Edukasi

Tanda Kamu Sangat Cerdas Menurut Para Ahli, Bagaimana dengan Kamu?

Ini semua tentang bersikap fleksibel dalam berpikir Anda. Ketika Anda memikirkan orang-orang yang sangat cerdas, kemungkinan besar, tipe-tipe tertentu akan terlintas dalam pikiran Anda. Misalnya, orang yang sepertinya mengetahui fakta acak tentang segala hal, atau orang yang memecahkan persamaan matematika di kepalanya secepat kilat. Namun kenyataannya, Anda tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk dianggap sebagai orang yang sangat cerdas. Faktanya, kata para ahli, ada hal lain yang lebih penting dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

“Orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mampu mengelola emosi secara efektif,” Dr. Catherine Jackson, psikolog klinis berlisensi dan bersertifikat dewan ahli saraf, kata Bustle. “Singkatnya, mereka memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk namun tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional.”

Menurut Jackson, orang yang sangat cerdas tidak sering menganggap dirinya seperti itu. Nah berikut beberapa ciri orang cerdas menurut para ahli.

1. Anda Berempati dan Penuh Kasih

“Ada korelasi antara kecerdasan emosional yang tinggi dan IQ yang tinggi dalam penilaian psikologis,” Christine Scott-Hudson, psikoterapis berlisensi dan pemilik Create Your Life Studio, mengatakan kepada Bustle. “Kita tahu bahwa semakin tinggi skor seseorang dalam sifat empati, semakin tinggi pula skor orang tersebut dalam pemahaman verbal yang efektif.” Dengan kata lain, empati yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional dan pemahaman yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif saling berkaitan. Jadi jika anda memimpin dengan hati, kata Scott-Hudson, ada kemungkinan anda juga memimpin dengan pikiran.

2. Anda Penasaran dengan Dunia

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa orang yang sangat cerdas suka membaca. Namun menjadi pintar bukan berarti mampu membaca sejumlah buku dalam sehari. Ini tentang memiliki rasa ingin tahu tentang apa saja. “Orang-orang cerdas memanfaatkan minat mereka dan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika,” kata Scott-Hudson. Mereka suka belajar tentang orang lain, budaya, hewan, sejarah, dan dunia pada umumnya. Meskipun gemar membaca belum tentu merupakan tanda kecerdasan, hal ini menunjukkan bahwa Anda suka belajar dan memiliki rasa ingin tahu.

3. Anda jeli

Orang terpintar di ruangan itu tidak selalu yang paling berisik. “Di dunia di mana orang-orang berbicara untuk membuktikan siapa diri mereka, orang-orang yang sangat cerdas justru sebaliknya,” kata Jackson. Daripada membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benarnya pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan jeli. Ketika Anda memiliki kemampuan untuk menerima semuanya, Anda dapat melihat hal-hal yang terlewatkan oleh orang lain, seperti pola yang halus.

4. Anda Memiliki Pengendalian Diri

Memiliki pengendalian diri berarti Anda dewasa. Anda tahu cara mengendalikan emosi dan dorongan hati agar tidak menimbulkan kerugian. Menurut Jackson, memiliki pengendalian diri merupakan tanda kecerdasan karena itu berarti Anda lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak. “Ketika [orang-orang ini] mengalami ketidaknyamanan dalam hidup mereka, mereka juga berupaya memecahkan masalah tersebut dan mengurangi ketidaknyamanan tersebut dengan cepat,” katanya.

5. Anda Memiliki Kerja Memori yang Baik

“Ingatan yang baik dan kecerdasan umum sangat berkorelasi,” kata Jackson. Ketika Anda memiliki kerja memori yang baik, ini berarti Anda memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, kemampuan untuk fokus dan memperhatikan. Ini juga berarti Anda memiliki fleksibilitas kognitif, dan dapat dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lainnya.

6. Anda Mengenali Batasan Anda

Orang yang sangat cerdas tidak berusaha bertindak seolah-olah mereka mengetahui segalanya. Faktanya, tanda kecerdasan adalah mengenali fakta bahwa Anda tidak mengetahui segalanya. “Jika mereka tidak bisa melakukan sesuatu, mereka tidak akan mencoba dan bertindak seolah-olah mereka bisa,” kata Jackson. “Sebaliknya mereka tahu batasannya dan bisa mengakuinya. Hal ini memungkinkan mereka untuk terbuka untuk belajar lebih banyak dari orang lain dan/atau situasi.”

7. Anda Suka Mengikuti Arus

Orang terpintar tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Jika Anda tahu bagaimana menjadi fleksibel dan mengikuti arus, ada kemungkinan anda sangat cerdas. “Daripada bersikap kaku terhadap apa yang harus terjadi, mereka tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka, dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan, apa pun yang terjadi,” kata Jackson. Ini pada dasarnya menunjukkan bahwa Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi dengan cepat.

Zoomy Nur

Recent Posts

Bukan Pacar, Billy Syahputra Bakal Bawa Orang ini Untuk Menemani ke Pernikahan Chand Kelvin

Billy Syahputra, presenter yang dikenal sebagai sahabat dekat Chand Kelvin, menyambut gembira akan pernikahan sahabatnya…

12 mins ago

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Celebrithink.com - Menjaga kebersihan gigi tentu penting, tapi terkadang karang gigi tetap bisa muncul. Melansir…

2 hours ago

Zodiak yang Cocok Berpasangan dengan Cancer

Cancer, yang dilambangkan dengan kepiting, dikenal sebagai salah satu zodiak yang paling emosional, intuitif, dan…

7 hours ago

Suka Menaruh Tanaman di Kamar? Ternyata Ada Fungsinya Lho

Menempatkan tanaman hias di dalam kamar tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat…

7 hours ago

7 Langkah Ampuh untuk menjadi Pendengar yang Terbaik

Tidak ada orang yang terlahir untuk mengetahui cara berkomunikasi dengan baik. Anda bisa terus menjadi…

7 hours ago

Aktivitas Weekend yang Cocok Dilakukan Bersama Si Cancer

Cancer dikenal sebagai zodiak yang penuh perhatian, emosional, dan menyukai kenyamanan. Mereka cenderung menikmati waktu…

7 hours ago