Edukasi

Waspadai Leher Berdaki, Bisa Jadi Tanda Kadar Gula Darah Tinggi

Leher yang terlihat kotor dan berdaki bisa sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Menurut Dr. Mikhael Yosia dari Medicine Sans Frontières (MSF), penumpukan daki di leher sering kali tak terhindarkan karena leher adalah area yang mudah berkeringat. “Kurangnya kebersihan diri merupakan faktor utama mengapa daki menumpuk di leher. Selain itu, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan penumpukan daki yang membuat leher menghitam,” ungkapnya pada Rabu, 19 Juni 2024.

Jika leher Anda dipenuhi daki, jangan khawatir. Berikut beberapa cara efektif untuk membersihkan leher dari daki:

  1. Bersihkan Leher Saat Mandi
    Pastikan Anda membersihkan leher secara menyeluruh saat mandi. Mandi dengan terburu-buru atau mengabaikan area tertentu dapat membuat kotoran menumpuk. Jadikan membersihkan leher sebagai kebiasaan setiap kali mandi untuk menghilangkan daki secara perlahan tapi pasti.
  2. Kendalikan Kadar Gula Darah
    Salah satu penyebab leher menghitam dan berdaki adalah kadar gula darah yang tinggi. Mengontrol gula darah melalui gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, dapat membantu mencegah dan menghilangkan daki di leher.
  3. Lap Leher Saat Berkeringat
    Aktivitas di luar ruangan dan di bawah sinar matahari membuat tubuh, termasuk leher, mudah berkeringat. Untuk mencegah penumpukan kotoran dan daki, segera lap leher saat berkeringat dengan tisu, lap, atau handuk kecil yang selalu siap di dalam tas.
  4. Eksfoliasi Kulit Leher
    Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati menggunakan produk perawatan kulit tertentu. Anda bisa menggunakan scrub yang tersedia di toko atau supermarket. Oleskan scrub dan pijat lembut di leher dengan gerakan memutar selama 30 detik, kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga bisa memakai spons untuk eksfoliasi, namun hindari kulit yang terluka atau terbakar matahari.
  5. Gunakan Bahan Alami
    Memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah adalah cara efektif, mudah, dan murah untuk menghilangkan daki di leher. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah bubuk kopi. Menurut sebuah studi dari jurnal Analytical Methods, kopi tidak hanya efektif untuk mengangkat sel kulit mati tetapi juga melindungi kulit dari kuman. Buat scrub dari kopi dengan mencampurkan kopi, gula pasir merah, dan sedikit air perasan lemon.

Jika berbagai cara di atas belum berhasil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat topikal seperti krim retinol atau benzoil peroksida untuk membantu meluruhkan daki yang membandel.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membantu mengatasi daki di leher hingga menghitam. Namun, jika masalah ini masih berlanjut dan mengganggu kepercayaan diri, jangan ragu untuk mencari bantuan medis demi mendapatkan solusi yang tepat.

Fransiska Cahya Marina

Recent Posts

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

4 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

4 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

4 hours ago

Penyelidikan Kejagung: Harvey Moeis Tidak Memiliki Pesawat Jet Pribadi, Hanya Jadi Penumpang

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengungkapkan bahwa tersangka korupsi timah, Harvey Moeis, tidak memiliki…

5 hours ago

Perebutan Harta Nagita Slavina, Gideon Tengker Konsultasi dengan KPK Terkait Gugatan Aset Senilai Rp 300 Miliar

Kasus perebutan harta antara Gideon Tengker dan Rieta Amalia, mantan istri Gideon dan ayah Nagita…

5 hours ago

Adik Ayu Ting Ting Bahas tentang Perselingkuhan, Sindir Lettu Fardana?

Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana telah resmi berpisah sejak 22 Juni 2024. Kabar…

5 hours ago