Health

Ini Cara Mengantisipasi Kolesterol Tinggi

Jika perubahan perilaku ini saja tidak berdampak pada kadar kolesterol anda, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkan kolesterol anda. Kalkulator Risiko Penyakit Kardiovaskular Aterosklerotik (ASCVD) dapat membantu dokter menentukan apakah anda memerlukan obat. Umumnya, jika risiko anda 7,5 persen atau lebih tinggi pada Kalkulator Risiko ASCVD, dokter anda akan merekomendasikan obat penurun kolesterol, menurut Dr. Schulman.

Obat untuk Mengobati Kolesterol Tinggi

Bagi kebanyakan orang yang membutuhkan obat untuk mengatasi kolesterol tinggi, dokter akan meresepkan statin. Statin, juga dikenal sebagai penghambat HMG CoA reduktase, adalah kelas obat yang mencegah pembentukan kolesterol di hati, tempat pembuatan kolesterol LDL dan HDL. Hal ini menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah. Mereka paling efektif dalam menurunkan kolesterol LDL tetapi juga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol HDL.

Statin biasanya tidak menimbulkan efek samping yang parah. Kebanyakan efek samping bersifat ringan dan hilang jika anda terus menggunakannya. Namun, penggunaan statin memiliki risiko kecil untuk meningkatkan nyeri otot dan diabetes tipe 2, dan orang yang sedang hamil atau memiliki penyakit hati jenis tertentu sebaiknya tidak mengonsumsi statin.

Jika anda memiliki kondisi tertentu, atau jika statin tidak berfungsi cukup menurunkan kolesterol tinggi, dokter anda mungkin akan meresepkan salah satu obat penurun kolesterol berikut:

Inhibitor PCSK9 Jenis obat yang lebih baru, inhibitor PCSK9 mengikat dan menonaktifkan protein pada sel hati tertentu, yang kemudian menurunkan kolesterol LDL. Diberikan melalui suntikan, obat ini sering digunakan pada pasien dengan kolesterol tinggi yang tidak merespons statin atau orang dengan hiperkolesterolemia familial.

Inhibitor Penyerapan Kolesterol Selektif Agen nonstatin yang paling umum digunakan, menurut AHA, inhibitor penyerapan kolesterol selektif mencegah kolesterol diserap di usus. Ini berarti lebih sedikit kolesterol yang dikirim ke hati dan, pada akhirnya, ke darah.

Penyerap Asam Empedu Juga dikenal sebagai zat pengikat asam empedu, obat ini bekerja dengan menghilangkan asam empedu dari hati. Karena kolesterol LDL diperlukan untuk membuat asam empedu, tubuh kemudian memecah lebih banyak partikel kolesterol LDL.

Meskipun data tidak mendukung kemampuan obat-obatan ini untuk secara langsung menurunkan LDL dan kolesterol total, dokter Anda mungkin meresepkan obat berikut untuk mengatur kadar trigliserida Anda:

Fibrat Obat-obatan ini mengurangi kadar trigliserida secara keseluruhan dengan mengurangi produksi lipoprotein densitas sangat rendah di hati, yang sebagian besar terdiri dari trigliserida.

Niacin Dikenal juga sebagai asam nikotinat, niacin merupakan vitamin B yang dapat meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida.

Suplemen Asam Lemak Omega-3 Dalam dosis besar, asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Suplemen yang paling umum adalah minyak ikan OTC, namun juga tersedia dengan resep dokter.

Zoomy Nur

Recent Posts

Tissa Biani Tanggapi Kontroversi “Aura Magrib Fuji” dalam Podcast Deddy Corbuzier: Bercandaan Teman

Tissa Biani, artis yang baru-baru ini menjadi sorotan warganet setelah ikut berpartisipasi dalam podcast Deddy…

6 mins ago

Tengku Dewi Hadiri Sidang Cerai Meski Hamil Besar, Andrew Andika Absen Lagi

Tengku Dewi menghadiri sidang cerai dengan Andrew Andika di tengah kehamilannya yang sudah besar. Meskipun…

1 hour ago

Putus dari Muhammad Fardhana, Ayu Ting Ting Tetap Membuka Hati buat Pria Lain

Ayu Ting Ting menghadapi kenyataan pahit setelah hubungannya dengan Muhammad Fardhana berakhir. Meskipun keduanya sebelumnya…

2 hours ago

Ini Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Sebelum Menikah

Celebrithink.com - Menikah adalah langkah besar dalam kehidupan seseorang yang memerlukan persiapan matang, termasuk memastikan…

3 hours ago

Sepakat tak Lanjutkan Pernikahan, Wina Natalia Hadirkan 2 Saksi di Sidang Cerai dengan Anji

Sidang cerai antara Wina Natalia dan Anji kembali digelar di Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat,…

4 hours ago

Mengungkap Kandungan Gizi Ikan Gurame yang Menakjubkan

Ikan gurame, selain dikenal dengan rasanya yang lezat, juga mengandung berbagai nutrisi penting yang baik…

5 hours ago