Health

Gangguan Makan Paling Umum Terjadi tapi Mengapa Paling Sedikit Mendapat Perhatian

Tidak semua kelainan makan terlihat sama. Pernahkah anda duduk sendirian dan menenggak sekotak kue atau satu cup es krim begitu cepat, sehingga anda bahkan hampir tidak menyadari apa yang sedang anda lakukan sampai anda selesai?. Pernahkah anda makan terlalu banyak hingga tubuh dan pikiran anda sakit?. Apakah anda merasa bersalah, malu, dan buruk terhadap diri sendiri?. Pernahkah anda melakukan ini beberapa kali dalam seminggu dan bersumpah bahwa hari esok akan berbeda? Jika ya, anda mungkin menderita Binge Eating Disorder (B.E.D).

Dulu kita hanya menganggap gangguan makan sebagai anoreksia atau bulimia, namun akhirnya kita mulai menganggap serius B.E.D karena ini hanya menjadi diagnosis yang sah dan termasuk dalam DSM-5. Dengan B.E.D., makanan adalah obat anda. Jadi, mengapa B.E.D. mendapat sedikit perhatian? Pertama-tama, kebanyakan orang yang menderita penyakit ini bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengidap kelainan makan.

Berikut adalah 3 hal teratas yang dapat anda lakukan untuk memulihkan diri dari makan berlebihan:

1. Bersumpah untuk berhenti berdiet

Diet membuat anda tetap berada dalam siklus makan sebanyak-banyaknya. Jika diet berhasil, anda akan melakukan satu kali diet dan tidak perlu melakukan diet lagi. Ketika anda berhenti berdiet, anda berhenti mendukung industri yang memangsa orang-orang rentan. Sebaliknya, mulailah mempraktikkan makan intuitif, yaitu cara makan yang mendengarkan dan diarahkan oleh kebutuhan tubuh anda.

2. Dapatkan dukungan

Bergabung dengan grup atau komunitas akan membuat anda tidak merasa sendirian dalam perjuangan anda. Makan berlebihan adalah sesuatu yang dilakukan oleh orang menyendiri dan terisolasi, namun pemulihan terjadi dengan bantuan, cinta, dan dukungan.

3. Menjadi sadar

Pahami apa yang memicu anda secara emosional dan fisik, serta apa yang memicu makanan anda, sehingga Anda tahu apa yang menyebabkan anda makan berlebihan. Begitu anda menyadarinya, anda dapat memiliki kendali lebih besar atas dorongan anda.

Gangguan makan sangat umum terjadi.

Menurut ANAD (Association of Anorexia Nervosa and Associated Disorders), gangguan makan mempengaruhi 9 persen populasi di seluruh dunia, dan 28,8 juta orang Amerika akan mengalami gangguan makan seumur hidup mereka. Yang kedua gangguan makan adalah salah satu penyakit mental paling mematikan dengan 10.200 kematian setiap tahunnya akibat langsung dari gangguan makan – yaitu satu kematian setiap 52 menit.

Zoomy Nur

Recent Posts

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

1 hour ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

2 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

3 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

4 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

5 hours ago

Drama Cinta Ayu Ting Ting dan Lettu Fardana Telah Berakhir

Hubungan asmara antara pedangdut Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana kini menjadi perbincangan hangat…

5 hours ago