Lifestyle

Perbedaan Tipis Antara Seorang Narsisis yang Sehat dan Tidak Sehat

Bisakah Anda tahan bersama seorang narsisis? “Narsisme” adalah istilah yang sering dilontarkan, namun penggunaannya yang umum dalam kencan dan hubungan modern sering kali tidak jelas atau tidak akurat. Kata tersebut tentu saja menimbulkan gambaran negatif! Namun, kita semua berada pada skala antara tidak mementingkan diri sendiri dan tidak arogan. Ketika kata narsisis digunakan dengan santai, kebanyakan orang merujuk pada sisi luar dari perilaku tersebut, dan bukan pada pola perilaku patologis yang mungkin mengarah pada diagnosis klinis Gangguan Kepribadian Narsistik (NPD).

 Anda akan mengalami kesulitan mengembangkan keintiman emosional, kepercayaan, dan kedekatan dengan seorang narsisis, karena mereka terlalu sibuk dengan diri mereka sendiri. Mereka mungkin memanfaatkan anda hanya untuk kepuasan diri sendiri, tidak pernah memberikan diri mereka sendiri, dan menjaga hubungan tetap tidak seimbang. Selain itu, mengingat narsisme dapat berubah menjadi psikopat atau sosiopat, hubungan dengan orang yang sangat narsistik dapat menimbulkan tantangan dan risiko serius.

Apa itu narsisme yang sehat vs. narsisme yang tidak sehat? Kita semua memiliki saat-saat ketika kita lelah, stres, atau marah. Kita semua bisa mementingkan diri sendiri hingga mengabaikan apa yang diinginkan, dibutuhkan, atau dirasakan orang lain. Dan kita semua bisa menjadi kritis dan bahkan kadang-kadang menyerang orang lain. Dan tentu saja, cinta diri yang sehat membantu kita menjadi optimis dan aman dalam menghadapi emosi ini dan emosi negatif lainnya. Namun, mereka yang memiliki gangguan kepribadian narsistik jauh melampaui keterlibatan diri yang normal.

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental dari American Psychiatric Association, Edisi Kelima (DSM-5), mendefinisikan NPD sebagai “sikap keagungan yang terus-menerus, keinginan yang terus-menerus untuk dikagumi, disertai dengan kurangnya empati, yang ditandai dengan adanya dari 5 dari 9 standar berikutnya: Logika tentang mementingkan diri sendiri, Keterikatan pada fantasi kesuksesan, kendali, kecemerlangan, keindahan, atau cinta yang indah tanpa batas, Keyakinan bahwa dia luar biasa. Keinginan untuk mengagumi tanpa alasan, Rasa berhak, Perilaku menindas secara interpersonal, Tidak ada bentuk empati, Kebencian terhadap orang lain atau keyakinan bahwa orang lain membenci dirinya.

Eksploitasi: Kesediaan untuk melakukan apa pun, termasuk berbohong dan memanipulasi, untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Hak: Suatu sikap bahwa anda atau dunia berhutang pada mereka, sering kali disertai dengan kemarahan.

Gangguan empati: Orang dengan NPD mungkin tampak berempati, tetapi ini adalah bentuk empati disfungsional yang tiba-tiba hilang ketika tidak sesuai dengan kebutuhannya atau ketika mereka sibuk dengan perasaannya sendiri.

Berikut 3 tanda yang tidak bisa Anda abaikan jika Anda curiga sedang berkencan dengan seorang narsisis, dan harus segera meninggalkan hubungan tersebut:

1. Anda mengalami pelecehan dalam bentuk apa pun

Tentu saja, hal ini berlaku untuk kekerasan fisik, namun kekerasan psikologis dalam bentuk apa pun juga tidak boleh ditoleransi. Perilaku mereka mungkin berupa kritik tanpa henti, terus-menerus menjatuhkan anda dengan hinaan dan sikap merendahkan, mengumpat, menyebut Anda gila, atau menyulut anda. Menghentikan perilaku ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab mereka, bukan anda. Hal serupa juga terjadi pada pemukulan, dorongan, atau ancaman kekerasan. Jika pasangan anda tidak mengakhiri pelecehannya, anda tidak akan bisa memiliki hubungan yang sehat.

2. Mereka menyangkal perilaku mereka

Orang ini setidaknya harus bisa mengakui ada sesuatu yang salah, meskipun itu hanya pengakuan sederhana seperti “Saya rasa saya butuh bantuan”. Jika orang tidak bisa mengenali masalahnya, maka mereka tidak akan pernah menjadi lebih baik.

3. Mereka menunjukkan tanda-tanda psikopat

Pola kebohongan dan tipu daya yang dingin dan tanpa belas kasihan ini mungkin mengisyaratkan tidak hanya lemahnya empati, namun juga tidak adanya empati. Kemungkinan seorang narsisis psikopat (sering disebut “narsisis ganas”) untuk memperbaiki perilakumereka sangat kecil kemungkinannya. Jika ini masalahnya, inilah waktunya untuk melarikan diri! Kesombongan narsistik dan permusuhan dari pasangan bisa memunculkan sisi terburuk dalam diri siapa pun.

Zoomy Nur

Recent Posts

Ajukan Gugatan Cerai Terhadap Sexy Goath, Juliette Angela Ingin Dapatkan Hak Asuh Anak

Penyanyi keroncong Juliette Angela, yang dikenal dengan nama JLo, telah mengajukan beberapa poin tuntutan dalam…

3 hours ago

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

4 hours ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

5 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

6 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

7 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

8 hours ago