Health

Temukan Berbagai Manfaat Kesehatan Air untuk Tubuh

Bisakah Dehidrasi Mengganggu Tidur? Meskipun penelitian belum menjawab semua pertanyaan seputar mengapa hidrasi memengaruhi tidur, para ahli mengetahui banyak hal tentang apa yang salah dengan tidur saat anda mengalami dehidrasi (dan juga jika anda minum terlalu banyak air). “Bahkan gejala dehidrasi ringan pun dapat berdampak negatif pada tidur karena rasa tidak nyaman,” kata Newgent.

Pedre menambahkan, dehidrasi dapat menimbulkan gejala-gejala berikut, yang akibatnya dapat mengganggu tidur: Kram dan Kejang Otot Dehidrasi dapat menyebabkan kejang dan kram otot, yang terjadi ketika otot betis atau kaki terasa tegang dan menyakitkan. Rasa sakit dan ketidaknyamanan dapat membuat seseorang sulit tertidur atau berpotensi membangunkan seseorang di tengah malam, karena massa otot terdiri dari sekitar 76 persen air.

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan serangan migrain pada beberapa orang, yang dapat membuat sulit tertidur. Rasa Haus Dini Hari Rasa haus dapat menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam atau dini hari. Mulut Kering Mulut kering juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang dapat memperburuk tidur.

“Jika Anda berupaya meningkatkan kualitas tidur, anda ingin tetap terhidrasi di siang hari, dan mencoba mengurangi asupan cairan di malam hari, terutama sebelum tidur,” kata Pedre.

Berikut beberapa tipsnya:

1. Perhatikan Kapan Anda Terhidrasi di Siang Hari

Mencoba menghindari cairan setidaknya satu jam sebelum waktu tidur dapat membantu anda menghindari terbangun di malam hari untuk buang air kecil, Pedre menambahkan. Namun, jika anda cenderung memiliki kandung kemih hiperaktif atau inkontinensia, sebaiknya hindari minum air mulai dua hingga tiga jam sebelum waktu tidur. (Tetapi pastikan anda terhidrasi sebelum itu.)

2. Perhatikan Hal-Hal Lain yang Melembabkan dan Mendehidrasi Anda Sepanjang Hari

Penting juga untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hidrasi sepanjang hari. Konsumsi kopi dan jumlah keringat yang anda keluarkan dapat menyebabkan dehidrasi dan berpotensi menghabiskan mineral penting dalam tubuh anda.

Kafein dapat bertindak sebagai diuretik ringan (artinya membuat anda harus buang air kecil lebih banyak dan membuat anda dehidrasi). Selain itu, ini adalah stimulan. Meskipun sensitivitas kafein berbeda-beda pada setiap individu, sebagian besar rekomendasi menyarankan untuk menghentikan konsumsi kafein setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur.

3. Perhatikan Hal Lain yang Mempengaruhi Hidrasi Malam Hari

Newgent mengatakan bahwa jika anda cenderung berkeringat di malam hari, anda dapat mengalami “kehilangan air yang tidak masuk akal” atau kehilangan cairan tubuh dalam jumlah besar yang tidak dapat diukur dengan mudah dan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Jika anda cenderung mudah berkeringat di malam hari,

 Newgent menyarankan untuk mengambil langkah-langkah untuk menciptakan lingkungan tidur yang lebih sejuk, seperti menyetel termostat ke suhu yang nyaman untuk Anda sebelum tidur — yang mungkin lebih dingin daripada suhu siang hari. Suhu kamar tidur ideal bagi kebanyakan orang adalah sekitar 65 derajat F, meskipun mungkin bervariasi antara 60 hingga 67 derajat F.

Zoomy Nur

Recent Posts

Mengungkap Kandungan Gizi Ikan Gurame yang Menakjubkan

Ikan gurame, selain dikenal dengan rasanya yang lezat, juga mengandung berbagai nutrisi penting yang baik…

26 mins ago

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Kesehatan Mental

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada…

31 mins ago

Jangan Panik, Ini Cara Bersikap terhadap Teori Konspirasi

Teori konspirasi adalah pandangan atau penjelasan yang mengklaim adanya konspirasi rahasia di balik peristiwa atau…

54 mins ago

Menjelajahi Dunia Seni Bela Diri, dari Tradisi Kuno hingga Bela Diri Modern

Seni bela diri merupakan sebuah praktik yang menggabungkan teknik pertarungan, filosofi, dan disiplin mental. Berasal…

1 hour ago

Panduan Menggunakan Kutipan dalam Gaya American Psychological Association

Gaya APA (American Psychological Association) adalah salah satu gaya penulisan yang umum digunakan dalam ilmu…

1 hour ago

Ragam Olahraga di Indonesia, Lebih dari Sekadar Sepak Bola

Pernahkah kamu kepikiran bahwa Indonesia memiliki banyak sekali cabang olahraga menarik selain sepak bola? Yap,…

2 hours ago