima rasa hormat yang pantas di tempat kerja anda, itu pertanda besar bahwa inilah saatnya untuk move on. Mengabaikan atau menertawakan ide anda adalah tindakan yang tidak adil dan tidak baik dalam situasi apa pun.

10. Apakah pekerjaan anda lulus ujian Sunday Scaries?

Apakah Anda merasa gugup memikirkan untuk kembali bekerja setelah akhir pekan? Apakah Minggu malam membawa stres dan kecemasan? Jika ya, Anda mungkin mengalami Sunday Scaries.

Meskipun Sunday Scaries kadang-kadang normal, mendapatkannya setiap minggu bisa menjadi tanda bahwa pekerjaan Anda tidak tepat untuk Anda. Tidak apa-apa jika Anda merasa sudah waktunya untuk pindah dari pekerjaan Anda.

Zoomy Nur

Recent Posts

Chand Kelvin dan Dea Sahirah Menikah di Awal Tahun Baru Islam, Beri Mahar Berharga

Chand Kelvin dan Dea Sahirah kini merayakan kebahagiaan setelah mengikat janji suci mereka pada hari…

2 mins ago

iPhone, Smartphone Canggih dengan Beragam Fitur Menakjubkan

Di era digital ini, smartphone udah jadi kebutuhan pokok banget buat banyak orang. Buat komunikasi,…

3 hours ago

Mengedukasi Anak dalam Menghadapi Informasi yang Meragukan

Di era digital yang dipenuhi dengan informasi yang mudah tersebar, penting bagi anak-anak untuk memiliki…

3 hours ago

Memilih Sekolah Akting yang Tepat, Menemukan yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Memilih sekolah akting yang tepat adalah langkah penting untuk mengembangkan keterampilan dan karir aktingmu. Dengan…

4 hours ago

Gatal-gatal Mengganggu? Kenali Penyebab dan Solusinya

Pernahkah kamu merasa gatal-gatal yang mengganggu? Gatal adalah sensasi pada kulit yang membuat kamu ingin…

4 hours ago

Hewan Apa Saja yang Bisa Diternak dan Menguntungkan?

Di era modern ini, banyak orang mencari peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Salah satu…

5 hours ago