Edukasi

Apa itu Self-Talk Positif? Simak Artikel Ini

Posting ini akan menjelaskan kepada Anda apa itu self-talk dan memberikan beberapa contoh self-talk positif yang relevan untuk membantu Anda berlatih self-talk dengan cara yang benar.

Apa itu Self Talk

Percakapan internal yang anda lakukan dengan diri sendiri dalam bentuk pemikiran disebut dengan self-talk. Bahkan termasuk berbicara kepada diri sendiri dengan suara keras. Seringkali, anda bahkan tidak menyadari pembicaraan anda sendiri. Tapi, semua orang terlibat dalam self-talk. Namun, hal ini bisa berdampak positif atau negatif.

Pentingnya Self-Talk yang Positif

Pembicaraan diri sendiri yang negatif akan membuat anda merasa tidak enak terhadap diri sendiri dan berdampak buruk pada hidup anda. Sebaliknya, pembicaraan diri yang positif akan meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda. Ia memiliki kekuatan untuk mengubah hidup anda secara drastis.

 Namun, anda tidak bisa selalu memastikan untuk berbicara baik kepada diri sendiri. Selain itu, self-talk yang positif tidak menjamin bahwa anda tidak akan pernah mengalami hari yang buruk. Ketika hidup menjadi sulit, wajar saja jika kita berfokus pada aspek negatifnya. Namun inilah saatnya anda harus memaksakan diri untuk berpikir optimis. Ini akan memungkinkan anda memiliki pandangan hidup yang lebih optimis dan menghadapi tantangan dengan lebih efektif.

“Perhatikan apa yang anda katakan pada diri sendiri, kemungkinan besar anda akan mempercayainya.” -RUSS KYLE-

Manfaat Self-Talk Positif

Jika dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat dari self-talk positif. Berikut adalah beberapa manfaat self-talk positif yang paling signifikan:

Ini membantu Anda mengatasi stres. Di dunia sekarang ini, stres telah menjadi kenyataan yang diterima dalam hidup kita. Setiap hari, kita semua dihadapkan pada sejumlah pemicu stres. Perbedaannya hanya pada cara kita mendekatinya. Self-talk positif adalah salah satu strategi sederhana untuk mengatasi stres. Mengubah cara Anda berpikir dan berbicara kepada diri sendiri saja akan meningkatkan kemampuan Anda mengatasi stres.

Ini membantu Anda menghilangkan keraguan diri

Apakah Anda sering merasa ragu pada diri sendiri dan kurang percaya diri pada kemampuan dan keahlian Anda? Keraguan pada diri sendiri (atau pemikiran negatif) dapat menghalangi Anda mencapai tujuan, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi. Bahkan mungkin membuat Anda enggan mencoba hal-hal baru.

Pembicaraan diri yang positif membantu menghilangkan keraguan diri dan memberdayakan Anda untuk mengambil tindakan menuju tujuan Anda daripada terlalu memikirkan konsekuensinya.

Ini membantu Anda menghindari depresi

Pembicaraan diri sendiri yang negatif biasanya menyebabkan depresi, yang berdampak negatif pada kesejahteraan fisik dan emosional Anda secara keseluruhan.

Sebaliknya, pembicaraan positif pada diri sendiri dapat membantu Anda menghindari hal ini dan mengatasi masalah Anda. Ia memiliki kekuatan untuk mengubah perasaan Anda dan menafsirkan hal-hal di sekitar Anda.

Ini memotivasi Anda untuk terus maju

Akan ada hari-hari ketika Anda benar-benar kelelahan dan tidak bisa bangun dari tempat tidur. Pembicaraan diri yang positif dapat membantu Anda menyegarkan dan memotivasi diri sendiri untuk terus maju. Sungguh menakjubkan betapa mudahnya suasana hati Anda berubah hanya dengan bersikap positif. Sebelum Anda mempraktikkan self-talk positif, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana self-talk negatif berkembang; dan bagaimana cara menanganinya.

Self-Talk Positif dan Negatif

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, wajar jika kita berfokus pada bidang kehidupan yang tidak menyenangkan ketika keadaan menjadi sulit. Namun bagaimana Anda meyakinkan diri sendiri untuk bersikap optimis dalam keadaan seperti itu? Kuncinya adalah mengenali pola pikir negatif dan mengubahnya menjadi pola pikir positif. Memang tidak mudah, namun juga bukan tidak mungkin. Tapi bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda sedang melakukan pembicaraan negatif pada diri sendiri? Pertama, ketika Anda menyalahkan diri sendiri atas setiap peristiwa buruk yang terjadi dalam hidup Anda.

Kedua, ketika Anda hanya melihat sesuatu secara hitam atau putih.

Ketiga, ketika Anda membuat kondisi yang tidak menyenangkan tampak jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Keempat, ketika Anda hanya fokus pada aspek negatifnya dan mengabaikan sisi positifnya.

Sekarang setelah Anda mengakui pembicaraan diri sendiri yang negatif, sekarang saatnya menggantinya dengan pembicaraan diri sendiri yang positif.

Contoh Self-Talk Positif dan Negatif

Berikut beberapa contoh self-talk positif dan negatif yang akan membantu Anda mengubah self-talk negatif menjadi pernyataan self-talk positif.

Pembicaraan diri sendiri yang negatif: Ini adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Bahkan jika aku mencobanya, aku tidak akan mendapatkan hasil yang baik.

Pembicaraan diri yang positif: Mari kita mulai pesta ini! Ini adalah kesempatan bagi saya untuk mencoba sesuatu yang baru.

Pembicaraan diri sendiri yang negatif: Sepertinya saya tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar. Saya benar-benar tidak kompeten.

Pembicaraan diri yang positif: Butuh keberanian bagi saya untuk mencapai hal ini, dan saya bangga pada diri sendiri karena telah memberikan yang terbaik.

Zoomy Nur

Recent Posts

Novia Bachmid Akui Sempat Kebawa Kesal saat Netizen Kritik Single YA LLA

Novia Bachmid merilis single terbarunya yang berjudul "YA LLA" belum lama ini, namun mendapat respon…

1 hour ago

Rencana Bulan Madu Chand Kelvin Usai Menikahi Dea Sahirah, Wisata Sambil Memperdalam Ilmu Agama

Chand Kelvin telah merencanakan perjalanan bulan madu setelah akad nikah dengan Dea Sahirah, yang akan…

3 hours ago

Manfaat Mengatur Pola Makan Setiap Hari

Mengatur pola makan setiap hari adalah kunci untuk mencapai kesehatan yang optimal dan menjaga tubuh…

5 hours ago

5 Hal yang Harus Dihindari agar Artikel Kamu Ramai Pembaca

Menulis artikel yang menarik dan ramai pembaca membutuhkan perhatian pada beberapa hal yang penting. Selain…

5 hours ago

Jamal Musiala, Bintang Muda Timnas Jerman yang Bersinar di Euro 2024

Siapa sangka, turnamen Euro 2024 menjadi panggung bagi Jamal Musiala, bintang muda Bayern Munich dan…

6 hours ago

Smart TV Rentan Rusak Jika Tidak Dijaga dengan Baik, Setop Kebiasaan ini dari Sekarang

Celebrithink.com - Penggunaan Smart TV semakin meluas di era modern ini, namun banyak yang kurang…

6 hours ago