Travel

8 Hal yang Wajib Dilakukan saat Berkunjung ke Yogyakarta

Berencana mengunjungi Pulau Jawa? Yogyakarta adalah kota yang wajib ada dalam itinerary anda! Kota ini terletak di tengah pulau Jawa, dan dapat dengan mudah dijangkau dari Jakarta atau Bali, baik dengan pesawat, bus, atau kereta api! Yogyakarta terkenal karena letaknya yang dekat dengan Borobudur dan gunung berapi aktif Gunung Merapi. Namun bukan itu saja yang bisa dilihat, baca juga 8 hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta berikut ini!

1. MELIHAT MATAHARI TERBIT DI BOROBUDUR

Sebuah klasik, wajib dilakukan, alasan banyak dari kita memasukkan Yogyakarta ke dalam rencana perjalanan kita, sesuatu yang hanya perlu anda lihat sekali dalam hidup anda… matahari terbit di Borobudur. Terletak kira-kira 40 km dari Yogyakarta, dijamin akan menjadi tempat yang tepat untuk bangun pagi, namun menikmati matahari terbit pasti sepadan dengan usaha yang dilakukan. Naiki anak tangga Borobudur untuk melihat matahari terbit di atas candi dan lingkungan sekitar yang menakjubkan.

Sekalipun matahari terbitnya tidak terlalu spektakuler, maksudnya kita tidak akan pernah bisa memprediksi matahari terbit yang sempurna, kan, berjalan-jalan di sekitar kuil sepadan dengan usaha dan uang anda. Penasaran? Baca semua yang perlu anda ketahui tentang melihat matahari terbit di Borobudur di sini termasuk cara menuju ke sana, biaya, dan semua yang perlu anda ketahui sebelum berangkat.

2. BERKUNJUNG KE PRAMBANAN

Mungkin tidak setenar Borobudur, tapi yang paling mengesankan adalah Prambanan. Prambanan adalah kompleks candi hindu dari abad kesembilan, terletak di sudut Timur Laut Yogyakarta. Karena tiket kombinasi dapat dibeli untuk melihat Borobudur dan Prambanan, banyak orang mengunjungi Prambanan untuk melihat matahari terbenam di hari yang sama. Kompleksnya sendiri awalnya terdiri dari 240 candi, dengan candi terbesar adalah Candi Siwa (tinggi 47m), terletak di tengah-tengah semua candi.

3. KUNJUNGI TAMAN SARI & SUMUR GUMULING

Terletak di Kraton, kota Yogyakarta, anda bisa mengunjungi Taman Sari dan Sumur Gumuling. Taman Sari juga dikenal sebagai istana air, dan dibangun pada pertengahan abad ke-18 sebagai bagian dari Keraton Yogyakarta. Kastil air berfungsi sebagai kompleks pemandian, tempat istirahat dan masih banyak lagi. Meski sebagian besar Taman Sari hancur, kawasan Danau Segaran tetap terjaga dengan baik dan masih bisa dikunjungi. Kini untuk melengkapi kunjungan anda, anda dapat menggunakan tiket yang sama untuk mengunjungi Sumur Gumuling, masjid bawah tanah di dekatnya.

Masjid bawah tanah hanya dapat dicapai melalui terowongan. Di tengah Sumur Gumuling anda akan menemukan 4 anak tangga menuju platform layang, semuanya terletak di bawah langit-langit terbuka, rekomendasi untuk dikunjungi saat anda berada di Taman Sari!

4. LIHAT GUNUNG MERAPI

Gunung berapi aktif ini dapat dilihat dari berbagai titik di kota, namun tidak kalah mengesankannya dengan mengunjungi gunung berapi dari dekat. Bagi wisatawan dengan anggaran terbatas, anda bisa berkendara sendiri ke dekat gunung atau bagi wisatawan yang berjiwa petualang.

 Ada kemungkinan untuk melakukan tur lava matahari terbit, berkendara dengan jip melewati sungai dan melintasi medan gunung berapi yang terjal untuk menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan di atas Gunung Merapi. Kami mengunjungi sudut pandang Bukit Klangon dan telah menulis semua yang perlu Anda ketahui tentang melihat Gunung Merapi dan berbagai pilihan mengunjungi Gunung Merapi di sini!.

5. BEBERAPA TITIK MELIHAT MATAHARI TERBIT

Jangan batasi kunjungan Anda ke Yogyakarta hanya dengan mengunjungi tempat wisata utamanya, karena Yogyakarta dikelilingi oleh alam yang indah. Ada banyak titik pandang yang bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan matahari terbit di atas pegunungan, atau mungkin matahari terbenam jika Anda tidak bangun pagi. Pastikan untuk mengecek cuaca terlebih dahulu, jangan sampai kehujanan, apalagi saat musim hujan! Beberapa sudut pandang yang paling terkenal adalah:

– Mangunan

– Punthuk Setumbu

– Taman Nasional Kaliburu

– Bukit Panguk Kediwung

6. BERKUNJUNG DI SEKITAR KERATON

Jika Anda berencana mengunjungi Kraton, Istana Sultan wajib dikunjungi. Jelajahi berbagai bangunan dan pelajari lebih lanjut tentang cara hidup para sultan. Jika beruntung, Anda bahkan bisa mengagumi pertunjukan tari tradisional. Selama kunjungan kami pada bulan Agustus 2018, ada pertunjukan tari tradisional setiap Minggu pagi pukul 10 malam. Biaya masuknya sama dan ini merupakan pengalaman yang indah. Pada hari-hari tertentu, masih menarik untuk berjalan-jalan dan mengagumi Arsitektur Keraton Jawa.

7. MENGIKUTI KELAS MEMASAK

Jika Anda belum pernah mencicipi masakan Indonesia, Anda akan disuguhi nasi goreng, gado gado, sate dengan saus kacang hingga pisang goreng dan masih banyak lagi… masakan Indonesia kaya dan beragam, dari makanan pedas hingga hidangan penutup yang beraroma, ada sesuatu yang disukai semua orang. Dan cara apa yang lebih baik untuk mencicipi masakannya selain menyiapkannya sendiri! Ikuti kelas memasak di Via Via, atau banyak lokasi lainnya dan masaklah beberapa makanan terlezat yang pernah Anda cicipi, semuanya disiapkan oleh Anda!

8. BELANJA DI MALIOBORO

Dan yang terakhir, berbelanja di Jalan Malioboro. Kunjungan ke Yogyakarta tidak akan lengkap tanpa satu atau dua buah oleh-oleh atau bahkan mungkin tiga buah. Jalan Malioboro adalah rumah bagi banyak toko batik, toko pakaian, toko suvenir, dan toko aksesoris. Kelilingi kios-kiosnya untuk mencari oleh-oleh unik atau pakaian baru, dan jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga terbaik! Anda juga akan menemukan beberapa kedai jajanan kaki lima di sini, cocok untuk bersantap sebentar.

Zoomy Nur

Recent Posts

Mahalini Tampil Beda di FuntasticDay, Netizen Soroti Dugaan Operasi Hidung

Penyanyi Mahalini menjadi sorotan warganet usai penampilannya di acara FuntasticDay pada Sabtu, 6 Juli 2024.…

3 hours ago

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

5 hours ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

5 hours ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

6 hours ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

6 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

6 hours ago