Culinary

Street Food, Makanan Indonesia yang Wajib Dicoba dan Dirasakan

Secara khusus kita berbagi beberapa hidangan jajanan kaki lima asli Jawa yang benar-benar autentik. Masakan ini unik dan tentunya patut untuk ditelusuri. Daftar makanan atau jajanan kaki lima yang menggiurkan ini.

NASI/MIE GORENG JAWA (NASI/MI GORENG GAYA JAWA)

Nasi goreng dan mie goreng adalah jajanan kaki lima khas Indonesia. Ada banyak versinya dan anda bisa menemukannya hampir di setiap sudut jalan. Namun, ada yang istimewa dari nasi goreng dan mie goreng ala Jawa ini. Ini menggunakan ramuan khusus bawang putih dan campuran rempah-rempah lainnya yang diubah menjadi pasta. Dan pasta spesial ini menciptakan rasa umami yang luar biasa, membuatnya tak tertandingi dengan nasi dan mie goreng versi lainnya.

BAKSO

Bakso merupakan jajanan kaki lima yang paling banyak tersedia dan sangat disukai masyarakat Indonesia. Setelah ditambahkan mie telur, bawang merah goreng, dan peterseli sebagai hiasan, mangkuk tersebut kemudian dilengkapi dengan kuah kaldu sapi bening. Dan jangan lupa beri sedikit sambal. Enaknya!

SATE

Siapa yang tidak suka daging yang ditusuk? Di seluruh Jawa, anda akan menemukan berbagai jenis dan jenis sate, namun dua versi yang paling umum adalah sate ayam dan sate kambing.

MARTABAK (ATAU MARTABAK TELOR/ASIN)

Martabak adalah salah satu jajanan kaki lima yang rasanya tak terlukiskan enaknya. Ini semacam roti pipih, diisi dengan campuran daging cincang (biasanya domba atau kambing), telur, dan daun bawang. Kemudian digoreng dengan minyak hingga berwarna coklat keemasan. Renyah di luar, berair dan gurih dengan sedikit kari di dalam,

TERANG BULAN (ATAU MARTABAK MANIS)

Terang bulan (atau dikenal di Jakarta sebagai martabak manis) adalah pancake wajan berbentuk bulat manis, biasanya diisi dengan kacang panggang, taburan coklat, susu kental manis dan banyak mentega. Teksturnya yang lembut, rasanya yang manis dan gurih akan membuat Anda ketagihan.

BUBUR AYAM

Bubur ayam, atau bubur nasi ayam, tidak hanya enak dan populer, tapi juga dianggap sebagai hidangan comfort food. Terbuat dari nasi yang dimasak hingga menjadi bubur halus, lalu di atasnya diberi suwiran ayam, bawang merah goreng, peterseli, dan irisan stik roti (atau cakue) renyah Cina. Ini adalah hidangan yang sempurna untuk hari hujan dan dingin.

AYAM GEPREK

Ayam geprek menjadi salah satu makanan jalanan Jawa yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Hidangannya sederhana, hanya memadukan 2 makanan pokok paling favorit di Indonesia: ayam goreng dan cabai segar.

RUJAK

Rujak merupakan hidangan salad buah dan sayur tradisional yang memiliki banyak variasi di seluruh Pulau Jawa.

SOTO

Soto adalah hidangan sup lainnya yang kaya akan variasi di seluruh Jawa. Soto sering disajikan dengan nasi atau lontong (lontong) dan dilengkapi dengan perasan jeruk nipis dan sambal.

RAWON

Rawon merupakan masakan sop daging sapi yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Kuah kuahnya berwarna gelap karena bahan unik yang disebut kacang hitam (atau kluwek dalam bahasa Jawa).

NASI PECEL

Nasi pecel adalah hidangan nasi tradisional Jawa yang sederhana, terdiri dari sayuran matang dan saus kacang yang dituangkan di atas nasi. Sayur yang disajikan biasanya berupa campuran kangkung, tauge, dan daun singkong.

Zoomy Nur

Recent Posts

Kevin Julio Mengenang Ayah Lewat Ikatan Pinggang Vintage

Kevin Julio ternyata masih memakai barang-barang peninggalan mendiang ayahnya, Asep Chandra Himawan, yang meninggal pada…

1 hour ago

Tissa Biani Tanggapi Kontroversi “Aura Magrib Fuji” dalam Podcast Deddy Corbuzier: Bercandaan Teman

Tissa Biani, artis yang baru-baru ini menjadi sorotan warganet setelah ikut berpartisipasi dalam podcast Deddy…

8 hours ago

Tengku Dewi Hadiri Sidang Cerai Meski Hamil Besar, Andrew Andika Absen Lagi

Tengku Dewi menghadiri sidang cerai dengan Andrew Andika di tengah kehamilannya yang sudah besar. Meskipun…

9 hours ago

Putus dari Muhammad Fardhana, Ayu Ting Ting Tetap Membuka Hati buat Pria Lain

Ayu Ting Ting menghadapi kenyataan pahit setelah hubungannya dengan Muhammad Fardhana berakhir. Meskipun keduanya sebelumnya…

11 hours ago

Ini Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Sebelum Menikah

Celebrithink.com - Menikah adalah langkah besar dalam kehidupan seseorang yang memerlukan persiapan matang, termasuk memastikan…

11 hours ago

Sepakat tak Lanjutkan Pernikahan, Wina Natalia Hadirkan 2 Saksi di Sidang Cerai dengan Anji

Sidang cerai antara Wina Natalia dan Anji kembali digelar di Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat,…

13 hours ago