Edukasi

Yang Perlu Diketahui jika Ingin Membesarkan Anak Sehat Secara Emosional

Pergeseran pola pikir ini dapat mengubah kehidupan anak anda selamanya. Apakah menurut anda anak anda selalu bertingkah? Apakah mereka sepertinya tidak pernah mendengarkan sekeras apa pun anda berusaha? Pada saat-saat seperti ini, mudah untuk mulai meragukan diri sendiri sebagai orang tua.

Namun jujur ​​saja, menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Kenyataannya adalah, kita semua pasti akan melakukan kesalahan pada suatu saat. Jadi, bagaimana kita bisa membesarkan anak-anak yang sehat secara emosional dan berperilaku baik tanpa kehilangan akal sehat sepenuhnya?

Terapis keterikatan Eli Harwood memiliki satu tips yang benar-benar dapat mengubah cara anda mengasuh anak anda selamanya. Yang Perlu anda Ketahui Jika anda Ingin Membesarkan Anak yang Berperilaku Baik Namun Juga Sehat Secara Emosional “Lawanan dari pembangkangan adalah bukan kepatuhan,” Harwood memulai. Kepatuhan dan pembangkangan adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Keduanya bermuara pada memiliki kendali penuh atas anak-anak anda. Lalu, apa sebenarnya kebalikan dari pembangkangan?

Harwood menjelaskan, “Kebalikan dari pembangkangan adalah koneksi.” Jika ternyata anak anda menolak untuk bekerja sama, anda hanya akan ikut terlibat dalam perebutan kekuasaan jika anda memilih untuk patuh. Harwood berkata, “Dan jika anda berhubungan dengan seorang anak seperti itu, apa yang akan terjadi adalah salah satu dari 2 hal.” Anak Anda akan menangkap sifat-sifat yang anda gunakan untuk mengendalikannya.

Kemudian, begitu mereka mengetahuinya, mereka akan mencoba menggunakan trik yang sama untuk melawan anda. “Atau semangat dan pemberdayaan mereka akan meledak dan mereka akan belajar untuk tidak membela diri mereka sendiri,” jelas Harwood. Namun, apa yang dapat dilakukan orang tua agar anak mereka mau bekerja sama? Nah, cobalah temui mereka dengan rasa ingin tahu.

Secara hipotetis, katakanlah anak anda menolak mengenakan jaketnya — meskipun cuaca di luar sangat dingin. Daripada berdebat, tataplah pandangan mereka dan coba tanyakan alasannya. Tanyakan kepada mereka, “Apakah ada alasan mengapa kamu tidak ingin memakainya? Apakah terlalu panas atau terasa gatal saat kamu memakainya? Apakah kamu merasa kewalahan dan butuh pelukan? Ada yang bisa saya bantu? Karena kamu harus memakai jaketmu di luar.” Dan saya mengerti, ini mungkin tampak seperti membuang-buang waktu. Kenyataannya adalah, anda lebih suka memaksakan jaket itu pada mereka karena anda tidak punya waktu untuk berdebat dengan anak berusia lima tahun.

Namun, berbicara dengan anak anda jauh lebih mudah daripada berdebat. Lagi pula, jika anda dapat dengan cepat mengetahui alasannya, maka anda dapat menemukan solusi yang lebih baik yang cocok untuk  anda berdua. Namun jangan salah paham — koneksi tidak berarti bersikap permisif. Harwood berkata, “Itu tidak berarti kita berkata ‘Oh, kamu tidak mau, oke, kurasa kita akan tinggal di rumah.”

Koneksi berarti bertemu anak anda di tengah jalan dan menemukan solusi yang adil bersama-sama. Ini benar-benar tentang menemukan cara untuk terhubung dengan anak anda. Ini tentang meluangkan waktu sejenak untuk memeriksa dan memberi tahu anak anda bahwa anda ingin memahaminya. Dan hal itulah yang benar-benar mengarah pada anak yang berperilaku baik dan sehat secara emosional.

Zoomy Nur

Recent Posts

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

46 mins ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

2 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

3 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

4 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

5 hours ago

Drama Cinta Ayu Ting Ting dan Lettu Fardana Telah Berakhir

Hubungan asmara antara pedangdut Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana kini menjadi perbincangan hangat…

5 hours ago