Health

Cara Mengenali Sosiopat atau Narsisis Secara Instan

Bertindak secara emosional dapat mengindikasikan masalah kesehatan mental yang lebih kompleks. Seorang yang baru saja bercerai atau putus cinta akan membicarakan mantannya dan dengan pedas menggambarkannya sebagai “sosiopat” atau “narsisis”. Mungkin diperlukan pembenaran untuk melabeli mantan dengan cara seperti ini, tapi apa untungnya?. Orang yang pernah jatuh cinta mengalami emosi yang ekstrem saat menghadapi perceraian atau putus cinta.

Mereka bertindak dengan cara yang tidak selaras dengan kepribadian bawaan mereka. Mereka bertindak seperti ini karena balas dendam, kemarahan, dan rasa sakit. Dan tindakan menyebut nama mungkin bisa menjadi cara untuk menghilangkan perasaan ini. Apakah mantan anda seorang sosiopat atau narsisis, atau apakah mereka bertindak secara emosional? Seseorang dapat mengalami ciri-ciri kepribadian ini selama perubahan hidup yang penuh tekanan dan kemudian kembali normal setelah stresnya hilang.

Berikut cara mengenali sosiopat atau narsisis secara instan:

1. Bagaimana Anda tahu bahwa mereka adalah sosiopat?

Jika mereka adalah seorang sosiopat sejati, pasti ada tanda-tanda peringatan di awal hubungan anda. Sosiopat ahli dalam penipuan. Misalnya, mereka mungkin berbohong tentang pekerjaan, keuangan, atau keluarga. Mereka mungkin tidak memiliki hubungan dekat dengan banyak orang. Seorang sosiopat tidak begitu peduli terhadap perasaan, keinginan, atau kebutuhan orang lain. Tujuan utama mereka adalah mendapatkan apa yang mereka inginkan, terlepas dari bagaimana hal itu dapat merugikan orang lain.

Mereka mungkin sangat menawan dan karismatik, itulah cara seorang sosiopat memenangkan cinta dan kasih sayang targetnya. Mereka tahu cara berperan sebagai korban sehingga tidak ada kesalahan mereka dan punya cara untuk memutarbalikkannya sehingga anda yakin itu adalah kesalahan anda. Seorang sosiopat terus-menerus menciptakan kebohongan yang keterlaluan tentang pengalaman masa lalunya dan orang lain. Jika mantan Anda adalah seorang sosiopat, anda akan melihat sejarah cerita mereka yang dibuat-buat dan bertanya-tanya bagaimana anda bisa mempercayai kebohongan-kebohongan yang tidak masuk akal itu.

2. Bagaimana Anda tahu mereka seorang narsisis?

Jika mereka seorang narsisis, mereka akan sangat puas dengan atribut mental dan penampilan fisik mereka. Orang narsisis sangat angkuh dan egois. Mereka membutuhkan persetujuan dan pujian dari semua orang di sekitar mereka dan akan mudah terpengaruh oleh kritik sekecil apa pun yang mereka terima. Sama seperti sosiopat, mereka tidak akan menyesal telah menyakiti orang lain. Karena mereka tidak punya hati nurani, mereka mungkin sukses dalam bisnis yang mengutamakan perilaku kejam agar bisa maju.

 Seorang narsisis akan menemukan cara untuk menghukum mereka yang menolaknya. Mereka terus-menerus mencari pengakuan dari orang lain dan sering merendahkan orang lain untuk meningkatkan ego mereka. Mereka kecanduan sorotan dan memiliki kebutuhan yang tak terpuaskan untuk diakui atas setiap pencapaiannya. Karena orang narsisis membutuhkan kepastian terus-menerus, mereka cenderung putus asa saat bercerai. Mereka tidak akan menghormati batasan. Mereka bersedia melanggar hukum dan menyakiti orang lain, apa pun konsekuensinya.

3. Apa perbedaan sosiopat dan narsisis?

Seorang narsisis perlu diakui oleh orang lain, sedangkan sosiopat tidak. Seorang sosiopat akan mengeksploitasi orang lain karena menganggapnya lucu, sedangkan seorang narsisis hanya mengeksploitasi orang yang mereka yakini sebagai ancaman. Jika anda berurusan dengan sosiopat, berhentilah memainkan permainannya. Mereka senang menekan tombol Anda hanya untuk bersenang-senang melihat Anda menggeliat.

Jika anda berurusan dengan seorang narsisis, jangan memenuhi egonya dan hindari menjadi mangsa jebakannya. Sekalipun mantan anda bukan seorang sosiopat atau narsisis, perceraian dan putus cinta akan mendatangkan malapetaka pada emosi Anda. Orang yang tetap tenang biasanya lebih unggul dalam proses perceraian dan putus cinta. Selama masa kekacauan ini, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadwalkan janji temu dengan seorang profesional yang dapat membantu Anda melampiaskan rasa frustrasi dan membuat keputusan yang rasional.

Zoomy Nur

Recent Posts

Bukan Pacar, Billy Syahputra Bakal Bawa Orang ini Untuk Menemani ke Pernikahan Chand Kelvin

Billy Syahputra, presenter yang dikenal sebagai sahabat dekat Chand Kelvin, menyambut gembira akan pernikahan sahabatnya…

11 mins ago

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Celebrithink.com - Menjaga kebersihan gigi tentu penting, tapi terkadang karang gigi tetap bisa muncul. Melansir…

2 hours ago

Zodiak yang Cocok Berpasangan dengan Cancer

Cancer, yang dilambangkan dengan kepiting, dikenal sebagai salah satu zodiak yang paling emosional, intuitif, dan…

7 hours ago

Suka Menaruh Tanaman di Kamar? Ternyata Ada Fungsinya Lho

Menempatkan tanaman hias di dalam kamar tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat…

7 hours ago

7 Langkah Ampuh untuk menjadi Pendengar yang Terbaik

Tidak ada orang yang terlahir untuk mengetahui cara berkomunikasi dengan baik. Anda bisa terus menjadi…

7 hours ago

Aktivitas Weekend yang Cocok Dilakukan Bersama Si Cancer

Cancer dikenal sebagai zodiak yang penuh perhatian, emosional, dan menyukai kenyamanan. Mereka cenderung menikmati waktu…

7 hours ago