Health

9 Kemenangan Tanpa Skala untuk Membuat Kamu Tetap Termotivasi

Kemenangan non-skala dihasilkan dari nutrisi, olahraga, dan perubahan gaya hidup lainnya. Dan  dapat dengan mudah luput dari perhatian jika menggunakan berat badan sebagai ukuran kesuksesan. Sembilan Kemenangan tanpa skala (NSV: Non Scala Victories) untuk tetap termotivasi:

1. Peningkatan Energi

Perhatikan perasaan anda saat berolahraga di siang hari dan makan makanan bergizi. Anda mungkin merasakan peningkatan tingkat energi anda. Peningkatan tingkat energi adalah salah satu manfaat utama menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Ketika anda merasa lebih energik, anda akan menjadi lebih produktif, mampu mengelola stres dengan lebih baik, dan melakukan lebih banyak hal yang anda sukai.

2. Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Pola makan yang lebih baik dapat membantu meningkatkan suasana hati anda. Karena dampaknya pada hal-hal seperti peradangan, gula darah, dan kesehatan usus. Pola makan Mediterania khususnya telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental dan penurunan depresi. Pola makannya kaya akan kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, serta membatasi daging merah dan gula tambahan. Olahraga juga meningkatkan kesehatan mental Anda dengan mengurangi stres, kecemasan, dan suasana hati negatif.

3. Peningkatan Tidur

Jika Anda berolahraga secara teratur dan memiliki pola makan yang sehat, kualitas tidur anda pasti akan lebih baik. Olahraga dapat membantu meringankan stres yang membuat anda terjaga di malam hari. Dan  juga membantu mengurangi masalah terkait tidur sehingga anda dapat mendapatkan istirahat yang cukup.

Makanan tertentu juga dapat menyebabkan tidur lebih buruk atau kurang, termasuk makanan tinggi natrium, makanan tinggi lemak dan tinggi gula, makanan dan minuman yang mengandung kafein, serta makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Anda juga harus mencoba menghindari makan dalam waktu tiga jam sebelum tidur. Selain itu, jika pola makan sehat dan olahraga anda berhasil menurunkan berat badan, hal ini dapat membantu anda tidur lebih nyenyak.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Menurunkan berat badan mengurangi tekanan pada persendian tubuh anda, terutama kaki dan punggung bagian bawah. Jika berat badan anda menurun seiring berjalannya waktu, nyeri sendi anda mungkin berkurang. Hal ini pada gilirannya akan memudahkan anda untuk berolahraga lebih banyak dan tetap sehat. Olahraga juga terbukti membantu mengendalikan kondisi nyeri kronis termasuk nyeri punggung bawah, fibromyalgia, dan osteoartritis.

5. Lebih Percaya Diri

Jika anda berkomitmen pada gaya hidup sehat dan tampil mandiri setiap hari, hal ini dapat berdampak signifikan pada tingkat kepercayaan diri anda. Berkomitmen untuk berolahraga secara teratur dapat membuat anda merasa kuat, bangga, dan mampu menaklukkan apa pun. Gaya hidup yang lebih sehat dapat membantu anda membangun rasa percaya diri yang lebih besar terhadap penampilan dan perasaan anda, serta menjadi lebih berani dalam melakukan apa yang dapat anda lakukan!

6. Anda Dapat Melakukan Lebih Banyak Hal yang Anda Sukai

Saat Anda merasa lebih kuat, lebih percaya diri, dan lebih energik, anda dapat melakukan lebih banyak hal yang Anda sukai. Jika Anda sudah menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, Anda mungkin akan menyadari bahwa kebiasaan baru Anda memudahkan Anda keluar dan melakukan hal-hal yang anda sukai, misalnya berkebun, bersepeda bersama teman, atau jalan-jalan ke tempat baru.

7. Peningkatan Kekuatan dan Daya Tahan

Kekuatan dan daya tahan tidak diukur dalam skala, namun keduanya sangat penting untuk kebugaran anda secara keseluruhan. Saat anda menjalani rutinitas kebugaran yang teratur, anda akan menyadari bahwa anda dapat mengangkat beban lebih berat (di dalam dan di luar gym). Tubuh anda dapat melakukan lebih banyak hal, dan anda dapat berolahraga lebih lama. Anda akan merasa lebih baik saat berolahraga atau berjalan-jalan, dan secara keseluruhan merasa lebih baik melakukan aktivitas dibandingkan saat Anda memulainya.

8. Kulit Lebih Bersih

Olahraga dapat membantu meningkatkan tampilan kulit anda dengan berbagai cara. Ini meningkatkan aliran oksigen ke kulit anda, yang meningkatkan elastisitasnya, mengurangi stres, yang dapat merusak kulit anda, meningkatkan produksi kolagen, dan meningkatkan pertumbuhan sel. Dalam hal pola makan, kebiasaan sehat termasuk asupan air yang cukup, peningkatan antioksidan dan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan polong-polongan yang kaya polifenol, serta probiotik, dapat meningkatkan kesehatan kulit anda.

9. Penanda Medis Membaik

Saat anda melakukan perubahan yang sehat pada pola makan dan rutinitas olahraga, penanda kesehatan penting seperti kolesterol, gula darah, dan tekanan darah mungkin menunjukkan perbaikan. Hal ini dapat membantu meyakinkan anda bahwa perubahan yang anda lakukan meningkatkan kesehatan anda dan juga dapat memotivasi anda untuk mengikuti rutinitas baru.

Siap melakukan beberapa perubahan yang sehat? Biarkan kemenangan non-skala ini membuat anda tetap termotivasi!

Zoomy Nur

Recent Posts

Smoothie dan Shake Sebagai Pembakar Lemak yang Efektif

Kami telah mengumpulkan minuman pembakar lemak terbaik sehingga anda dapat mengurangi berat badan yang tidak…

20 mins ago

Kevin Julio Mengenang Ayah Lewat Ikatan Pinggang Vintage

Kevin Julio ternyata masih memakai barang-barang peninggalan mendiang ayahnya, Asep Chandra Himawan, yang meninggal pada…

2 hours ago

Tissa Biani Tanggapi Kontroversi “Aura Magrib Fuji” dalam Podcast Deddy Corbuzier: Bercandaan Teman

Tissa Biani, artis yang baru-baru ini menjadi sorotan warganet setelah ikut berpartisipasi dalam podcast Deddy…

9 hours ago

Tengku Dewi Hadiri Sidang Cerai Meski Hamil Besar, Andrew Andika Absen Lagi

Tengku Dewi menghadiri sidang cerai dengan Andrew Andika di tengah kehamilannya yang sudah besar. Meskipun…

10 hours ago

Putus dari Muhammad Fardhana, Ayu Ting Ting Tetap Membuka Hati buat Pria Lain

Ayu Ting Ting menghadapi kenyataan pahit setelah hubungannya dengan Muhammad Fardhana berakhir. Meskipun keduanya sebelumnya…

11 hours ago

Ini Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Sebelum Menikah

Celebrithink.com - Menikah adalah langkah besar dalam kehidupan seseorang yang memerlukan persiapan matang, termasuk memastikan…

12 hours ago