Health

Dua Cara Utama Orang Tua Menjadikan Anaknya Menjadi Narsisis

Tidak ada yang mengatakan mengasuh anak itu mudah, dan membesarkan anak yang stabil secara emosional bahkan lebih sulit lagi. Sebagai orang tua, kita takut membuat kesalahan dan membuat anak-anak kita menjadi destruktif secara emosional. Salah satu akibat terburuk yang dapat dibayangkan kebanyakan orang tua adalah anak mereka menjadi seorang narsisis. Namun apakah hal tersebut dapat kita cegah? Andrea Miller dan psikolog Dr. Stan Tatkin, penulis Wired for Love: Bagaimana Memahami Otak dan Gaya Keterikatan Dapat Membantu Anda Meredakan Konflik dan Membangun Hubungan yang Aman. mendiskusikan dua cara utama orang tua dapat secara tidak sengaja mengubah anak-anak mereka menjadi narsisis sejati.

Dua cara anak menjadi narsisis karena pola asuh:

1. Mereka belajar bagaimana mengendalikan dan memanipulasi orang tua yang memuja

Pelajaran terbesar yang perlu Anda pelajari sebagai orang tua adalah bagaimana menghadapi anak-anak anda. Pelajari kapan harus mengambil tindakan dan berkata, “Setuju atau tidak.” Namun, apa jadinya jika kita menolak memberikan konsekuensi pada anak kita? Anda kehilangan rasa hormat dari anak anda.”

Anak Anda tumbuh dengan memandang anda sebagai orang yang lemah dan tidak kompeten. Kemudian, mereka akan mulai kurang menghormati anda karena mereka mengetahui bahwa mereka dapat mengontrol dan memanipulasi tindakan anda. Saat anak-anak tidak boleh berbuat salah di mata orang tuanya. Hal ini mungkin terjadi karena mereka dianggap sebagai anak emas, atau karena orang tua tidak mempunyai pemahaman yang realistis tentang di mana mereka berakhir dan anak mereka mulai.

Tatkin menjelaskan, “Mereka hidup dengan anak mereka dan mereka tidak akan mengatakan tidak, dan mereka tidak akan memberi mereka konsekuensi.” Mereka tidak mau mengatakan, “Inilah batasan yang memungkinkan keamanan dan kebebasan.” Tatkin melanjutkan, “Dan kemudian seorang anak mulai melampaui batas. Anak mulai berpikir bahwa saya sangat kuat. Anak mulai berpikir bahwa peraturan tidak berlaku bagi saya, dan itu adalah hal yang wajar.

Cara memutus siklus ini: Untuk mulai berubah, anda harus mulai menunjukkan kepada anak anda konsekuensi dari tindakan mereka. “Anda perlu menunjukkan kepada anak anda sisi dunia yang tidak ramah dengan cara yang ramah anak,” kata Tatkin. Tunjukkan pada mereka konsekuensi alami dari tindakan mereka dan minta mereka bertanggung jawab karena melanggar peraturan atau bersikap tidak sopan. Selain itu, Tunjukkan empati terhadap apa yang mereka rasakan, mintalah mereka untuk menunjukkan empati kepada anda, dan berikan teladan dalam menunjukkan empati kepada orang lain dan mengharapkan hal yang sama dari mereka.

2. Pola asuh yang terlalu keras

Menjadi orang tua yang terlalu keras atau otoriter, tidak fleksibel dan dingin, juga dapat menyebabkan seorang anak menjadi seorang narsisis. Apakah anda mempertimbangkan perasaan anak anda? Bisakah anak anda memahami perasaannya sendiri? Jika tidak bisa, kemungkinan besar mereka akan menghabiskan seluruh hidup mereka dengan menginjak-injak orang lain karena tidak memiliki empati atau rasa hormat. Inilah sebabnya mengapa gaya pengasuhan anda membutuhkan keseimbangan antara cinta dan ketegasan.

Dan jika anda mencari cara untuk menyeimbangkan keduanya, mencoba gaya pengasuhan yang otoritatif adalah pilihan terbaik, anda dan jangan bersikap otoriter. Ya, istilah-istilah ini sangat mirip tetapi dalam praktiknya sangat berbeda – dengan hasil yang sangat berbeda bagi anak-anak. Menurut American Psychological Association, “Dalam gaya pengasuhan otoritatif, orang tua bersifat mengasuh, responsif, dan suportif, namun tetap menetapkan batasan tegas bagi anak-anak mereka. Mereka berusaha mengendalikan perilaku anak dengan menjelaskan peraturan, berdiskusi, dan memberi alasan. Mereka dengarkan sudut pandang seorang anak tetapi jangan selalu menerimanya.”

Zoomy Nur

Recent Posts

Ajukan Gugatan Cerai Terhadap Sexy Goath, Juliette Angela Ingin Dapatkan Hak Asuh Anak

Penyanyi keroncong Juliette Angela, yang dikenal dengan nama JLo, telah mengajukan beberapa poin tuntutan dalam…

3 hours ago

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

4 hours ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

5 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

6 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

7 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

8 hours ago