Lifestyle

Kode Hidup yang Akan Membuat Kamu Lebih Sukses dari Pesaingmu

Ingin maju dalam hidup? Gunakan beberapa peretasan kehidupan untuk melakukan hal itu. Meskipun banyak orang yang tidak peduli untuk bersaing dengan orang lain, tidak mungkin untuk tidak membandingkan diri anda dengan orang lain. Kita semua ingin menjadi unik dan berada dalam kategori kita sendiri. Dan karena memikirkan persaingan adalah naluri kuat yang kita semua miliki sejak lahir, bila digunakan dengan tepat, naluri kompetitif tersebut dapat membantu mendorong anda untuk terus menjadi lebih baik.

Berikut 14 kode hidup yang akan membuat anda lebih sukses dari pesaing anda:

1. Merasa nyaman dengan kegagalan

Kebanyakan orang berpikir bahwa kegagalan adalah kebalikan dari kesuksesan. Namun, ternyata tidak. Kegagalan adalah prasyarat kesuksesan. Jika anda terus-menerus gagal dalam hal yang sama, cepat atau lambat Anda akan mencapai kesuksesan. Namun jika anda meremehkan atau takut gagal, anda tidak akan mencoba, dan anda akan kalah. Itulah mengapa penting untuk merasa nyaman dengan kemungkinan kegagalan, atau setidaknya bersikap netral terhadap hal tersebut.

2. Ubah identitas anda

“Saya tipe orang yang memesan salad ketika orang lain memesan burger,” lalu bertindak sesuai identitas anda. Saat anda mencoba memberi tahu alam bawah sadar bahwa anda menentang identitas anda, dan hal itu tidak akan pernah berhasil dalam jangka panjang. Ketika anda berubah sebagai pribadi yang baru, barulah anda dapat berulang kali melakukan tindakan baik.

3. Mainkan permainan uang tanpa batas

Tidak apa-apa untuk memiliki pekerjaan. Namun pekerjaan mempunyai batasan tertentu — majikan anda tidak akan pernah membayar anda terlalu tinggi. Sebaliknya, membangun bisnis tidak ada batasnya. Anda selalu dapat menemukan cara untuk meningkatkan skala bisnis anda sehingga anda menerima manfaat yang eksponensial. Misalnya, anda bisa menjual jutaan buku sebagai penulis. Atau anda dapat mengajarkan keterampilan pemasaran online kepada ribuan orang melalui kursus digital. Tentu saja itu tidak mudah. Tapi ini adalah permainan yang tidak memiliki batasan.

4. Temukan teman yang ambisius

Seorang teman saya mencoba menurunkan berat badan selama bertahun-tahun tetapi gagal. Kemudian, dia mulai berkencan dengan pria yang ahli kebugaran. Dan berbulan-bulan kemudian, dia kehilangan semua berat badan yang dia inginkan dan sekarang menjadi penggila kebugaran. Tentu saja dia tidak merencanakan ini. Namun dapat dikatakan bahwa dengan siapa anda bergaul itu penting. Jadi, carilah teman “pemenang”, yang berambisi mencapai tujuannya.

5. Rancang lingkungan anda

Anda dapat mengambil kendali saat merancang lingkungan anda, namun begitu lingkungan tersebut dirancang, hal itu akan memengaruhi kehidupan anda hari demi hari. Adalah bijaksana untuk merancang lingkungan anda untuk mencapai kehebatan. Sediakan buku di kamar anda, miliki meja berdiri di kamar Anda, bukan kursi bean bag. Luangkan waktu untuk merancang lingkungan anda agar mendukung kehebatan dan itu akan terus memberikan keuntungan selamanya.

6. Jurnal tentang pengembangan diri

Mengajar adalah cara terbaik untuk belajar, jadi jika anda mengajarkan pengembangan diri kepada orang lain anda akan mulai memahaminya jauh lebih baik daripada orang yang hanya mengonsumsi pengetahuan secara pasif. Akibatnya, hidup anda akan membaik lebih cepat daripada orang lain. Jadi, buatlah jurnal atau tulislah tentang self-help, pada platform apa pun yang anda sukai. Jangan lakukan itu demi uang, pengikut, atau ketenaran. Lakukan itu untuk memperbaiki diri anda sendiri. Karena ketika anda fokus pada pengembangan diri, anda menempatkan diri anda jauh di depan pesaing Anda.

7. Lihatlah ke langit di pagi hari

Saat Anda bangun, segeralah ke balkon atau ke luar untuk melihat ke langit selama lima menit. Saat anda melakukannya, sinar matahari masuk ke mata anda, dan pada akhirnya mengoptimalkan siklus tidur-bangun dan hormon terkait. Hal ini akan mengoptimalkan energi anda dan produktivitas akan datang kepada anda dengan lebih mudah. Pastikan untuk tidak melihat langsung ke matahari karena dapat melukai mata anda.

8. Berhenti menghindari rasa sakit

Lihatlah kembali kehidupan anda dan anda akan menyadari bahwa bulan-bulan atau tahun-tahun paling menyakitkan anda juga merupakan saat-saat di mana anda belajar paling banyak tentang kehidupan; di mana anda mengembangkan alasan untuk menjalani kehidupan yang hebat. Pelajarannya di sini adalah berhenti menghindari rasa sakit. Sebaliknya, carilah itu. Rasa sakitnya akan hilang, tapi pelajaran dan semangatnya akan tetap ada.

9. Berhentilah mencoba memikirkan semuanya sendiri

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu ekstra untuk melakukannya. Sebaliknya, anda bisa memberi diri anda langkah awal dengan belajar dari seseorang yang telah mencapai apa yang ingin anda capai. Di era internet, semua orang merilis kursus digital yang terjangkau (jauh lebih murah daripada kuliah). Gunakan mereka untuk keuntungan anda. Temukan guru yang baik, lihat apakah mereka memiliki kursus, belilah jika anda mampu, hilangkan ketidakpercayaan anda dan ikuti saran mereka.

10. Pilihlah jalur yang menyenangkan, bukan jalur terpendek

Saat anda membuat rencana untuk mencapai suatu tujuan, naluri anda akan memberitahu anda untuk mencari jalan terpendek untuk mencapai sesuatu karena keinginan anda untuk mendapatkan hasil yang instan. Namun permasalahan dengan jalur terpendek adalah dibutuhkan waktu lebih lama untuk berjalan di jalur tersebut karena tidak menyenangkan. Jadi, anda sering berhenti. Namun memilih jalur yang lebih panjang dan menyenangkan menjamin keberlanjutan dan konsistensi. Ini menjadikannya rute tercepat, meskipun itu bukan rute terpendek.

11. Cobalah berpuasa

Puasa itu luar biasa. Ini membersihkan usus Anda. Ini menghilangkan kabut otak yang terakumulasi selama seminggu. Ini membunuh sel-sel prakanker, merangsang hormon pertumbuhan, membuat Anda lebih produktif, membakar lemak, dan membuat mental Anda lebih tangguh. Jadi, cobalah melakukan puasa 24 hingga 36 jam seminggu sekali, atau dua minggu sekali. Namun perlu diingat bahwa Anda harus melakukan ini hanya jika Anda tidak memiliki kelainan makan atau kecenderungan semacam itu.

12. Tidur siang selama 20 hingga 30 menit

Power nap adalah hal yang luar biasa. Mereka adalah alat penting untuk menjadikan paruh kedua hari itu seproduktif mungkin. Namun, power nap bukanlah hal yang mudah. Itu adalah sebuah keterampilan. Anda harus belajar bagaimana caranya tertidur dengan cepat, dan juga bagaimana mengakhiri tidur siang anda tepat waktu dan tidak berakhir dengan tidur berjam-jam. Seperti keterampilan lainnya, dibutuhkan latihan untuk menguasainya. Namun melakukan hal ini dapat meningkatkan kreativitas anda, membuat suasana hati anda lebih baik, dan membawa anda selangkah lebih dekat untuk menempatkan anda di depan orang lain.

13. Terlihat tajam

Sudah jelas bahwa berpenampilan menarik ada manfaatnya, jadi mengapa tidak menggunakannya? Berhentilah terpaku pada kedangkalannya. Berhentilah berharap pada dunia mimpi di mana penampilan tidak penting. Orang-orang merespons penampilan Anda. Dan anda tidak harus menjadi model. Anda hanya perlu berpenampilan rapi dan berpakaian bagus.

14. Prioritaskan konsistensi daripada intensitas

Yang ini sulit. Sekali lagi, otak Anda menginginkan segalanya sekarang. Jadi ketika Anda membuat rencana untuk tujuan Anda, itu akan menggunakan pendekatan “maksimalkan hari Anda”. Dan, mau tidak mau, Anda akan kehabisan tenaga. Anda harus memperbaiki otak Anda dan mengajarkannya untuk memprioritaskan konsistensi daripada intensitas. Hal ini dapat dilakukan dengan memulai dari hal kecil namun berkomitmen untuk hadir setiap hari. Apa pun yang terjadi.

Zoomy Nur

Recent Posts

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

8 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

8 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

8 hours ago

Penyelidikan Kejagung: Harvey Moeis Tidak Memiliki Pesawat Jet Pribadi, Hanya Jadi Penumpang

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengungkapkan bahwa tersangka korupsi timah, Harvey Moeis, tidak memiliki…

8 hours ago

Perebutan Harta Nagita Slavina, Gideon Tengker Konsultasi dengan KPK Terkait Gugatan Aset Senilai Rp 300 Miliar

Kasus perebutan harta antara Gideon Tengker dan Rieta Amalia, mantan istri Gideon dan ayah Nagita…

8 hours ago

Adik Ayu Ting Ting Bahas tentang Perselingkuhan, Sindir Lettu Fardana?

Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana telah resmi berpisah sejak 22 Juni 2024. Kabar…

8 hours ago