Edukasi

Teknologi di Dalam Kelas, Kelebihan dan Kekurangan

Era digital sudah dekat dan benar-benar ada pada kita. Dekade terakhir telah terjadi lonjakan pengenalan teknologi di sekolah. Meskipun siswa mungkin sebelumnya menyembunyikan perangkat elektronik mereka dari guru, kini banyak siswa yang didorong untuk membawa dan menggunakannya di kelas sebagai alat pembelajaran.

Ini adalah salah satu perdebatan terbesar dalam dunia pendidikan saat ini: apakah teknologi di kelas membantu atau menghambat prestasi siswa? Dengan kemajuan teknologi yang luar biasa selama dekade terakhir, godaannya adalah untuk memanfaatkannya sebanyak mungkin. Namun hanya karena beberapa teknologi sudah tersedia, apakah itu berarti kita harus menggunakannya?

Kita mengetahui dari berbagai bukti bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi pelajar. Misalnya: Siswa yang terlalu sering menggunakan ponsel di malam hari akan tidur lebih larut dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih rendah; Penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara waktu pemakaian perangkat dan kinerja sekolah; Dan terdapat bukti yang menunjukkan bahwa pelarangan ponsel di sekolah dapat meningkatkan prestasi siswa.

Jadi, apakah teknologi bermanfaat di ruang kelas? Dan apakah hal ini dapat berperan penting dalam meningkatkan pembelajaran? Mari selami penelitiannya dan lihat pro dan kontranya…

Apa itu EdTech?

Teknologi pendidikan (Edtech) mengacu pada proses dan alat teknologi untuk meningkatkan pendidikan. Ini mencakup segala bentuk teknologi, mulai dari papan tulis interaktif hingga visualisator atau aplikasi. Tujuannya adalah untuk memberikan bentuk pembelajaran baru.

Apa yang dikatakan penelitian tentang Edtech?

Seperti kebanyakan hal di bidang pendidikan, terdapat perbedaan pandangan mengenai efektivitas Edtech. Penelitian menunjukkan bahwa staf percaya bahwa teknologi dapat meningkatkan komunikasi mereka dengan siswa dan mengurangi tekanan mengajar. Namun, mereka juga mempunyai kekhawatiran mengenai prestasi dan pengeluaran siswa.

Setiap orang mulai dari orang tua/wali, guru, profesional pendidikan hingga siswa sendiri ingin menemukan cara terbaik untuk belajar. Namun mengingat penggunaan teknologi di sekolah merupakan hal yang baru, apa saja pro dan kontranya?

7 kelebihan teknologi di kelas

1. Sikap dan keterlibatan siswa

Meskipun sejauh ini hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan teknologi modern di kelas, khususnya tablet, benar-benar dapat meningkatkan nilai, terdapat banyak bukti yang menunjukkan manfaat lain (yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai). Studi yang sama menemukan bahwa lebih dari sepertiga guru berpendapat bahwa teknologi kelas cenderung mendorong siswa untuk lebih mandiri dan menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif.

2. Bekerja dengan orang lain

Penelitian telah menunjukkan manfaat teknologi kelas pada aspek pembelajaran yang lebih bersifat sosial. Misalnya, bukti dari tinjauan literatur menemukan bahwa, seiring dengan meningkatnya keterlibatan siswa, tablet juga mempunyai efek positif pada kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam memecahkan masalah dan menguasai materi yang sulit. Tablet tidak hanya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar siswa, tetapi juga antara siswa dengan guru dan antar guru.

3. Meningkatkan berbagai keterampilan

Apakah teknologi benar-benar berdampak langsung terhadap pembelajaran? Studi survei besar di Quebec ini menemukan beberapa dampak utama penggunaan teknologi tablet: teknologi tablet memungkinkan guru dan siswa menjadi lebih kreatif, meningkatkan keterampilan TI (baik siswa maupun guru) dan menyediakan lebih banyak variasi sumber daya dan materi pembelajaran.

4. Teknologi untuk SEN

Keuntungan penting lainnya dari penggunaan teknologi seperti tablet di kelas adalah kemampuannya dalam membantu anak-anak berkebutuhan pendidikan khusus (SEN). Tablet dapat membantu pembelajaran anak-anak penderita SEN dengan berbagai cara, seperti membantu anak-anak tunanetra dan kesulitan belajar membaca dan menulis, atau meningkatkan keterampilan sosial dan organisasi bagi mereka yang mengalami gangguan tersebut, termasuk anak autis.

5. Mengurangi beban kerja guru

para guru melaporkan bahwa penggunaan tablet untuk pembelajaran memerlukan sedikit persiapan, dan hal ini membuat penilaian tugas kelas dan tugas menjadi lebih mudah. Jadi, jika digunakan dengan baik, teknologi mempunyai kapasitas untuk memberikan lebih banyak waktu untuk mengajar dan belajar, serta mengurangi beban kerja guru dan jam waktu perencanaan mereka.

6. Meningkatkan literasi digital

Laporan House of Lords menyatakan bahwa “Literasi digital harus menjadi pilar keempat pendidikan anak selain membaca, menulis, dan Matematika…”Melek teknologi adalah keterampilan penting untuk pembelajaran siswa dan karir masa depan. Mengintegrasikan teknologi sebagai bagian dari pendidikan mereka dapat membangun landasan bagi siswa untuk mendapatkan manfaat dalam jangka panjang.

7. Menjembatani kesenjangan

Terakhir, teknologi mempunyai kapasitas untuk menjembatani kesenjangan pencapaian yang mengkhawatirkan. Ini memiliki potensi untuk melakukan ini dalam dua cara. Yang pertama adalah bahwa teknologi memungkinkan untuk memperluas pembelajaran ke lingkungan rumah. Cara kedua bertumpu pada gagasan bahwa teknologi (seperti dalam bentuk tablet pribadi) dapat terus memberikan pengalaman belajar yang lebih personal baik di kelas maupun di rumah.

7 kontra teknologi di kelas

1. Terkait Biaya

Tentu saja, kelemahan utama teknologi di ruang kelas adalah biayanya. Misalnya, menggunakan tablet dengan kepemilikan pribadi dapat memberikan keuntungan yang besar namun juga biaya yang besar.

2. Teknologi = gangguan = beban kerja guru

Jujur saja: perangkat apa pun dengan koneksi internet berpotensi menimbulkan gangguan. Meskipun demikian, sebagai pendidik, apakah kita hanya mempersulit hidup kita sendiri? Apakah kita hanya menambah beban kerja pengelolaan kelas? Dan apakah itu sangat berharga?

3. Setiap orang membutuhkan kertas

siswa yang menulis catatan tangan di kelas memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konten dan berprestasi lebih baik dalam ujian dibandingkan siswa yang membuat catatan di laptop.

4. Efek Google

Hal ini diilustrasikan dengan baik oleh bias pemikiran tertentu yang disebut Efek Google. Ketika orang yakin bahwa informasi akan disimpan secara online atau disimpan secara elektronik, upaya mereka untuk mengingat informasi tersebut akan berkurang.

5. Ruang untuk berbuat curang

Akses terhadap teknologi berarti akses terhadap layanan pesan atau pencarian internet. Hal ini memungkinkan siswa untuk mencari di Google atau menanyakan jawaban teman-temannya atas pertanyaan tes atau cara menyelesaikan tugas.

6. Informasi palsu

Internet terbuka untuk hampir semua orang. Meskipun hal ini bermanfaat bagi banyak orang, hal ini juga memungkinkan orang memberikan informasi yang tidak akurat kepada orang lain. Penting bagi siswa untuk menyadari bagaimana mengidentifikasi sumber yang dapat dipercaya.

7. Logistik

Satu hal yang tidak pernah Anda lihat di video promo Edtech yang mewah adalah tekanan saat mengisi daya 30 tablet, Wi-Fi mati pada saat yang paling buruk, atau siswa lupa detail login mereka.

Zoomy Nur

Recent Posts

Mengungkap Rahasia Sukses di Dunia Hospitality, Seni Layanan dan Manajemen Perhotelan

Ilmu hospitality adalah disiplin yang berfokus pada seni layanan dan manajemen di sektor perhotelan dan…

11 hours ago

Kerja Hybrid Menjembatani Fleksibilitas dan Kolaborasi di Era Digital

Hai guys! Di era digital ini, dunia kerja terus berkembang dan beradaptasi dengan berbagai perubahan.…

11 hours ago

Aplikasi Terbaik untuk Membangun Kebiasaan Sehat untuk Menyehatkan Pikiran

Hal apa yang memotivasi anda untuk sehat mungkin berbeda dengan apa yang memotivasi orang lain.…

12 hours ago

Elephant Kind dari Musik Indie Pop Sederhana Menjadi Fenomena Musik Indonesia

Pernahkah kamu mendengar lagu "Better Days" atau "Akhirnya"? Jika ya, kamu pasti kenal dengan Elephant…

12 hours ago

Siapa yang Sebenarnya Anda Bicarakan Secara Online? Ini Penjelasan Teori Internet Mati

Pernahkah Anda merasa bahwa Anda tidak sedang berbicara dengan manusia secara online atau bahwa "orang"…

12 hours ago

Kekuatan Sambal dalam Masakan Khas Indonesia, Esensi Rasa Pedas yang Menggugah Selera

Sambal adalah salah satu komponen tak terpisahkan dari masakan Indonesia yang telah menjadi ciri khasnya.…

12 hours ago