Sport

10 Alasan Berolahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Olahraga dapat meningkatkan setiap aspek kehidupan Anda. Olahraga teratur telah terbukti berkali-kali sebagai salah satu hal paling sederhana dan terpenting yang dapat dilakukan siapa pun untuk menciptakan kesehatan manusia, umur panjang, dan kekuatan otak. Namun seperti yang ditunjukkan oleh tren keanggotaan gym dari tahun ke tahun, hal ini juga tampaknya menjadi kebiasaan yang paling sulit untuk dikembangkan dan dipertahankan secara teratur.

Berikut 10 alasan berolahraga yang meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran:

1. Kesabaran

Dunia modern, melatih kita untuk mendapatkan kepuasan instan dan mengotomatiskan segalanya Jika anda terbiasa mengharapkan perubahan dan manfaat dalam seminggu, anda sedang menghadapi frustrasi kronis dan kehidupan biasa-biasa saja. Tetap terlibat dengan olahraga membuat anda tetap berpegang pada ritme kehidupan yang sebenarnya. Ini mengingatkan anda bahwa hal-hal terbaik tumbuh seiring waktu dan memerlukan perawatan teratur, seperti taman.

 Hidup terjadi, dan segala sesuatunya jarang berjalan sesuai rencana. Apa yang anda pikir akan memakan waktu 2-3 bulan atau mungkin lebih lama. Untuk menang dan merasa puas dalam permainan panjang, Anda harus tetap fleksibel (secara mental dan fisik) dan membiarkan hidup berjalan sesuai waktunya. Ini tidak berarti anda tidak boleh mengambil tindakan secara konsisten. Itu hanya berarti anda perlu menyesuaikan ekspektasi anda dan tetap terlibat tanpa menyerah. Kesabaran akan membuahkan hasil selamanya.

2. Mengatasi pikiran Anda

Ini mungkin merupakan batu sandungan terbesar bagi siapa pun yang memulai rutinitas olahraga. Otak anda sebenarnya tidak ingin berubah. Itu dibuat untuk melindungi anda dan beroperasi dalam batas-batas yang dipelajari. Tindakan melakukan olahraga teratur saja sudah merupakan kemenangan besar. Ini adalah tindakan perlawanan terhadap kemalasan mental dan batas-batas zona nyaman yang menyesakkan. Anda harus selalu mendengarkan dan menyesuaikan intensitas latihan anda dengan umpan balik yang diberikan tubuh anda. Maka   penting bagi anda untuk jujur ​​pada diri sendiri mengenai hal tersebut, dan melawan malas yang ada di dalam diri Anda.

3. Menumbuhkan kedisiplinan

Untuk memperluas cara mengatasi pikiran Anda, berolahraga akan memupuk disiplin. Disiplin adalah kualitas ketabahan dan konsistensi yang membuat anda tetap berpegang pada rutinitas, atau rencana jangka panjang, dan mengatasi berbagai hal bahkan ketika anda sedang tidak ingin melakukannya. Kebanyakan orang duduk menunggu motivasi untuk membantu mereka mencapai sesuatu. Tapi motivasi datang dan pergi. Disiplin adalah pekerja keras yang bekerja keras dan menyelesaikan pekerjaan, apa pun yang terjadi. Sifat disiplin sangat berharga dan dibangun seiring berjalannya waktu dengan terus melatih mengatasi pikiran Anda.

4. Keintiman yang lebih baik

Olahraga meningkatkan kehidupan cinta anda dalam banyak hal. Kita tidak sering menganggapnya sebagai kebugaran, tetapi keintiman yang baik membutuhkan daya tahan kardiovaskular, sedikit fleksibilitas, dan kekuatan secara umum. Jika Anda ingin membuatnya bertahan lebih lama, lebih intens, dan lebih menarik, olahraga adalah cara terbaik untuk mencapainya. Berolahraga juga meningkatkan libido anda dan membuat anda lebih sering mendambakan keintiman, sehingga menghasilkan inisiatif untuk mewujudkannya.

5. Mobilitas yang lebih baik

Mobilitas mencakup kemampuan, fleksibilitas, dan bebas rasa sakit. Merasakan rasa sakit terus-menerus sepanjang hari mengganggu alur pemikiran dan kenikmatan, serta membuat anda lebih mudah tersinggung, sehingga menurunkan kualitas hidup dan hubungan anda. Begitu banyak rasa sakit dan ketegangan yang mengganggu hidup kita dapat dihilangkan atau dikurangi secara signifikan melalui olahraga dan beberapa pekerjaan mobilitas ringan.

6. Kapasitas kekuatan yang lebih besar dalam hidup

Saat Anda menjadi lebih kuat secara fisik secara bersamaan juga menjadi lebih kuat secara emosional dan mental. Olahraga tidak hanya membantu menghilangkan stres yang menumpuk dalam hidup, tetapi juga membangun segala jenis ketangguhan. Ketika pikiran Anda telah dilatih untuk menjadi tangguh, fleksibel, dan disiplin, anda berjalan dengan keyakinan alami bahwa Anda mampu melewati apa pun.

7. Membuktikan pada diri sendiri bahwa anda bisa maju

Berolahraga memberikan pengingat terus-menerus bahwa anda dapat tumbuh dan berubah jika anda berusaha. Ini memberi anda sesuatu yang terukur untuk meningkatkan kepercayaan diri  dan mendorong kemajuan anda. Realisasi dari pola pikir menyeluruh tentang “Saya hanya sebatas apa yang saya katakan pada diri saya sendiri” sangatlah melegakan. Komitmen untuk berolahraga, dan mengembangkan kemampuan atletik anda, menjaga semangat anda tetap lentur dan mencegah semua perasaan tidak enak itu memadat menjadi cangkang yang membatasi.

8. Kesehatan mental

Kualitas pikiran dan suasana hati anda (psikologi) sangat dipengaruhi oleh fisiologi anda. Olahraga memicu gelombang bahan kimia “merasa nyaman” seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Ini meningkatkan suasana hati anda, membuat anda merasa bahagia, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan fungsi kognitif anda. Ini mengubah cara anda berpikir dan mengambil Keputusan.

9. Kualitas hidup yang lebih tinggi di tahun-tahun berikutnya

Pekerjaan yang anda lakukan sekarang akan menjadi pembeda dari orang lain dan menjadi orang yang aktif dan sehat. Begitu banyak orang menghabiskan tahun-tahun terbaik mereka dengan bekerja keras agar mereka dapat merasakan kebebasan di akhir hidup mereka. Namun gaya hidup ini akan menyebabkan kerusakan baik jasmani maupun rohani. Kualitas hidup anda tidak hanya menurun karena kesehatan Anda, tetapi juga kesadaran yang menghantui.

10. Menangkal penyakit degeneratif

Menurut ilmu saraf modern, olahraga adalah pertahanan terbaik melawan penyakit degeneratif dan penurunan kognitif, seperti Parkinson, Alzheimer, dan banyak lainnya. Hal ini karena berolahraga membangun korteks prefrontal dan hipokampus di otak, yang merupakan wilayah kunci yang terlibat dalam pemikiran, memori, dan perasaan diri Anda. Jadi kemampuan Anda untuk mengambil keputusan, menjaga diri sendiri, dan secara umum menikmati hidup, sangat dipengaruhi oleh olahraga.

Zoomy Nur

Recent Posts

Ini Tips Merawat Pemutar Kaset agar Awet Digunakan

Pemutar kaset merupakan alat yang penting untuk menikmati musik dari koleksi kaset pita kamu. Agar…

10 mins ago

Mudahnya Mengecek Tagihan Listrik dari Rumah

Di era modern ini, segala sesuatu menjadi lebih mudah. Mulai dari memesan makanan, membeli baju,…

34 mins ago

Resep Membuat Salad Ayam Cincang yang Mudah dan Praktis

Salad ayam cincang yang mudah ini adalah resep makan siang yang ringan namun mengenyangkan dengan…

50 mins ago

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

10 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

10 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

10 hours ago