Edukasi

Permainan Pikiran yang Menyedot Energi, yang Dimainkan Pria Narsis dalam Sebuah Hubungan

Jika permainan ini muncul dalam hubungan anda, anda harus pergi. Seorang narsisis biasanya cukup menawan dan cerdas, sering kali membuat permainan pikiran narsistik sulit dikenali. Orang narsisis menjanjikan anda matahari, bulan, dan bintang. Mereka tahu cara menekan tombol anda sedemikian rupa sehingga mereka ‘menjebak’ anda di dunianya sehingga anda melakukan apa yang mereka inginkan.

Saat anda berhenti melakukan apa yang mereka inginkan, mereka menjadi marah. Ketika anda memilih untuk meninggalkan hubungan, mereka membuang anda dan memberi tahu semua orang bahwa mereka menjadi korban anda. Jangan pernah membuat kesalahan dengan berpikir bahwa anda dapat mengubah seorang narsisis atau membantu mereka berhenti memainkan permainan pikiran narsistik kecuali anda adalah seorang terapis terlatih dan mereka telah mencari anda secara langsung untuk membantu mereka mengatasi gangguan mental ini. Jangan salah, ini adalah gangguan kepribadian dan mental, dan jika diperlukan, mereka bisa mendapatkan bantuan dari ahli kesehatan mental, tetapi hanya jika mereka menginginkan bantuan tersebut.

Berikut adalah 3 permainan pikiran yang menyedot jiwa yang dimainkan semua pria narsistik dalam hubungan:

1. Meningkatnya rasa mementingkan diri sendiri.

Berikut ini skenarionya: Seorang wanita bertanya kepada seorang pria apakah pria itu ingin berlibur bersamanya. Pria itu menjawab, “Apakah anda tahu apa yang akan terjadi jika saya meninggalkan pekerjaan saya saat ini?” Orang narsisis percaya bahwa seluruh dunia akan berantakan tanpa mereka, atau setidaknya mereka ingin anda mempercayai hal ini. Umumnya, ketika mereka berbicara, akan banyak yang mencemooh, membual tentang apa yang mereka beli selanjutnya, atau ke mana mereka pergi, apa yang mereka lakukan, dengan siapa, berapa banyak uang yang mereka keluarkan. Jarang sekali mereka menanyakan pertanyaan tentang anda atau kehidupan Anda. Keseluruhan percakapan biasanya hanya sepihak dan tentang mereka serta pencapaian mereka. Mereka cenderung terlihat sombong dan sok. Jika pelayan tidak langsung mendudukkan mereka, mereka menjadi tidak sabar dan bahkan mungkin marah — meskipun tempatnya sangat sibuk! Orang narsisis mungkin berpikir, “Tidakkah mereka menyadari siapa saya!?”

2. Tidak memiliki empati.

Berikut ini skenarionya: Seorang wanita menceritakan kepada pria tersebut tentang seorang teman kuliahnya yang mengalami kesulitan dengan diagnosis kanker. Pria itu menjawab, “Ya, benar. Dia merokok selama sepuluh tahun sebelum berhenti. Apa yang dia harapkan?” Di sini, dia tidak memiliki empati. Namun, yang lebih parahnya adalah sikap meremehkan orang tersebut ketika ia sudah terpuruk. Ini adalah tanda peringatan besar bahwa anda bersama seorang narsisis. Meremehkan orang lain membuat orang narsisis merasa lebih baik tentang dirinya sendiri. Mereka mempunyai perasaan rendah diri yang mendalam, meskipun mereka bertindak lebih tinggi dari orang-orang di sekitar mereka di saat marah.

3. Bersikap kritis untuk menutupi rendahnya harga diri mereka.

Berikut skenarionya: Seorang wanita yang menjadi pelatih pribadi dengan penuh kasih menyarankan cara yang lebih efektif untuk melakukan sit-up karena dia tahu pria tersebut menginginkan tubuh yang kencang dan tahu bahwa dia melakukan sit-up dengan cara yang tidak benar. Pria itu menjawab, Apa yang kamu bicarakan? Aku melakukannya dengan sempurna, dan selain itu, aku bahkan tidak perlu melakukannya sama sekali. Aku tampak hebat untuk pria seusiaku. Sekali lagi, di sini kita melihat seseorang yang narsis, alih-alih merespons dengan cara yang menunjukkan minat dan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan, si narsisis justru merespons dengan cara yang kritis, menyakitkan, dan merendahkan. Ini adalah perilaku khas narsisis.

Zoomy Nur

Recent Posts

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

15 mins ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

44 mins ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

55 mins ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

1 hour ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

1 hour ago

Mengajarkan Meditasi pada Anak, Manfaat dan Cara yang Efektif

Meditasi bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat positif bagi perkembangan…

2 hours ago