Edukasi

Tanda-Tanda Masalah Kepercayaan sedang Terjadi dalam Diri Kamu

Terkadang, anda hanya perlu percaya bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan — seperti yang pernah dikatakan Oprah Winfrey, “Saya percaya bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, meskipun kita tidak cukup bijak untuk melihatnya.” Namun bagi sebagian orang, hal itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Beberapa tanda masalah kepercayaan sedang terjadi dalam diri anda:

1. Menghindari komitmen.

Orang dengan masalah kepercayaan sering kali merasa sulit untuk berkomitmen pada seseorang, baik dalam persahabatan atau hubungan, karena takut disakiti. Ketakutan ini berasal dari kesulitan memercayai dan membuka diri terhadap orang lain, serta kecemasan karena terlalu terekspos. Anda mungkin menganggap hal terburuk terjadi pada orang lain dan percaya bahwa anda akan terluka, dan sebaliknya, ketakutan anda memungkinkan anda tidak memiliki hubungan yang bahagia dan memuaskan.

2. Sangat curiga terhadap, dan bahkan memata-matai, orang lain.

Menjadi terlalu curiga hingga sering mengintip orang lain adalah tanda lain dari masalah kepercayaan. “Jika Anda memercayai pasangan, anggota keluarga, atau teman anda, anda tidak akan curiga,” kata pelatih hubungan Ronnie Ann Ryan. “Terus-menerus memeriksa media sosial, memeriksa ponsel, melihat-lihat biro atau gambar meja, dll. bukanlah bagian dari hubungan yang sehat.” Hal ini disebabkan oleh asumsi negatif terhadap orang lain, dan mekanisme penanggulangan yang mungkin anda kembangkan untuk mendukung perasaan tidak percaya anda.

3. Bersikap overprotektif, tertutup dan selalu mengharapkan kemungkinan terburuk.

Jika kepercayaan Anda dikhianati di masa lalu, kemungkinan besar anda akan lebih melindungi hati anda. Anda mungkin mengalami perasaan tidak percaya saat bertemu orang baru, dan menjadi semakin tertutup. Anda mungkin tidak ingin memberikan informasi tentang diri anda kepada orang lain yang belum anda ceritakan kepada orang lain karena anda takut mereka akan menggunakan informasi tersebut untuk menyakiti atau membuang anda, sehingga membuat anda merasa hampa. Ini mungkin juga berarti anda takut menjadi diri sendiri di hadapan orang lain, sehingga membuat Anda terlalu protektif dan tertutup.

4. Terus-menerus berkelahi.

Ketika Anda memiliki masalah kepercayaan, akan sulit untuk mengenal seseorang dan mempelajari masa lalunya, karena anda akan menganalisis secara berlebihan dan mungkin langsung berasumsi dalam upaya melindungi diri dari apa pun yang anda anggap mengancam.

Jika anda menemukan sesuatu yang anda anggap sebagai tanda bahaya, anda dapat memilih perkelahian sebagai cara untuk menjaga jarak dengan orang tersebut, dan ancaman yang dirasakan, setiap saat. Hal ini bisa terjadi jika anda memiliki masalah kepercayaan dan menjalin hubungan dengan seseorang yang anda kenal berselingkuh dari mantannya. anda mungkin berpikir, “Sekali penipu, tetap penipu.” Namun, manusia bisa – dan memang – berubah.

5. Enggan membuka diri dan menjaga jarak dengan orang lain.

Masalah kepercayaan Anda mungkin telah membebani anda sampai-sampai anda merasa sulit – dan bahkan terkadang tidak mungkin – untuk terbuka kepada kebanyakan orang. Hal ini dapat menimbulkan perselisihan antara anda dan orang lain, karena mereka mungkin merasa frustrasi karena mereka berusaha mengenal anda dan merasa anda tidak membalasnya.

Zoomy Nur

Recent Posts

Membiasakan Anak Bangun Pagi setelah Libur Panjang

Libur panjang sering kali membuat anak-anak menikmati waktu tidur yang lebih lama dan sulit untuk…

6 mins ago

Kupas Tuntas Kecap Manis yang Populer untuk Masakan Indonesia

Kecap manis adalah kecap manis Indonesia yang sangat populer dengan rasa memanjakan yang digunakan dalam…

16 mins ago

Fasilitas Apa Saja di Kereta Ekonomi? Simak Artikel Ini

Kereta api telah lama menjadi salah satu moda transportasi favorit di Indonesia, menawarkan pengalaman perjalanan…

28 mins ago

Posisi Tidur yang Baik untuk Tumbuh Kembang Bayi di Bawah 1 Tahun

Posisi tidur bayi sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan mereka. Memahami posisi tidur yang baik…

47 mins ago

Tidur Dekat HP Nyala, Bahaya atau Aman? Yuk, Simak Penjelasannya

Pernah nggak sih, kamu ketiduran pas lagi scroll media sosial di HP? Atau, kamu suka…

55 mins ago

Menanam Sayuran Kekinian dengan Hidroponik

Sobat Gen Z dan Millenial, pernahkah kamu terpikir untuk menanam sayur-sayuran segar di rumah? Di…

1 hour ago