Edukasi

Wanita Mempunyai Kebiasaaan Cerdas Mengelola Finansial

Mengelola finansial tidak semua orang bisa melakukan dengan baik. Perlu kecerdasan yang cara tertentu untuk membiasakan diri untuk disiplin dalam mengelola finansial/ keuangan. Dibawah ini beberapa kebiasaan Wanita dalam cerdas mengelola finansial:

1. Anggaran Setiap Minggu

Ini adalah sesuatu yang baru saja saya mulai lakukan! Dengan dimulainya tahun baru dan tujuan saya untuk melunasi pinjaman saya dengan cepat, saya tahu saya ingin membuat bagan yang mencatat semuanya. Menggunakan bagan Excel adalah cara terbaik untuk melakukannya karena rumusnya akan terisi secara otomatis! Saya ingin mengarahkan Anda ke jalur yang benar, jadi saya ingin membuat lembar anggaran gratis yang dapat Anda gunakan! Saya sarankan mulai dari sini dan kemudian beralih ke bagan Excel di mana Anda dapat menghitung semuanya.

2. Menjaga Pengeluarannya Tetap Terkendali

Ini mungkin tips paling penting di sini. Anda tidak bisa cerdas secara finansial jika Anda tidak punya uang!! Ini adalah tip yang saya pelajari dengan sangat cepat dan harus saya periksa agar saya berhasil. Ibuku selalu menjadi penganggaran yang luar biasa karena dia harus menghidupi dirinya sendiri, saudara perempuanku, dan aku sendiri. Beberapa tips yang saya bagikan di sini adalah hal-hal yang dia ajarkan kepada saya saat tumbuh dewasa! Ini adalah beberapa tips bagaimana mengendalikan pengeluaran yang telah saya pelajari/terapkan selama setahun terakhir. Hal pertama yang penting banget adalah perhatikan pembelanjaan pada barang-barang yang INGIN dan bukan KEBUTUHAN.

3. Memiliki Rencana untuk Utangnya

Bagian postingan ini adalah bagian yang secara metaforis menusuk perut Anda. Jika Anda berusia 20-an dan tidak mempunyai hutang. Hal terpenting yang harus dilakukan ketika Anda berhutang adalah memiliki rencana pembayaran! Saya memiliki setiap dolar yang saya hasilkan dari pekerjaan sampingan saya tahun ini untuk digunakan sebagai hutang pinjaman mahasiswa saya. Saya juga membuat rencana pengeluaran (yang saya sebutkan sebelumnya) dan di dalamnya saya memutuskan pendapatan tambahan dari gaji saya (yang tidak digunakan untuk sewa, tagihan, atau barang lainnya) akan dimasukkan ke dalam tabungan saya. Dengan cara itu saya membangun tabungan saya dan juga melunasi hutang saya! Alasan saya mencoba melakukan keduanya adalah jika terjadi sesuatu, seperti 1) Saya dipecat dari pekerjaan saya dan 2) Saya tidak dapat bekerja lagi, saya akan mendapat perlindungan.

4. Menambahkan Uang yang Belum Terpakai ke Tabungannya

Saya mendengarkan podcast yang luar biasa tentang menabung dan wanita yang mereka wawancarai memberikan tip yang sangat luar biasa. Dia mengatakan bahwa berapa pun uang yang anda keluarkan, totalkan semuanya selama sebulan dan tambahkan langsung ke tabungan Anda! Awalnya aku berpikir bahwa aku tidak pernah punya uang seperti itu, tapi ternyata aku salah.

5. Tidak Sering Makan di Luar

Saya menambahkan ini sebagai tip tersendiri. Dalam hal menabung, ini adalah salah satu hal utama yang harus dihentikan membeli untuk menghemat uang! Makan di luar mencakup segala sesuatu yang melibatkan anda mengeluarkan uang untuk makanan atau minuman.

6. Cerdas dalam Penggunaan Kartu Kredit

Kredit adalah salah satu hal yang penting bagi saya sejak tahun pertama saya kuliah. Saya akhirnya mengunduh kredit  dan menyadari bahwa kredit saya jauh lebih rendah dari yang saya inginkan! Saya mendaftar untuk mendapatkan kartu kredit pertama saya. Saya segera mengetahui bahwa membeli barang dan segera melunasinya tidaklah penting! Mengelola kredit itu sendiri adalah sebuah permainan. Anda harus memastikan untuk hanya menggunakan sekitar 10% dari batas Anda ATAU pastikan untuk melakukan pembayaran yang konsisten dari waktu ke waktu.

7. Memiliki Berbagai Aliran Pendapatan

Setiap wanita yang paham uang memiliki sumber pendapatan tambahan. Di zaman sekarang dimana biaya hidup terlalu tinggi untuk sebagian besar posisi, Anda hampir perlu memiliki sumber pendapatan tambahan hanya untuk bertahan hidup. Saya menyadarinya dengan SANGAT cepat dan saat ini saya sedang mencoba mencari dua atau tiga ide penghasilan tambahan untuk diri saya sendiri! Saya lebih tertarik pada investasi/saham dan ini adalah dua cara hebat untuk menghasilkan lebih banyak uang sampingan.

8. Tabungan untuk Pensiun

Salah satu persyaratan utama yang saya miliki ketika mencari pekerjaan penuh waktu adalah memastikan paket tunjangan saya! Meskipun secara pribadi saya takut perubahan iklim akan menghancurkan dunia sebelum saya bisa pensiun (bercanda tapi tidak). Saya tahu pada akhirnya dana ini mungkin akan menjadi dana kuliah anak saya di masa depan, tetapi saat ini senang rasanya memikirkan saya akan bisa pensiun suatu hari nanti.

Zoomy Nur

Recent Posts

Ilmu Kosmologi, Memahami Asal-usul dan Evolusi Alam Semesta

Ilmu kosmologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari asal-usul, struktur, evolusi, dan nasib alam semesta…

6 mins ago

Jurus Jitu Mempengaruhi Orang Lain dengan Cara Positif

Di era digital yang serba cepat ini, kemampuan untuk berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain menjadi…

46 mins ago

Ilmu Planetarium, Memahami Tata Surya dan Benda Langit Lain

Ilmu Planetarium adalah bidang studi yang berkaitan dengan pemahaman tentang Tata Surya, benda langit, dan…

1 hour ago

5 Hal Menakjubkan yang Dapat Dilakukan Di Bandung, Indonesia

Dengan aktivitas off-road, kesempatan untuk mengenal penduduk setempat, makanan lezat, dan pemandangan menakjubkan, ada beberapa…

1 hour ago

Rekomendasi Film tentang Pendidikan yang Menginspirasi

Di era digital yang serba cepat ini, film Pendidikan menjadi salah satu media edukasi dan…

1 hour ago

Tanda-Tanda Masalah Kepercayaan sedang Terjadi dalam Diri Kamu

Terkadang, anda hanya perlu percaya bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan — seperti yang pernah…

2 hours ago