Lifestyle

‘Kalimat Bayangan’ yang Digunakan Orang saat Takut Mengatakan Apa Maksud Sebenarnya

Kadang-kadang ketika kita terluka, sulit untuk mengatakan apa yang sebenarnya kita rasakan, tetapi hal itu biasanya justru memperburuk keadaan. Jadi, Anda berkencan dengan seseorang dan segalanya membaik. Tapi hanya ada satu masalah kecil, saat masalah muncul, anda atau pasangan punya kebiasaan menghindari apa yang sebenarnya anda maksudkan. Jadi mengapa kita melakukan ini? Dan kalimat atau frasa apa yang kita gunakan untuk menghindari kebenaran?

Podcaster dan penulis Chris Williamson baru-baru ini menjelaskan “kalimat bayangan” yang digunakan orang ketika mereka takut untuk mengatakan apa yang sebenarnya mereka pikirkan.

Mengapa orang menggunakan “kalimat bayangan”?

Williamson menjelaskan, “Kalimat bayangan tidak menyatakan apa yang anda inginkan atau butuhkan. Melainkan mengatakan sesuatu yang anda harapkan akan membuat orang lain menyadari apa yang anda butuhkan, dan kemudian menjadi kesal jika mereka tidak melakukannya.”

Jika anda tidak pernah mengutarakan kebutuhan anda maka tidak adil jika mengharapkan pasangan anda menjadi pembaca pikiran. Dan mengungkapkan perasaan Anda adalah hal yang rentan dan menegangkan. Sungguh menakutkan untuk duduk dan memberi tahu pasangan anda, “Akhir-akhir ini aku kekurangan hal ini.” Selain itu, kalimat bayangan adalah bentuk komunikasi yang buruk. . Ini tidak hanya beracun, tetapi juga tidak memungkinkan kedua belah pihak untuk bersikap terbuka dan rentan dalam hubungan. Namun ada cara untuk memperbaikinya.

Kalimat Bayangan yang Digunakan Orang Saat Takut Mengatakan Maksudnya

1. “Oh, saya senang Anda punya waktu untuk itu.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang pasangan anda memilih untuk melakukan sesuatu tanpa anda. Jika dia sepertinya punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama teman-temannya dan sedikit waktu dihabiskan bersama Anda. Jika kamu takut untuk langsung berkata, “Aku sangat ingin segera bertemu denganmu, aku khawatir saat kamu menghabiskan waktu bersama teman-temanmu, tapi bukan denganku, karena kamu tidak ingin bersamaku,” kamu mungkin menggunakan komentar sarkastik dan pasif-agresif.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Oh, kamu mau jalan-jalan lagi dengan teman-temanmu? Pasti penting sekali bisa bertemu teman-temanmu lagi. Senang kamu punya banyak waktu luang.” Jangan salah paham, rasa frustrasi yang anda rasakan seratus persen bisa dimengerti. Namun ini bukan cara ideal untuk mengomunikasikan kebutuhan Anda. Selain itu, pasangan anda kemungkinan besar akan bereaksi dengan salah satu dari dua cara berikut: Mereka akan merasa bingung dan defensif. Mereka tidak akan menangkap emosi anda yang sebenarnya. Apa pun yang terjadi, hal ini hanya akan membuat anda berdua frustrasi, sehingga menciptakan lebih banyak jarak dan kesalahpahaman dalam hubungan anda.

2. “Panggilan itu pasti sangat penting.”

Pernah berkencan dengan seseorang yang selalu menggunakan ponselnya? Ini bisa sangat menjengkelkan dan tidak sopan saat anda mencoba terhubung. Tapi jangan lupa, cara kita mengungkapkan rasa frustrasi kita itu penting.

Mungkin anda tergoda untuk menggunakan sindiran tajam dan hanya mengatakan, “Hei, aku ingin berbicara dan tahu kamu sibuk, tapi aku merasa sangat senang saat kamu fokus padaku saat makan malam. Bisakah teleponmu tunggu sampai nanti?” Namun, ini bukanlah cara yang tepat. anda tidak hanya bersikap pasif-agresif, tetapi anda juga tidak menjelaskan kebutuhan anda dengan jelas. Dan ketidakjelasan ekspektasi anda dapat mempersulit pasangan anda untuk mengubah perilakunya.

Jadi, katakan saja, “Aku paham kamu sedang sibuk, tapi aku ingin perhatianmu tertuju padaku saat ini. Bisakah kamu menyimpan ponselmu?” Jika pasangan anda benar-benar peduli, mereka akan melakukan segalanya untuk memastikan anda tidak merasa diabaikan lagi, tetapi hal ini memerlukan komunikasi yang jelas.

Zoomy Nur

Recent Posts

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

59 mins ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

1 hour ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

2 hours ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

2 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

2 hours ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

3 hours ago